Diet & NutrisiGaya Hidup

Cara Konsumsi Buah Plum Untuk Diet

Buah Plum Untuk Diet

Bagi kamu yang sedang diet untuk menurunkan berat badan, tentunya sudah tidak asing berbagai cara menurunkan berat badan,kan? Mulai dari olahraga teratur, menjaga nutrisi dan pola makan, dan masih banyak lainnya. Ada juga yang mengonsumsi obat-obatan dengan harapan bisa menurunkan berat badan dengan cepat, meski hal ini sangat tidak disarankan.

Baca Juga:

Namun satu hal yang pasti pernah kamu dengar adalah buah plum. Akhir-akhir ini buah plum yang satu ini semakin populer karena manfaat buah plum untuk diet. Buah plum diklaim manjur untuk melangsingkan badan hingga banyak sekali produk buah plum berseliweran, mulai dari jus buah plum, obat pil buah plum, dan masih banyak lagi.

Apa itu Buah Plum? Apa Nutrisi Buah Plum?

Buah Plum Untuk Diet

Buah plum ini bentuknya mirip apel dan tentunya memiliki banyak nutrisi dan aman dikonsumsi. Berikut nutrisi buah plum yang bisa kamu dapatkan jika mengonsumsinya secara teratur:

  • 170 mcg zat besi per 100 gram plum bisa membantu mencegah anemia
  • 9.5 mg vitamin C per 100 gr plum bisa memenuhi 10% kebutuhan harian
  • 1 gram serat yang bisa melancarkan pencernaan
  • 157 mg kalium yang bisa menjaga kestabilan tekanan darah

Tidak hanya itu, masih banyak nutrisi buh plum lainnya seperti magnesium , fosfor, vitamin B dan masih banyak lainnya. Plum juga diperkaya dengan gula unik yang disebut sorbitol yang bisa merangsang kerja sistem pencernaan tubuh. 

Oleh karena itu, berbagai nutrisi tersebut menghasilkan banyak manfaat buah plum untuk kesehatan seperti mencegah sembelit, dan juga menurunkan kolesterol.

Benarkah Mengonsumsi Buah Plum Bisa Menurunkan Berat Badan?

Buah Plum Untuk Diet

Buah plum memiliki kalori yang rendah, yakni satu buah plum seberat 100 gram mengandung 30-45 kalori. 

Selain itu buah plum juga tinggi serat dan bisa membantu kamu kenyang lebih lama sehingga mengurangi asupan kalori tambahan yang tidak perlu. 

Meskipun rasa plum manis, buah ini memiliki indeks angka glikemik rendah sehingga tidak akan menaikkan kadar gula secara drastis.

Tak hanya itu, kandungan gula sorbitol juga bisa melancarkan sistem pencernaan kamu dan bisa membantu tubuh lebih cepat mengeluarkan BAB agar lebih lancar.

Cara Konsumsi Buah Plum Untuk Diet

Buah Plum Untuk Diet

Lalu bagaimana cara konsumsi buah plum untuk diet? Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk menurunkan berat badan, mulai dari olahraga dan juga mengonsumsi buah plum merah. Pastikan kamu tetap mengonsumsi nutrisi yang cukup dan tepat saat diet.

Misalnya vitamin C di dalam buah plum yang membantu metabolisme tubuh lebih baik. Saat metabolisme tubuh kamu membaik, maka proses pembakaran lemak dan kalori akan berlangsung dengan baik.

Kandungan lainnya dalam buah plum adalah kalium, vitamin K, serat, flavonoid dan juga mineral. Nah, agar mendapatkan nutrisi buah plum dengan benar, berikut cara konsumsi buah plum untuk diet:

1. Dimakan langsung

Salah satu cara praktis konsumsi buah plum adalah dengan memakannya secara langsung. Kamu bisa mengonsumsinya saat sedang bersantai. Daripada mengonsumsi gorengan atau camilan tinggi kalori, kamu bisa mengonsumsi buah plum yang memiliki kandungan serat tinggi sehingga bisa membuat kamu merasa kenyang.

Tidak hanya itu, rasa asam buah plum juga bisa mengurangi nafsu makan makanan berat seperti nasi. Selain itu, metabolisme tubuh akan lancar sehingga bisa melancarkan metabolisme tubuh. Jika kamu ingin sukses diet, tentunya tidak hanya mengonsumsi buah plum, tetapi juga olahraga dan juga pola makan yang teratur.

2. Dibuat Jus

Jika kamu bosan makan buah plum secara langsung atau tidak suka dengan rasa asamnya, kamu bisa membuat jus plum dan menambahkan sedikit madu agar tidak terlalu asam. Hindari untuk menambahkan gula atau pemanis lainnya saat kamu menjalankan diet.

Tambahkan es batu agar kamu bisa menikmatinya dengan segar. Konsumsi secara teratur untuk mendapatkan hasil maksimal.

3. Buah Plum Kering

Jika kamu pernah melihat buah ceri kering atau buah-buahan kering lainnya, buah plum juga bisa dikeringkan. Kini banyak yang menyediakan buah plum kering karena lebih praktis dan juga tahan lama. Kamu bisa menyimpannya dalam jumlah yang cukup banyak dan lebih lama.

Kamu juga bisa membuat plum kering sendiri dengan cara yang sederhana. Cuci bersih buah plum agar sisa pestisida hilang di sisi kulit. Lalu atur berjejer di nampan dan kemudian jemur di bawah terik matahari. Butuh sekitar 3-4 hari untuk mendapatkan buah plum yang kering maksimal.

4. Salad Buah Plum

Kamu juga bisa mengonsumsi buah plum dengan mengolahnya menjadi salad buah. Kamu bisa mencampurnya dengan buah-buahan lainnya, tentunya dengan buah yang bikin kamu semangat saat mengonsumsinya dan juga yang rendah kalori. Kamu bisa memilih buah apel, pisang, kiwi, mangga, melon atau juga anggur. 

Salad biasanya juga ditambahkan mayonaise. Nah, bagi kamu yang sedang berdiet, hindari mayonaise sebagai topping salad. Mayonaise ini tinggi lemak sehingga bisa menaikkan jumlah kalori makanan tersebut. Kamu bisa menambahkan yoghurt untuk mendapatkan rasa salad buah yang lezat. 

5. Selai Buah Plum

Bagi kamu yang sedang diet, tidak ada salahnya untuk mengonsumsi roti gandum di pagi hari. Agar lebih terasa lezat, kamu bisa menambahkan selai buah plum rendah gula.

Nah, itu dia beberapa fakta mengenai buah plum dan juga cara konsumsi buah plum yang benar agar diet kamu semakin sukses dan maksimal. Semoga bermanfaat!

Related posts
Gaya HidupKebugaran

9 Cara Mengecilkan Betis Yang Bisa Kamu Coba

Diet & NutrisiKesehatan

9 Manfaat Buah Duku untuk Kesehatan dan Kecantikan

Diet & NutrisiGaya Hidup

Panduan Diet Keto Bagi Pemula

Gaya HidupKebugaran

6 Cara Membesarkan Bokong Dengan Olahraga