Gaya HidupKebugaran

13 Cara Menurunkan Berat Badan yang Sehat dan Aman

Cara Menurunkan Berat Badan

Setiap orang pasti mendambakan berat badan ideal. Tidak hanya wanita, pria pun kini mulai aktif menjaga berat badan mereka. Penting untuk mengetahui cara menurunkan berat badan secara sehat dan aman.

Mengapa harus sehat dan aman? Pasalnya, metode penurunan berat badan yang salah, justru berisiko menimbulkan penyakit di masa depan, seperti melakukan diet ketat dan sedot lemak.

Baca Juga:

Kedua metode ini sering kali dipraktikkan masyarakat. Namun, sudah menjadi rahasia umum bahwa kedua metode tersebut memiliki risiko efek samping bagi kesehatan manusia, apalagi jika dilakukan secara salah.

Lantas, bagaimana sih sebenarnya cara menurunkan berat badan yang sehat dan juga aman? Untuk tahu lebih banyaknya, kita simak penjabaran lengkapnya di bawah ini, yuk!

Cara Menurunkan Berat Badan yang Sehat dan Aman

Cara Menurunkan Berat Badan

Melakukan konsultasi ke dokter mungkin bisa jadi solusi dalam menurunkan berat badan secara aman. Namun, biaya konsultasi yang mahal membuat banyak orang berpikir ulang untuk melakukan hal tersebut.

Jangan khawatir, ada banyak kok cara menurunkan berat badan yang sehat dan aman lainnya yang bisa kamu lakukan, seperti berikut ini:

1. Cukupi Kebutuhan Air Putih Setiap Hari

Sudah jadi rahasia umum, bahwa air putih sangat bermanfaat untuk menurunkan berat badan. Selain membuat kenyang, mengkonsumsi air putih minimal 8 gelas per hari juga bisa meningkatkan metabolisme tubuh hingga 12 persen dan membakar 50 kalori.

2. Hindari Makan Makanan dan Minuman Manis

Bukan berarti kamu tidak boleh makan dan minuman manis sama sekali ya. Boleh saja, asal tidak berlebihan. Gula sendiri memiliki sifat mengubah cara kerja hormon dan reaksi biokimia, sehingga menghindari makan dan minum manis terlalu banyak bisa jadi cara menurunkan berat badan.

3. Atur Pola dan Porsi Makan

Selayaknya pola makan, porsi makan juga berpengaruh besar terhadap berat badan kita. Menurut riset Jurnal Obesity, orang yang mengontrol porsi makannya mampu menurunkan berat badannya lebih efektif daripada yang tidak. Sebagai trik, biasakan makan di piring yang lebih kecil.

4. Konsumsi Banyak Kacang-Kacangan dan Serat

Kacang-kacangan sendiri dipercaya sebagai cara menurunkan berat badan yang ampuh, kandungan proteinnya dapat menunda rasa lapar lebih lama. Serat juga memiliki sifat yang sama, hal ini disebabkan oleh tingginya kandungan kalori yang terdapat di dalam makanan berserat.

5. Hindari Diri dari Polusi Udara

Sulit memastikan apakah tubuh kita menghirup polusi udara atau tidak. Namun, kamu bisa mengurangi efek polusi udara dengan menggunakan masker jika keluar rumah. Riset dari University of Southern mengatakan, orang yang hidup di dataran tinggi cenderung lebih langsing karena rendahnya polusi udara.

6. Soda Diet Bukan Solusi!

Buat kamu yang berpikir jika soda diet bisa dijadikan cara menurunkan berat badan, agaknya persepsi tersebut salah. Menurut riset Physiology, Nutrition and Metabolism pemanis buatan yang terkandung dalam soda diet juga dapat meningkatkan berat badan. Sehingga, lebih baik kamu menghindarinya ya.

7. Sering Melakukan Sauna

Melakukan sauna tidak hanya bermanfaat menjaga kesegaran dan kebugaran tubuh, namun juga dapat menurunkan berat badan. Terbukti, berdasarkan riset Complementary Therapies in Medicine duduk selama 25 menit di sauna dipercaya setara dengan melakukan latihan fisik dengan intensitas sedang.

8. Rajin Membersihkan Dapur

Ada satu hal unik yang bisa kita jadikan cara menurunkan berat badan, yakni rajin membersihkan dapur. Enggak percaya? Menurut penelitian yang dilakukan Environment and Behavior, orang yang memiliki dapur berantakan cenderung makan makanan ringan dua kali lebih banyak dari mereka yang tidak.

9. Tidur dalam Keadaan Lampu Padam

Bukan hanya membersihkan dapur, tidur dalam keadaan lampu padam ternyata juga ampuh menurunkan berat badan. Fakta ini terungkap dari hasil penelitian National Institute of Health yang menyebutkan, bahwa cahaya lampu saat tidur dapat mengakibatkan kenaikan berat badan.

10. Kurangi Konsumsi Makanan Mengandung Garam

Serupa dengan makan makanan manis, mengurangi makan makanan mengandung banyak garam merupakan salah satu cara menurunkan berat badan. Hal ini dikarenakan oleh sifat garam yang mengikat air, sehingga berpotensi membuat tubuh tampak lebih gemuk karena endapan air dalam badan.

11. Istirahat yang Cukup dan Teratur

Orang dewasa butuh waktu paling tidak 6-8 jam untuk tidur atau beristirahat, agar kondisi badan kembali fresh keesokan harinya. Selain itu, kurang tidur akan meningkatkan hormon gherlin (hormon peningkat nafsu makan) dalam tubuh, sehingga membuat kita terus merasa kelaparan.

12. Menjaga Mood dengan Banyak Tertawa

Penelitian yang dilakukan London’s Institute of Psychiatry ini juga tak kalah uniknya. Menurut Helen Pilcher sang pendiri, tertawa merupakan cara menurunkan berat badan karena dapat membakar kalori setara dengan kardio. Menurutnya, tertawa selama 1 jam ampuh membakar sebanyak 120 kalori.

13. Banyak Bergerak dan Rutin Berolahraga

Jangan mimpi punya badan sehat dan langsing apabila kamu malas berolahraga! Jenis olahraga seperti lari, push-up, atau squat terbukti ampuh menurunkan berat badan. Jika tidak, minimal rajin-rajinlah bergerak. Dengan bergerak, lemak dalam tubuh akan terbakar dan berubah menjadi energi.

Adakah Cara Menurunkan Berat Badan Tanpa Olahraga?

Cara Menurunkan Berat Badan

Melihat banyaknya orang yang ingin memiliki bentuk badan langsing, namun enggan berolahraga rasanya cukup aneh. Pasalnya, olahraga sendiri dapat dikatakan sebagai satu-satunya cara menurunkan berat badan secara sehat dan juga aman.

Meski kamu telah melakukan diet ketat, berkonsultasi ke dokter, atau mengikuti seluruh daftar yang telah direkomendasikan di atas, melakukan olahraga tetap wajib untuk dilakukan. Selain untuk mempercepat penurunan berat badan, olahraga dibutuhkan untuk menjaga bentuk badanmu tetap ideal.

Kamu mungkin berhasil menurunkan berat badan dalam waktu singkat, namun bentuk badanmu tersebut tidak akan berlangsung lama jika tidak dibarengi dengan olahraga. Bahkan, penurunan berat badan yang drastis dengan diet ketat berpotensi menimbulkan Yoyo Effect.

Mengenal Lebih Jauh Yoyo Effect

Cara Menurunkan Berat Badan

Buat kamu yang belum tahu, Yoyo Effect atau efek yoyo adalah sebuah kondisi di mana berat badan seseorang berhasil turun secara drastis, namun akhirnya naik kembali seperti semula dalam waktu singkat.

‘Sindrom’ ini sendiri ternyata cukup berbahaya, sebab disinyalir menjadi penyebab timbulnya beberapa penyakit fisik, seperti tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi, hingga penyakit kantung empedu.

Bukan cuma itu saja, efek yoyo juga dipercaya dapat menyerang kesehatan mental manusia. turunnya berat badan, lalu kemudian naik kembali dalam waktu singkat tentu memberi efek psikologis negatif bagi orang yang mengalami.

Efek psikologis ini sangat berbahaya jika dibiarkan, sebab bisa menimbulkan rasa putus asa, depresi, hingga timbulnya rasa tidak mencintai, bahkan membenci dirinya sendiri.

Oleh sebab itu, kamu boleh melakukan berbagai cara menurunkan berat badan, namun tetaplah melakukan olahraga agar usahamu tersebut berjalan dengan lancar, aman, dan juga sehat.

Related posts
Diet & NutrisiGaya Hidup

6 Cara Minum Lemon untuk Diet

Gaya Hidup

11 Cara Mengobati Diare dengan Cepat

Diet & NutrisiGaya Hidup

Tips Memilih Menu Sarapan Diet yang Mengenyangkan

Gaya HidupResep

6 Resep Camilan Sehat untuk Anak