Gaya Hidup

11 Cara Mengobati Diare dengan Cepat

Cara Mengobati Diare

Menderita diare tentu sangat mengganggu aktivitas, selain harus bolak-balik ke kamar mandi, penyakit ini juga kerap memberikan rasa nyeri dan mulas yang tak berkesudahan. Oleh sebab itu, penting untuk mengetahu bagaimana cara mengobati diare dengan cepat.

Diare sendiri dapat diartikan sebagai kondisi, di mana intensitas buang air besar (BAB) seseorang lebih sering daripada biasanya. Bukan hanya itu, kotoran atau feses yang dikeluarkan oleh penderia diare lazimnya juga lebih encer dan banyak mengandung cairan.

Baca Juga:

Bagi sebagian orang kondisi ini mungkin biasa saja, namun kamu tetap enggak boleh meremehkan kondisi yang satu ini. Pasalnya, tanpa penanganan yang tepat, penyakit diare bisa berlangsung hingga berhari-hari, bahkan berminggu-minggu, lho.

Supaya tidak berlarut-larut, ketahui cara mengobati diare secara cepat dan mudah di bawah ini, yuk!

Cara Mengobati Diare

Cara Mengobati Diare

Cara mengobati diare ada bermacam-macam, bisa dengan mengkonsumsi obat-obatan ataupun dengan bahan-bahan alami yang dapat dengan mudah ditemukan di sekitar kita.

Buat kamu yang tidak mau repot ke dokter, beberapa cara alami mengobati diare terbukti ampuh kok, dalam meredakan nyeri dan rasa mulas akibat diare, seperti:

1. Cairan Oralit

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, selama diare kamu akan banyak kehilangan cairan tubuh akibat buang air besar, sehingga tubuhmu menjadi rentan terkena dehidrasi.

Oleh karenanya, meminum cairan oralit bisa dijadikan cara mengobati diare. Sebab, gula dan garam yang terkandung dalam oralit dapat mengembalikan cairan tubuh, sekaligus mencegah terjadinya dehidrasi.

Cara pembuatannya mudah, kamu hanya perlu melarutkan 6 sendok teh gula pasir dan setengah sendok teh garam ke dalam 1 liter air. Setelah itu aduk hingga merata, lalu konsumsi cairan tersebut tiap 4-6 jam sekali.

2. Yoghurt

Sebagai minuman susu fermentasi, yoghurt diperkaya dengan kandungan probiotik yang tinggi. probiotik sendiri adalah sekumpulan bakteri sehat yang sering ditemukan di pencernaan tubuh.

Probiotiuk ini sangat bermanfaat sebagai cara mengobati diare, sebab probiotik dapat meningkatkan jumlah bakteri sehat dalam usus dan melawan bakteri-bakteri penyebab diare.

Meski sangat dianjurkan mengkonsumsi yoghurt saat diare, namun kamu enggak boleh mengkonsumsi produk olahan susu lainnya, seperti keju. Sebab, dapat meningatkan rasa mulas pada perut.

3. Pisang

Mengkonsumsi pisang saat diare mungkin menjadi kebiasaan banyak orang. Sudah tepat memang, sebab pisang mengandung banyak kalium, yang dapat mengganti elektrolit tubuh yang hilang saat diare.

Terlebih, kandungan serat yang terkandung dalam pisang juga bisa membuat fesesmu menjadi lebih padat, karena serat dapat menyerap cairan yang terdapat pada usus.

4. Daging yang Dikukus

Tidak melulu soal buah-buahan kok, kamu tetap bisa mengkonsumsi makanan seperti daging pada saat diare. Malahan, kandungan protein yang terdapat pada daging terbukti ampuh sebagai cara mengobati diare, sebab dapat mengurangi peradangan pada sistem pencernaan.

Meski begitu, tidak semua olahan daging bisa kamu konsumsi. Hanya daging yang diolah dengan cara dikukuslah yang cocok untuk para penderita diare.

5. Kuah Sup Ayam

Bukan cuma dagingnya, sup kuah ayam pun dapat dijadikan sebagai cara mengobati diare. Kuah sup dapat dicerna dengan mudah oleh usus, sekaligus dapat mengganti cairan tubuh yang hilang.

Selain itu, kandungan vitamin yang berasal dari sayur-sayuran, daging ayam, serta kentang yang terdapat di dalam sup juga sangat baik bagi kesehatan tubuh kita.

6. Kentang

Sama halnya seperti pisang, kentang juga memiliki kandungan kalium yang banyak. Oleh sebab itu, mengkonsumsi kentang saat kamu diare adalah cara yang ampuh dalam menghentikan rasa mulas perut.

Namun, serupa seperti daging, kentang yang boleh dikonsumsi hanyalah kentang yang dikukus atau direbus. Tidak heran jika banyak orang yang mencampurkan kentang pada olahan sup ayam.

7. Wortel

Ada satu lagi sayuran yang sering kita temui terdapat pada sup ayam, memiliki khasiat yang luar biasa bagi para penderita diare, yaitu wortel.

Wortel sendiri terkenal memiliki kandungan pektin yang ampuh menyerap cairan berlebih pada usus. Hal ini membut, feses yang keluar pada saat BAB menjadi lebih padat, dan juga mengurangi rasa mulas.

8. Gandum

Mengkonsumsi roti gandum ketika kita mengalami diare memang sangat disarankan. Hal ini disebabkan, oleh tekstur roti gandum yang lebih mudah dicerna. Namun, jangan tambahkan gandum dengan mentega, margarin, madu, atau bahan-bahan manis lainnya ya, karena bisa membuat perutmu terasa mulas.

Agar lebih mudah, kamu bisa mengganti roti gandum dengan bubur gandum atau oatmeal. Serat yang terkandung pada oatmeal juga dipercaya ampuh sebagai cara mengobati diare, karena bisa memadatkan feses.

9. Teh Jahe

Jahe memang dikenal sebagai tumbuhan yang penuh khasiat, termasuk sebagai cara mengobati diare yang ampuh.

Kandungan yan terdapat pada jahe berguna sebagai antiradang, antinyeri, dan antibakteri. Selain itu, jika kamu mengkonsumsi jahe dengan cara diseduh (atau dibuat teh), rasa hangatnya juga bisa meredakan nyari di bagian perut. Terlebih, teh jahe juga baik sebagai pengganti cairan tubuh yang hilang.

10. Konsumsi Air Putih

Jangan salah persepsi ya, meski pada saat diare usus manusia mengalami kelebihan kandungan air, namun kita tidak boleh mengurangi konsumsi air putih pada saat sedang diare.

Padahal, konsumsi air putih teratur dapat dijadikan sebagai cara mengobati diare yang ampuh. Seperti yang juga telah disebutkan sebelumnya, diare sering kali membuat badan jadi kekurangan cairan atau dehidrasi.

Dengan mengkonsumsi air putih yang cukup, badanmu akan menjadi lebih segar dan bertenaga, meski banyak cairan yang keluar pada saat BAB.

11. Jus Buah Segar

Siapa bilang saat diare tidak boleh minum jus buah? Kamu tetap boleh kok meminum berbagai macam jus buah saat diare. Dengan catatan, pilihlah jus dengan kandungan buah yang baik bagi penderita diare, contohnya seperti jus pisang.

Selain itu, hindari pula penambahan pemanis rasa dalam jus tersebut, sepeti gula, madu, atau susu. Biarkan jus dibuat secara alami dan langsung konsumsi ketika masih segar.

Penyebab dan Gejala Diare

Cara Mengobati Diare

Mencegah tentu lebih baik daripada mengobati. Maka dari itu, untuk dapat mencegah terjadinya penyakit diare, kamu harus mengetahui apa-apa saja yang menjadi penyebab dari penyakit tersebut.

Terdapat banyak sekali faktor penyebab diare, di antaranya kebiasaan makan makanan pedas, alkohol, dan juga kafein yang berlebih. Selain itu, diare juga dapat disebabkan oleh beberapa faktor lain, seperti efek samping obat, infeksi bakteri, virus, atau parasit, hingga efek samping pasca operasi batu empedu.

Selain mengenali penyebabnya, penting pula mengenali gejala terjadinya diare, seperti feses lembek dan cair, nyari pada perut, terasa mual, sakit kepala, terasa haus terus-menerus, hingga terdapat bercak darah pada feses.

Jika gejala-gejala di atas sudah mulai tampak, segera lakukan cara mengobati diare yang telah disebutkan di atas. Apabila dalam waktu beberapa hari kondisimu belum juga membaik, segera konsultasikan ke dokter ya!

Related posts
Diet & NutrisiGaya Hidup

6 Cara Minum Lemon untuk Diet

Gaya HidupKebugaran

13 Cara Menurunkan Berat Badan yang Sehat dan Aman

Diet & NutrisiGaya Hidup

Tips Memilih Menu Sarapan Diet yang Mengenyangkan

Gaya HidupResep

6 Resep Camilan Sehat untuk Anak