Diet & NutrisiGaya Hidup

Apa itu Greek Yogurt?

Greek Yogurt

Bagi kalangan pecinta makanan sehat, tentunya tak asing dengan jenis makanan yang satu ini. Ya, yogurt merupakan salah satu jenis yang cukup populer karena dikenal kaya akan manfaat.

Makanan bernutrisi ini dapat membantu melancarkan sistem pencernaan serta menjaga kesehatan tubuh karena mengandung berbagai mineral seperti zat besi dan kalsium yang baik untuk menunjang kekuatan gigi, tulang, dan meningkatkan imunitas tubuh. 

Baca Juga:

Salah satu jenis yogurt yang tengah naik daun dan menjadi tren di kalangan masyarakat ialah greek yogurt. Greek yogurt adalah yogurt yang telah melalui proses penyaringan sebanyak tiga kali yang berfungsi untuk mengurangi kadar airnya sehingga tekstur yang dihasilkan pun menjadi lebih kental daripada yogurt biasa namun tidak sepadat keju yang juga hasil fermentasi susu. Rasa yang dihasilkan pun cukup khas dan asam sebagaimana yogurt pada umumnya.  

Perbedaan Greek Yogurt dengan Yogurt Biasa

Greek Yogurt

Terdapat sejumlah perbedaan antara greek yogurt dengan yogurt biasa, yaitu :

1. Tekstur yogurt

Dalam proses pembuatan greek yogurt secara tradisional, yogurt biasa akan dihilangkan unsur whey serta laktosanya hingga menghasilkan yogurt dengan tekstur yang kental dan padat. Hal ini membuat tekstur yogurt ini menjadi seperti krim kental yang dapat dioles, berbeda dengan yogurt biasa yang cair dan cenderung encer.    

2. Kadar protein

Perbedaan berikutnya adalah kadar protein yang dikandungnya. Kandungan protein pada greek yogurt lebih tinggi dibanding yogurt biasa dengan perbandingan 170 gram greek yogurt mengandung sebanyak 20 gram protein yang berarti sama dengan kandungan protein setengah dada ayam. Sementara yogurt biasa dengan kuantitas yang sama hanya memiliki kandungan protein sebanyak 9 gram. 

3. Kadar karbohidrat

Greek yogurt mengandung kadar karbohidrat yang jauh lebih rendah dibanding yogurt biasa. Jika yogurt biasa memiliki kandungan karbohidrat sebanyak 18 gram, maka greek yogurt dengan kuantitas sama hanya mengandung 8 gram karbohidrat. 

4. Kandungan sodium

Greek yogurt memiliki kandungan sodium yang lebih sedikit dibanding yogurt biasa. Ini membuat greek ini cocok dikonsumsi bagi mereka yang tengah mengurangi konsumsi sodium seperti penderita hipertensi atau penyakit ginjal. 

5. Kadar gula

Kadar gula pada greek yogurt lebih rendah dibanding yogurt biasa. Dengan bobot dan kuantitas yang sama, kandungan gula pada greek yogurt hanya setengah dari yogurt biasa. Kadar gula yang lebih rendah ini tentu membuat greek yogurt cocok dikonsumsi oleh mereka yang tengah diet gula dan menghindari konsumsi gula berlebih. 

6. Kadar laktosa

Dibandingkan yogurt biasa, yogurt jenis ini memiliki kandungan laktosa yang lebih rendah. Sangat sesuai bagi para penderita intoleransi laktosa yang tidak bisa mengonsumsi yogurt biasa. 

7. Kandungan kalsium

Keunggulan yogurt biasa dibanding greek yogurt terletak pada kandungan kalsiumnya yang lebih tinggi. Meski kaya protein, rendah gula, sodium, serta laktosa, tetapi kandungan kalsium pada greek yogurt lebih rendah dibanding yogurt biasa. Jadi, bila membutuhkan tambahan asupan kalsium, akan lebih baik bila kamu memilih yogurt biasa. 

Manfaat Greek Yogurt yang Baik untuk Tubuh

Greek Yogurt

Setelah mengetahui apa saja perbedaan antara greek yogurt dengan yogurt biasa, ketahui pula apa saja manfaat yogurt ini yang baik bagi tubuh berikut ini :

1. Mengandung probiotik

Probiotik merupakan bakteri baik yang berguna untuk membantu meningkatkan pertumbuhan jenis bakteri baik lainnya di dalam usus. Kandungan probiotik di dalam greek yogurt akan sangat berguna untuk meningkatkan imunitas atau daya tahan tubuh, juga bisa mengurangi diare dan sakit perut. 

Tidak sekedar berhenti pada menjaga sistem pencernaan agar tetap sehat dan optimal saja, probiotik ternyata juga mampu memengaruhi kondisi otak seperti misalnya meredam otak berpikir tentang kesedihan, sampai memperbaiki pikiran mengenai hal yang baik.

2. Tinggi protein

Greek yogurt dikenal kaya akan protein. Protein sendiri ialah salah satu nutrisi penting yang dapat memberikan energi pada tubuh dan juga menjalankan fungsi-fungsi tubuh lainnya yang cukup beragam. Kebutuhan protein yang tercukupi berpengaruh pada terjaganya sistem kekebalan tubuh, fungsi saraf, juga mengatur keseimbangan cairan dalam tubuh.

Dalam setiap 6 ons greek yogurt terdapat 15 hingga 20 gram protein, yang mana hal ini setara dengan protein yang terkandung dalam 3 ons daging tanpa lemak. Sehingga, yogurt jenis ini dapat menjadi alternatif bagi kamu yang tengah menghindari konsumsi daging. 

3. Kaya vitamin B12

Satu porsi greek yogurt mampu memenuhi hingga 21 persen dari kebutuhan vitamin B12 harian yang harus kamu konsumsi. Vitamin B12 sendiri berguna untuk membentuk sel darah merah, menyokong fungsi otak hingga menjaga jantung agar senantiasa sehat.

Kandungan B12 yang cukup signifikan ini juga membuatnya dapat menjadi alternatif bila kamu tengah menghindari konsumsi sumber vitamin B12 lain seperti ikan, daging ataupun telur. 

4. Skincare alami untuk wajah

Mengandung asam laktat dan asam alpha hidroxy, yogurt ini juga mampu membantu menjadi pelembab yang baik bagi kulit wajah. Kedua zat ini mampu membantu memperbaiki kulit yang kering serta kasar, dan efek jangka panjangnya ialah mampu mencegah terjadinya penuaan dini seperti misalnya keriput, garis halus, hingga flek hitam.

Asam laktat dapat melarutkan tumpukan sel-sel kulit mati, yang mana tumpukan sel kulit mati ini adalah penyebab utama wajah nampak  kusam dan gelap. Tak hanya melarutkan sel kulit mati, asam laktat juga dapat membantu mengecilkan pori-pori kulit wajah dan membuat wajah menjadi terlihat lebih muda.   

Manfaat greek yogurt yang baik untuk wajah ini bisa kamu dapatkan dengan cara yang cukup mudah.

  • Pertama, siapkan yogurt di wadah yang bersih
  • Tambahkan gandum, aduk hingga merata
  • Setelah merata, oleskan campuran yogurt dan gandum ke seluruh wajah hingga merata
  • Diamkan sejenak, kemudian pijat wajah, gunakan gerakan memutar
  • Diamkan hingga kering, lalu bilas dengan air dingin sampai bersih

Selain dicampur dengan gandum, kamu juga bisa mengoleskan langsung greek yogurt ke seluruh bagian wajah. Diamkan selama kurang lebih 20 menit hingga mengering, lalu bilas dengan air hangat sampai tidak ada sisa yogurt di wajah. Bagi kamu yang memiliki masalah rona wajah tidak merata alias belang, diamkan masker lebih lama yakni sekitar 40 menit agar hasilnya lebih maksimal. 

Untuk kamu yang mengalami masalah jerawat, gunakan yogurt ini di spot atau area-area timbulnya jerawat. Gosok lembut, kemudian diamkan semalaman layaknya sleeping mask. Pagi harinya, cuci muka dengan air dingin dan bilas sisa-sisa yogurt hingga bersih.

Related posts
Gaya HidupKebugaran

Olahraga dengan Barbel untuk Pemula

Diet & NutrisiKecantikanRambut

12 Makanan untuk Rambut Sehat

Diet & NutrisiGaya Hidup

Hati-hati Memilih Salad Sayur untuk Diet

Gaya HidupKebugaranWanita

8 Olahraga untuk Payudara Kencang Alami