Gaya HidupKebugaran

Cara Sehat Mencapai Berat Badan Ideal

berat badan ideal

Siapa yang tidak ingin mencapai berat badan ideal? Tentunya hampir semua orang menginginkan hal ini. Berat badan yang ideal selain menarik secara visual juga baik dari segi kesehatan. Kelebihan berat badan rentan menyebabkan beberapa penyakit yang serius, oleh sebab itu diperlukan perhatian khusus untuk menjaga berat badan agar tetap pada angka yang ideal.

Apabila kamu belum mengetahui berat badan idealmu, kamu bisa menghitung berat badan ideal dengan menggunakan rumus body mass index (BMI) atau yang juga disebut sebagai Indeks Masa Tubuh (IMT).

Baca Juga:

IMT ini menghitung berat badan ideal berdasarkan berat dan tinggi badan. Dalam penghitungannya, berat badan harus dikonversikan dalam satuan kilogram dan tinggi badan dalam satuan meter kuadrat. Kemudian, berat badan dibagi dengan tinggi badan.

Apabila hasilnya antara 18-25 poin maka ini merupakan kategori normal, jika dibawah 18 maka termasuk underweight dan sebaliknya jika diatas 25 poin maka dapat dikategorikan sebagai overweight alias kelebihan berat badan.

Cara untuk Mencapai Berat Badan Ideal

cara mendapatkan berat badan ideal

Berkaitan dengan overweight, beberapa orang memutuskan untuk memilih jalan instan dengan cara sedot lemak hingga meminum obat pelangsing. Padahal, cara-cara instan untuk membuat berat badan berada di angka ideal ini tentunya membawa resiko yang cukup besar hingga dapat membahayakan kesehatan.

Alih-alih jadi semakin sehat, bisa jadi tubuh justru semakin rusak. Bagi kamu yang ingin mencapai berat badan ideal, tidak perlu khawatir. Hindari cara-cara instan yang membahayakan kesehatan tubuhmu. Masih banyak cara lain yang alami dan lebih menyehatkan serta menyenangkan untuk mencapai berat badan impianmu.

Ingin tahu apa saja cara yang dapat dilakukan untuk mencapai berat badan ideal? Berikut ulasannya.

1. Berpikir optimis

Pernah mendengar ungkapan bijak bahwa semua hal pada dasarnya bersumber dari pikiran? Ini merupakan salah satu hal yang harus diterapkan untuk mencapai berat badan ideal.

Sebelum memulai langkah atau diet tertentu, kamu harus terlebih dahulu menetapkan mindset bahwa apapun yang kamu lakukan akan membawa hasil yang positif. Tanpa pikiran yang optimis seperti ini, maka cara apapun yang kamu pilih tentunya akan terkesan sulit dan tanpa hasil.

2. Aktif bergerak

Jika selama ini kamu termasuk orang yang mager alias malas bergerak, mulai sekarang ubahlah kebiasaanmu ini. Kebiasaan malas bergerak ini tentunya akan membuatmu tidak mengeluarkan energi sama sekali, dan ini cenderung tidak sehat.

Kamu bisa mulai mengubah kebiasaan ini dengan hal-hal yang sederhana tetapi membawa dampak besar. Seperti misalnya mengubah kebiasaan bepergian menggunakan kendaraan bermotor dan mulai untuk berjalan kaki kemanapun.

Lakukan hal-hal yang terlihat remeh namun efeknya signifikan seperti memarkir mobil atau motor di tempat yang agak jauh sehingga harus berjalan terlebih dahulu untuk mencapai tempat tujuan, menggunakan tangga alih-alih lift atau eskalator.

Bila pekerjaanmu mengharuskanmu untuk duduk di depan monitor komputer selama berjam-jam, ambil 5 hingga 10 menit untuk stretching ringan.

3. Perbanyak minum air mineral

Tubuh manusia didominasi oleh air. Itu sebabnya air mineral sangat penting bagi tubuh. Air mineral mampu membantu metabolisme tubuh, meningkatkan kinerja ginjal, menetralisir racun yang masuk dalam tubuh, membuat kulit terlihat lebih lembut dan cerah, serta membantu meningkatkan kinerja otak.

Metabolisme tubuh yang baik tentunya akan membantumu untuk menghindari kelebihan berat badan dan mencapai berat badan ideal. Bagi kamu yang sedang berusaha menurunkan berat badan, cobalah untuk terlebih dahulu minum air mineral saat merasa lapar.

Karena, seringkali sinyal haus kerap disalahartikan menjadi lapar oleh otak. Air mineral yang diminum sebelum makan juga dapat membantu mengurangi porsi makan agar tidak berlebihan.

4. Konsumsi makanan yang tepat

Makanan memegang peran penting dalam memengaruhi berat badan seseorang. Mengonsumsi makanan yang sehat dan tepat sesuai kebutuhan nutrisi tubuh tentu akan membuat berat badan terjaga di angka yang ideal.

Sebaliknya, jika kita tidak memerhatikan asupan nutrisi dan cenderung memakan apa saja tanpa memerhatikan kandungan nutrisi makanan, maka kecenderungan berat badan akan melonjak naik sangat terbuka lebar.

Rekomendasi Makanan untuk Capai Berat Badan Ideal

berat badan ideal

Bagi kamu yang ingin menjaga berat badan ideal atau sedang berusaha mencapai angka berat badan yang ideal, berikut rekomendasi makanan yang baik untuk dikonsumsi agar berat badan ideal.

1. Alpukat

Jika kebanyakan buah mengandung banyak karbohidrat, tetapi alpukat justru kaya akan lemak nabati yang sehat. Kandungan asam oleat tak jenuh tunggal yang biasanya ditemukan dalam minyak zaitun, juga sangat tinggi pada alpukat.

Selain mengandung lemak baik yang cukup tinggi, alpukat juga terdiri dari air dan serat sehingga sangat baik untuk dikonsumsi. Bagi kamu yang menyukai salad sayuran, alpukat adalah tambahan yang sangat sempurna untuk salad sayuranmu.

Penelitian menunjukkan bahwa kandungan lemak pada alpukat berguna untuk meningkatkan penyerapan antioksidan karotenoid dari sayuran sebanyak 2.6 hingga 15 kali lipat. Selain itu, alpukat juga mengandung banyak nutrisi penting lainnya, termasuk diantaranya adalah potassium.

2. Tuna

Tuna merupakan jenis makanan yang populer bagi orang-orang yang sedang menurunkan berat badan. Sebab, tuna mengandung protein dalam kadar yang cukup tinggi, tetapi rendah kalori dan hampir tidak ada kandungan lemak.

Ini merupakan cara terbaik untuk mengasup protein dalam jumlah yang cukup tinggi sekaligus menjaga agar jumlah kalori dan lemak agar tetap rendah. Akan lebih baik jika kamu memilih jenis tuna yang masih segar dibanding tuna kaleng.

3. Apel

An apple a day keeps a doctor away. Nampaknya, quotes ini tidak berlebihan jika mengingat ada begitu banyak nutrisi baik yang terkandung dalam sebuah apel. Serat yang terkandung dalam apel merupakan jenis serat yang mudah diolah untuk mengatasi kolesterol.

Apel juga kaya akan kandungan quecertin dan flavonoid yang dapat mencegah penyakit kanker. Banyaknya manfaat yang terkandung dalam satu buah apel mampu membuat tubuh senantiasa terjaga kesehatannya, termasuk dalam hal ini mencegah berat badan berlebih.

4. Cabai

Jenis makanan yang satu ini tentunya sudah sangat akrab bagi masyarakat Indonesia yang doyan makan makanan pedas. Ternyata tanpa disangka-sangka, cabai menjadi salah satu bahan makanan yang mampu menjaga berat badan agar tetap berada di angka ideal.

Cabai mengandung zat capsaicin, yang mana dalam beberapa penelitian menyebutkan bahwa zat capsaicin ini mampu membakar lemak secara efektif. Meningkatnya pembakaran lemak saat mengonsumsi cabai dapat membantu mengurangi berat badan yang diakibatkan oleh endapan lemak dalam tubuh.

Itulah beberapa rekomendasi cara dan juga jenis makanan yang baik untuk dikonsumsi demi menjaga berat badan tetap berada di angka ideal. Ingat, jadikan kesehatan sebagai motivasi utama untuk meraih berat badan ideal, bukan sekedar menarik perhatian secara visual dan menghindari cercaan orang lain. Selamat mencoba!

Related posts
Diet & NutrisiGaya Hidup

Dada Ayam vs Paha Ayam, Mana yang Lebih Baik untuk Menu Diet?

Diet & NutrisiGaya Hidup

12 Pilihan Snack Sehat untuk Penderita Diabetes

Diet & NutrisiGaya Hidup

10 Minuman Detoks yang Enak dan Bermanfaat bagi Tubuh

Gaya HidupKebugaran

6 Olahraga Untuk Memperbaiki Postur Badan Bungkuk