Gaya HidupKebugaran

Ini Cara Efektif Menurunkan Berat Badan dengan Olahraga!

cara menurunkan berat badan dengan olahraga

Menurunkan berat badan selalu berhubungan dengan proses metabolisme. Proses inilah yang mengubah kalori yang diasup tubuh dari makanan serta minuman menjadi energi. Jika proses ini terganggu, kalori akan tertimbun dan menjadi lemak.

Baca Juga:

Karenanya, kita perlu merangsang tubuh agar proses metabolisme bekerja dengan baik, salah satunya dengan cara berolahraga. Itulah sebabnya olahraga sering dianggap sebagai cara terbaik mencegah kelebihan berat badan. Artikel ini akan menjelaskan cara efektif menurunkan berat badan dengan olahraga.

Menurunkan Berat Badan Efektif: Diet atau Olahraga?

cara menurunkan berat badan dengan olahraga

Seringkali, seseorang yang sedang dalam misi mendapatkan tubuh ideal melontarkan pertanyaan tersebut, yang mana yang lebih cepat menurunkan berat badan, diet atau olahraga?

Untuk urusan menurunkan berat, sebetulnya dietlah yang lebih efektif karena sifatnya yang mengontrol konsumsi makanan ke dalam tubuh. Diet yang tepat akan memastikan tubuh kita tidak kelebihan kalori tapi tetap tercukupi kebutuhan nutrisinya.

Namun, dalam hal mempertahankan berat dan bentuk badan, olahragalah yang paling berperan. Olahraga membuat tubuh tetap aktif. Tubuh yang aktif akan memastikan pembakaran kalori dan pencernaan makanan berjalan lancar, sehingga semua asupan makanan dan minuman tidak ada yang tertimbun di dalam tubuh.

Dari penjelasan tersebut, dapat disimpulan bahwa upaya terbaik untuk mendapatkan berat badan idaman adalah dengan memadukan keduanya, diet dan olahraga. Yang perlu dicatat adalah kedua hal tersebut memiliki aturan masing-masing. Diet, misalnya, memiliki berbagai jenis dan trik menjalaninya sendiri, yang apabila tidak dilakukan dengan tepat justru akan berakibat buruk pada tubuh.

Olahraga pun demikian. Untuk mendapatkan efek penurunan berat badan, kamu perlu memilih jenis olahraga menurunkan berat badan yang pas, waktu berolahraga yang terbaik, dan porsi yang tepat. Mari kita membahas ketiga poin tersebut satu per satu.

Seberapa Sering Harus Berolahraga Agar Berat Badan Turun?

menurunkan berat badan

Dilansir oleh webmd.com, Timothy Church, profesor dari Pennington Biomedical Research Center mengatakan bahwa untuk mengurangi berat badan secara efektif, seseorang perlu melakukan olahraga berintensitas sedang selama 200 menit/minggu, dengan catatan ia melakukannya dengan konsisten.

Namun, apabila kamu seorang pemula yang baru memulai olahraga, cobalah untuk melakukannya selama 50 menit/minggu dahulu. Secara perlahan, tingkatkan frekuensi olahragamu hingga mencapai ukuran waktu ideal.

Untuk menjaga konsistensi dalam berolahraga, kamu bisa menerapkan tips-tips berikut:

1. Atur jadwal khusus untuk olahraga

Buat dan catat jadwal khusus untuk kamu mengolah tubuhmu. Tentukan waktu yang luang di tengah kesibukanmu, kemudian jadikan kebiasaan dengan cara melakukannya secara rutin. Untuk permulaan, kamu bisa menetapkannya di satu hari khusus dalam satu minggu.

2. Jangan memporsir di awal

Biasanya, seseorang cenderung memulai aktivitas olahraganya dengan sangat menggebu-gebu. Namun, seiring berlalunya waktu, semangatnya mengendur. Untuk menghindari hal ini, cobalah untuk tidak memporsir kegiatan olahraga di awal. Lakukan dengan frekuensi dan intensitas normal tapi konsisten. Yang begitu lebih baik daripada bersemangat di awal tapi cepat berhenti.

3. Ajak teman

Untuk menghindari rasa bosan, kamu bisa mengajak teman atau pasangan untuk ikut berolahraga. Kehadiran orang terdekat dalam rutinitas olahragamu bisa menjadi pemacu semangat. Kamu bisa berbagi target dan saling mendukung untuk tidak berhenti di tengah jalan.

Kapan Waktu Terbaik untuk Olahraga?

menurunkan berat badan

Banyak yang berpendapat bahwa waktu terbaik olahraga untuk menurunkan berat badan adalah pagi hari sebelum sarapan. Berolahraga di waktu pagi sebelum ada makanan masuk ke perut akan membakar cadangan lemak dalam tubuh, sehingga lemak yang ada pun berkurang. Sebaliknya, jika berolahraga dalam kondisi perut terisi, makanan yang baru masuklah yang akan dibakar.

Pola olahraga seperti ini juga baik untuk meningkatkan metabolisme. Tubuh bisa membakar lebih banyak kalori, dan tentu saja ini merupakan langkah menuju tubuh ideal yang kamu idam-idamkan.

Bukan hanya membakar lemak, olahraga pada pagi hari juga bisa membuatmu kenyang lebih lama setelah menyantap menu sarapan. Karena, olahraga yang kamu lakukan akan memicu hormon insulin bekerja lebih sensitif menyerap nutrisi dari makananmu.

Untuk mendapatkan manfaat yang maksimal, berolahragalah di bawah sinar matahari pagi. Sinar matahari pagi kaya akan vitamin D yang baik untuk tulangmu. Jadi, kamu bisa mendapat manfaat ganda apabila melakukan olahraga di waktu-waktu seperti ini.

Para pakar kesehatan juga meyakini bahwa olahraga pada pagi ahri turut membantu meningkatkan kualitas tidur pada malam hari. Selain itu, mengawali hari dengan aktif dapat menajga mood dan produktivitasmu selama beraktivitas seharian nantinya.

Meski olahraga pada pagi hari banyak keuntungannya, bukan berarti kamu tidak bisa memilih waktu yang lain. Kamu bisa saja berolahraga pada siang atau sore hari. Yang terpenting adalah menjaga tubuh agar tetap aktif.

Olahraga Menurunkan Berat Badan yang Efektif

menurunkan berat badan

Ini bagian yang paling penting. Pilihlah jenis olahraga yang memang sejala dengan tujuan dan niatmu untuk menurunkan berat badan. Olahraga kardio bisa jadi pilihan utamamu.

Sifatnya yang menekankan pada gerak membuat olahraga jenis ini bisa membakar kalori dengan lebih cepat. Sebaliknya, hindari olahraga beban. Olahraga iniefektif meningkatkan massa otot, namun tidak untuk membakar kalori

Di bawah ini adalah contoh-contoh olahraga kardio yang bisa kamu praktikkan sendiri:

1. Jogging

Jogging merupakan olahraga pagi yang jamak dilakukan orang, termasuk di Indonesia. Ritme lari yang lamban sangat mudah dilakukan oleh siapa saja. Kamu tidak perlu berlari cepat untuk mendapat hasil yang positif bagi tubuhmu. Cobalah untuk rutin melakukan jogging 30-60 menit, 2-3 kali dalam seminggu.

2. Bersepeda

Sama seperti jogging, bersepeda juga bisa jadi pilihan olahraga menurunkan berat badan yang praktis dan efektif. Apalagi, bersepeda pada pagi hari juga bisa memberi efek menenangkan pada pikiranmu. Kamu dapat melakukan olahraga ini selama 20-30 menit, 2-3 kali per minggu.

3. Yoga

Sekilas, yoga tampak seperti olahraga yang tidak akan membantumu menurunkan berat badan karena olahraga ini tidak terlalu melibatkan banyak gerak. Padahal, setiap gerakan yoga membutuhkan keluwesan dan fokus pikiran yang besar. Semakin sulit gerakan yoga yang kamu lakukan, semakin banyak kalori yang bisa dibakar.

4. Senam

Senam terdiri dari beberapa gerakan berbeda dan memiliki intensitas yang cukup untuk membuang banyak kalori dari tubuhmu. Banyaknya gerakan-gerakan yang dilakukan saat senam sangat baik pengaruhnya untuk kesehatan jantung. Jika rutin dilakukan setiap pagi, senam bisa sangat efektif membantumu mendapatkan berat badan ideal.

5. Kick Boxing

Olahraga yang belakangan digemari banyak kalangan ini juga merupakan olahraga yang cocok untuk menurunkan berat badan. Intensitasnya yang sedang memerlukan banyak gerak dari beragam otot tubuh. Selain membakar kalori, olahraga ini juga bagus untuk membentuk tubuh.

Itulah contoh olahraga menurunkan berat badan yang bisa kamu coba. Jangan lupa, selain rutin mengolah tubuh, perhatikan juga konsumsi makananmu. Sebab, serajin apa pun kamu berolahraga, semua akan sia-sia jika kamu masih makan sembarangan.

Semakin banyak kalori yang masuk ke tubuh, semakin banyak yang harus dibakar dalam proses metabolisme. Jadi, seimbangkan olahraga dan diet sehat, niscaya tubuh ideal bukan lagi impian belaka. Semoga bermanfaat!

Related posts
Diet & NutrisiGaya Hidup

Dada Ayam vs Paha Ayam, Mana yang Lebih Baik untuk Menu Diet?

Diet & NutrisiGaya Hidup

12 Pilihan Snack Sehat untuk Penderita Diabetes

Diet & NutrisiGaya Hidup

10 Minuman Detoks yang Enak dan Bermanfaat bagi Tubuh

Gaya HidupKebugaran

6 Olahraga Untuk Memperbaiki Postur Badan Bungkuk