Gaya HidupKesehatan

8 Cara Menghilangkan Stres yang Sederhana

cara menghilangkan stres

Stres merupakan salah satu hal lumrah yang sering terjadi dalam kehidupan sehari-hari. Hal ini bisa diakibatkan karena banyaknya tekanan-tekanan dari luar yang membuat kamu merasa frustasi dan lelah secara fisik dan emosional.

Stres yang berlarut-larut akan menimbulkan gangguan kesehatan yang serius bagi tubuh kamu lho! Oleh karena itu disarankan untuk selalu mencari cara untuk menghilangkan stres agar hidup kamu kembali ceria dan produktif.

Baca Juga:

Jika kamu mengalami stres yang sudah cukup rumit, konsultasi dengan psikolog merupakan salah satu jawabannya. Tapi jika belum sampai tahap itu, kamu bisa mengatasinya sendiri lho!

Berikut Okadoc punya 8 cara menghilangkan stres yang sederhana yang bisa kamu coba lakukan ketika stres mulai menghampiri diri.

1. Berenang atau Berendam

cara menghilangkan stres

Berenang atau sekedar berendam di dalam bathub dapat membuat tubuh terasa rileks. Otot-otot yang ikut bergerak selama berenang akan membantu tubuh menjadi lebih santai. Hal ini akan menekan hormon pemicu stres sehingga kamu bisa merasa lebih nyaman setelah berenang atau berendam.

Jika ingin berendam, ada baiknya gunakan air hangat dan tambahkan beberapa tetes minyak aroma terapi untuk membuat tubuh semakin rileks. Selain itu aroma minyak terapi juga bisa menenangkan pikiran, lho!

2. Olahraga

cara menghilangkan stress

Untuk kamu yang tidak bisa berenang, coba lakukanlah olahraga lain. Banyak sekali pilihan olahraga yang bisa kamu lakukan. Mulai dari jogging, boxing, yoga, bermain bola basket, dan sebagainya.

Tubuh yang stres sedang terasa tegang. Memangnya kalau berolahraga tidak membuatnya semakin tegang? Well, kedua rasa tegang ini berbeda konsepnya.

Ketegangan tubuh yang dihasilkan olahraga, merupakan hasil koordinasi yang baik di seluruh tubuh melalui gerakan-gerakannya. Hal ini justru mendorong pikiranmu untuk tidak berfokus pada stres yang kamu rasakan saja.

3. Mendengarkan Musik

cara menghilangkan stres

Stres bisa muncul kapan saja. Bahkan tidak menutup kemungkinan rasa stres muncul di tengah-tengah kesibukanmu. Tidak ada waktu untuk berolahraga karena itu akan menghabiskan waktu banyak.

Tapi ada banyak cara menghilangkan stres. Salah satunya dengan mendengarkan musik. Sesuaikan saja lagu yang ingin kamu dengar dengan preferensimu.

Musik mengajak kita untuk mendengarkan alunan merdu yang mampu merelaksasi pikiran. Fokuskan pendengaranmu dengan menggunakan headset adalah cara mengobati stres pikiran yang tepat.

Kadang kita terlalu fokus dengan penilaian orang dan memikirkannya terlalu dalam. Mendengarkan musik dapat membantumu menutup telinga sejenak sampai semuanya terasa lebih tenang.

4. Tidur

cara menghilangkan stress

Setiap orang memiliki karakter yang berbeda. Karena itu berbeda pula cara menghilangkan stres yang dapat diterapkan oleh setiap orang.

Ada orang yang lebih suka berolahraga untuk mengurangi rasa stres. Ada yang lebih suka berkumpul dengan teman. Tapi ada cara sehari-hari yang sebenarnya membantu dalam upaya ini, yaitu tidur.

Tidur adalah cara paling umum untuk memaksa tubuh dan pikiran beristirahat. Jika stres muncul di siang hari, tidur siang selama 15 menit akan sangat membantu.

Tapi kamu harus tetap menjaga pola tidur yang baik yaitu 8 jam sehari agar semua fungsi tubuh berjalan dengan baik.

5. Sensory Play

cara menghilangkan stress

Sensory play adalah permainan yang dimainkan dengan menggunakan kemampuan sensor tubuh. Bermain permainan ini dapat membantu kamu mengurangi stres.

Perlahan tapi pasti, ketegangan yang kamu rasakan dalam diri dan pikiran akan berkurang berangsur-angsur. Jika kamu cukup sering mengalami stres, sediakan permainan ini di dalam tasmu.

Yang termasuk dalam sensory play di antaranya bola pingpong atau bola yang dapat digenggam, squishy, dan slime. Pikiran yang terfokus pada hal yang membuatmu stres, akan berkurang karena teralihkan pada permainan ini. 

6. Menarik Nafas Dalam

cara menghilangkan stress

Stres adalah kondisi yang membuat diri kita tidak senyaman biasanya. Seperti terlalu banyak tuntutan dan tekanan dari luar, atau bahkan hanya dalam pikiran kita sendiri.

Selain membuat sakit kepala, stres sering kali membuat kamu bahkan sulit bernafas. Saat ini terjadi, paksakanlah diri untuk menarik napas dengan sangat dalam.

Tarikan napas yang dalam dapat menurunkan kadar kortisol yang dapat mengurangi stres dan kecemasan. Cobalah untuk menarik napas dari hidung, menahannya sebentar, lalu buang kembali secara perlahan.

Jangan terlalu pendek dan terlalu panjang. Usahakan tarikan nafas ini berada dalam proporsi yang pas, di mana secara perlahan rasanya semakin menenangkan.

7. Menggambar

cara menghilangkan stress

Satu lagi cara mengurangi hingga menghilangkan stres yang terkadang bisa membuat kamu terasa sesak, yaitu dengan menggambar.

Cara ini ampuh untuk perlahan mencurahkan rasa berat dalam pikiran. Tidak masalah jika gambaran yang dihasilkan berupa coretan yang abstrak.

Lama kelamaan, pikiran yang semakin tenang dapat mendorong kamu untuk menggambar hal-hal yang lebih berbentuk. Hal ini akan membantu kamu menjadi lebih rileks.

8. Memelihara Kucing atau Anjing

cara menghilangkan stress

Memelihara hewan juga dapat menjadi cara menghilangkan stres yang ampuh lho!Kucing dan anjing adalah pilihan ideal untuk hewan peliharaan yang bisa bantu kamu hilangkan stres.

Hal ini karena kedua hewan ini mampu memberikan ikatan yang kuat pada pemiliknya. Kamu akan merasa memiliki hal lain dalam hidup dan dapat mencoba mengurusnya seperti kamu mengurus diri sendiri.

Alasan lain kenapa kucing atau anjing baik untuk penghilang stres adalah karena kamu bisa sambil mengelusnya. Sentuhan seperti ini mampu meningkatkan kadar serotonin dan dopamine yang dapat mendorong turunnya rasa stres dan cemas yang melanda.

Masih banyak cara yang bisa kamu pilih untuk mengurangi stres. Tidak perlu malu jika hal ini terjadi. Sangat wajar jika stres sesekali muncul.

Yang tidak wajar adalah jika kamu terus membiarkannya. Bantulah diri kamu sendiri untuk lebih sehat dan kuat menjalani aktivitas sehari-hari. Seperti melakukan 8 cara menghilangkan stres yang disebutkan di atas. Semoga bermanfaat!

Related posts
Gaya HidupKebugaran

Olahraga dengan Barbel untuk Pemula

Diet & NutrisiGaya Hidup

Hati-hati Memilih Salad Sayur untuk Diet

Gaya HidupKebugaranWanita

8 Olahraga untuk Payudara Kencang Alami

KehamilanKesehatanPrakonsepsi

5 Jenis Vaksin Sebelum Menikah yang Disarankan