Diet & NutrisiGaya Hidup

Berbahayakah Mayonaise untuk Diet?

Kamu pasti sering mendengar anggapan bahwa pelaku diet harus banyak-banyak memakan salad untuk menurunkan bert badan. Padahal, anjuran tersebut tidak sepenuhnya benar. Alih-alih mendapatkan tubuh ideal, beratmu malah terus meningkat karena rajin makan salad. Mengapa? Karena kamu menambahkan terlalu banyak bahan yang mengandung lemak dan kalori seperti mayonaise ke dalam salad. Kamu tidak menyadari bahwa kebiasaanmu dalam menyantap salad ternyata salah.

Baca Juga:

Banyak dari kita menganggap salad sayur dan buah yang sering kita makan bersama mayonaise adalah makanan yang sehat. Hal tersebut kita anggap lumrah karena di berbagai gerai makanan cepat saji hingga supermarket selalu menyajikannya demikian.

Atau kamu berpikir bahwa tidak masalah menggunakan banyak mayonaise untuk diet, karena kamu telah mengeliminasi bahan-bahan seperti ayam, ikan, pasta, kentang hingga keju dari saladmu. Padahal, apa yang kamu lakukan tersebut adalah kesalahan besar. Pernahkah kamu berpikir bahwa mayonaise mengandung banyak lemak dan kalori?

Fakta Tentang Mayonaise

mayonaise untuk diet-3

Mayonaise merupakan sejenis saus yang terbuat dari minyak, telur, air lemon, cuka, dan garam. Tak heran jika rasanya yang gurih dan asam, cocok untuk mendampingi berbagai jenis makanan.

Jika kamu belum mengetahui berapa rata-rata kalori yang terdapat pada mayonaise, mari kita coba hitung. Satu porsi salad sayur tanpa dressing umumnya memiliki 118 kalori. Berapa banyak mayonaise yang kamu pakai ke dalam salad? Jika kamu memakai 4 sendok makan mayonaise, maka total kalori yang ada di saladmu adalah 518. Mengagetkan bukan?

Kamu perlu tahu bahwa satu sendok makan mayonaise (bukan rendah lemak), mengandung sekitar 100 kalori. Jumlah tersebut tidak jauh berbeda dengan kalori yang terkandung dalam seporsi sayuranmu. Bahkan, dalam jumlah mayonaise yang sama juga terkandung 11 gram lemak.

Penelitian dari University of Maryland Medical Center juga memperkuat alasan supaya kamu menghindari mayonaise untuk diet. Hasil penelitian tersebut menyatakan bahwa mengonsumsi terlalu banyak mayonaise dapat meningkatkan risiko penyakit jantung.

Kamu perlu tahu bahwa satu sendok makan mayonaise (bukan rendah lemak), mengandung sekitar 100 kalori. Jumlah tersebut tidak jauh berbeda dengan kalori yang terkandung dalam seporsi sayuranmu. Bahkan, dalam jumlah mayonaise yang sama juga terkandung 11 gram lemak. Penelitian dari University of Maryland Medical Center juga memperkuat alasan supaya kamu menghindari mayonaise untuk diet. Hasil penelitian tersebut menyatakan bahwa mengonsumsi terlalu banyak mayonaise dapat meningkatkan risiko penyakit jantung.

Walaupun begitu, mayonaise tidak sepenuhnya buruk karena mengandung vitamin A, B12, D, E, dan K. Tapi dengan kalorinya yang begitu tinggi, sebaiknya mulai hentikan kebiasaanmu mengonsumsi mayonaise.

Pengganti Mayonaise untuk Diet

mayonaise untuk diet

Daripada kamu semakin pusing memikirkan jumlah kalori yang ada di mayonaise, kamu bisa mencoba beberapa alternatif pengganti mayonaise untuk diet yang lebih sehat. Kamu bisa menambahkan bahan-bahan berikut ke dalam menu-menu dietmu supaya lebih bernutrisi.

1. Greek Yoghurt

Yoghurt yang satu ini telah menjadi primadona di kalangan pelaku diet, karena hanya mengandung 8 kalori dalam satu sendok makan. Terdapat juga 1,5 gram protein dan kalsium yang melengkapi nutrisimu. Kamu bisa menambahkan greek yoghurt ke dalam saladmu atau menjadikannya camilan siang yang sehat. Yoghurt juga berkhasiat untuk melancarkan pencernaan.

2. Minyak zaitun

Dikenal sebagai salah satu jenis minyak yang menyehatkan, minyak zaitun juga cocok kamu gunakan sebagai pengganti mayonaise. Kamu bisa menambahkannya sebagai dressing salad sayur dengan sedikit perasan air lemon. Meski begitu, tetap perhatikan jumlahnya ya karena terlalu banyak minyak tidak baik untuk dietmu.

3. Mashed Avocado

Kamu suka rasa yang creamy dari alpukat? Gunakan ‘selai’ alpukat sebagai pengganti mayonaise. Kamu hanya perlu menghaluskan alpukat yang sudah matang hingga teksturnya menyerupai pasta. Mashed potato ini bisa digunakan sebagai olesan roti gandum atau dipping sauce untuk wortel, timun juga seledri.

4. Hummus

Selain rasanya yang nikmat, hummus juga kaya akan vitamin B6 dan mudah dicerna tubuh. Hummus terbuat dari chickpeas, minyak zaitun, tahini, bawang putih, dan air lemon. Kalorinya jauh lebih rendah dari mayonaise, yakni 25 kalori per sendok makan. Terdapat pula 1 gram serat dan 1 gram protein dalam satu sendok hummus. Tetap perhatikan jumlah sodium yang terkandung di dalamnya, janganlah terlalu tinggi karena akan mengganggu dietmu.

5. Mustard

Dalam satu sendok makan, mustard hanya memiliki 10 kalori dan tanpa lemak. Namun kamu perlu waspada dengan honey mustard, karena mengandung dua kali lipat kalori dari mustard biasa. Awasi juga ya kandungan sodium yang tertera pada kemasan mustard.

6. Nayonaise

Dengan nama yang sangat mirip dengan mayonaise, nayonaise merupakan sebuah alternatif yang telah lebih dulu digunakan oleh para vegan. Tekstur dan rasanya mirip dengan mayonaise, namun tanpa lemak hewani. Terbuat dari kedelai, nayonaise mengandung setengah kalori dan lemak dari mayonaise biasa, disertai dengan vitamin B13 dan omega-3.

Santap Menu Diet yang Lebih Sehat

mayonaise untuk diet

Sulit mencari alternatif pengganti mayonaise seperti di atas? Jangan khawatir. Kamu bisa mulai menerapkan cara baru dalam memenuhi asupan dietmu. Kamu tak harus terus-terusan mengonsumsi sayur. Sesekali cobalah salad buah untuk diet tanpa mayonaise yang juga kaya vitamin dan serat serta memiliki rasa yang lebih beragam. Berikut beberapa resep salad buah tanpa mayonaise yang bisa kamu coba.

1. Mixed berry fruit salad

Keluarga buah beri seperti stroberi, bluberi, raspberi dan beri hitam sangat bagus dikonsumsi saat diet. Hal ini dikarenakan beri-berian sangat rendah kalori dan kaya akan nutrisi. Buah ini juga baik untuk menurunkan tekanan darah dan menurunkan kolestrol. Dalam satu porsi salad ini terkandung 100 kalori.

Bahan:

  • 1/4 cup nanas segar
  • 1/4 cup stroberi
  • 1/4 cup beri hitam
  • 1/4 cup kiwi yang telah dikupas
  • 1/4 cup bluberi
  • 1 sdm air lemon
  • 1/2 sdt madu

Cara membuat:

  • Potong semua buah-buahan dan campur dalam mangkuk besar.
  • Siapkan mangkuk kecil. Campurkan air lemon dan madu, lalu aduk hingga rata.
  • Siram potongan buah dengan dressing. Aduk dan hidangkan.

2. Grape plum and blueberry fruit salad

Di dalam buah plum terkandung vitamin C dan A yang tinggi yang sangat baik untuk membantu proses menurunkan berat badan. Plum juga memiliki ferulic acid yang berfungsi sebagai antikanker. Dalam satu porsi salad ini terkadung 100 kalori.

Bahan:

  • 1/4 cup anggur tanpa biji
  • 1/4 cups bluberi
  • 1/5 cups plum
  • 1 sdm plain yogurt rendah lemak
  • 1 sdm air lemon
  • 1/2 sdt madu

Cara membuat:

  • Potong semua buah dan tempatkan pada mangkuk besar.
  • Siapkan mangkuk kecil. Campurkan air lemon, yoghurt dan madu lalu aduk hingga rata.
  • Siram potongan buah dengan dressing. Aduk dan hidangkan.

3. Watermelon berry salad

Resep salad buah yang satu ini sangat cocok untuk dikonsumsi di siang hari. Kandungan air yang ada di dalam semangka akan mengembalikan cairan tubuhmu yang berkurang setelah beraktivitas. Ditambah dengan berbagai vitamin dan mineral yang berasal dari beri dan ceri. Dalam seporsi salad ini terkadung 90 kalori.

Bahan:

  • 1/2 cup semangka
  • 1/4 cup ceri
  • 1/4 cup stroberi
  • 1/4 cup bluberi
  • 1/4 cup raspberi
  • 1 sdm air lemon

Cara membuat:

  • Potong semangka, ceri, stroberi, bluberi, dan raspberi ke dalam mangkuk besar.
  • Siram dengan air lemon dan aduk hingga rata. Salad siap disantap.

Itulah beberapa hal yang perlu kamu perhatikan saat mengonsumsi mayonaise untuk diet. Dengan kandungan kalori yang tinggi dalam mayonaise, harus membuatmu lebih waspada saat menggunakannya di dalam salad.

Kamu juga bisa mencoba bahan pengganti mayonaise seperti mustard, yoghurt, minyak zaitun, atau hummus. Selain itu, diet tanpa mayonaise bisa tetap terasa nikmat dan sehat dengan beberapa resep di atas yang bisa kamu coba.

Related posts
Gaya HidupKebugaran

Olahraga dengan Barbel untuk Pemula

Diet & NutrisiKecantikanRambut

12 Makanan untuk Rambut Sehat

Diet & NutrisiGaya Hidup

Hati-hati Memilih Salad Sayur untuk Diet

Gaya HidupKebugaranWanita

8 Olahraga untuk Payudara Kencang Alami