Diet & NutrisiGaya Hidup

6 Cemilan Diet Keto yang Praktis dan Tidak Bikin Gemuk

cemilan diet keto

Cemilan diet keto apa yang aman? Apakah kalau lagi menjalani diet keto, saya boleh ngemil?

Pertanyaan-pertanyaan seperti itu sering ditanyakan oleh mereka yang sedang diet keto. Tidak heran, sebab ngemil memang identik dengan kenaikan berat badan. Makanya, banyak orang yang sedang menjalani program diet menghindari cemilan.

Padahal, cemilan dibutuhkan oleh tubuh. Selain untuk memenuhi kebutuhan nutrisi, cemilan juga ampuh mengisi energi di antara jam makan, sehingga pola makanmu bisa lebih teratur.

Baca Juga:

Jadi, apakah kamu boleh ngemil saat sedang dalam program diet keto? Boleh. Malah, kamu tetap perlu ngemil. Untuk menunya, kamu bisa pilih cemilan-cemilan yang tidak melanggar prinsip diet keto: rendah karbo, tinggi lemak dan protein. Berikut cemilan diet keto yang bisa kamu coba konsumsi.

1. Telur

cemilan diet keto

Telur adalah cemilan yang termasuk menu diet keto sederhana. Kandungan protein dan lemak yang tinggi, serta rendahnya kadar karbo, jadi alasan telur sangat keto friendly. Penyajian yang paling sederhana adalah dengan cara direbus.

Tapi kalau kamu bosan dengan telur rebus, kamu bisa bereksperimen dengan resep-resep sederhana, seperti telur panggang dengan topping sayurang atau daging.

Caranya mudah:

  • Pecahkan telur ke dalam cetakan cupcake atau muffin yang sudah dilapisi kertas kue.
  • Lalu tambahkan topping sesuai selera (untuk menambah kadar gizinya, kamu bisa memakai parutan keju, potongan daging, atau bayam yang sudah diiris tipis-tipis)
  • Masukkan ke dalam oven yang suhunya sudah dipanaskan hingga 200oC, dan tunggu selama 15 menit.

Cemilan ini cocok untuk kamu bawa sebagai bekal ke kantor, kampus, atau saat piknik.

2. Keju

cemilan diet keto

Sama seperti telur, keju juga merupakan salah satu cemilan diet keto paling sederhana. Kamu bisa memakannya langsung. Apalagi, kandungan karbohidrat pada keju hanya 1,3 g/100g, jauh lebih rendah dari kadar lemaknya yang 33g/100g dan proteinnya yang sebanyak 25g/100g. Jadi pastinya, keju cocok untuk diet keto yang sedang kamu jalani.

Apabila kamu ingin mengolahnya, buat saja keripik. Caranya:

  • Iris keju tipis-tipis
  • Letakkan di atas loyang yang sudah dilapisi alas agar tak menempel
  • Panggang di dalam oven bersuhu 200oC selama 8-10 menit
  • Tunggu hingga dingin agar bisa kamu nikmati

Tidak suka keripik? Tidak masalah. Ada alternatif lain yang tak kalah sedap, yaitu Keto Paprika Keju. Berikut cara membuatnya:

  • Campurkan paprika yang sudah dipotong kecil, parutan keju, merica, garam, dan 5 sendok teh mayonaise
  • Dinginkan selama satu jam
  • Sampai di sini, sebetulnya kamu sudah bisa menyantapnya langsung. Tapi kalau mau, kamu juga bisa membentuk adonan menjadi bola-bola kecil dan memanggangnya.

3. Alpukat

cemilan diet keto

Alpukat adalah salah satu buah wajib bagi orang-orang yang sedang berdiet keto. Selain rendah karbohidrat, buah yang satu ini kaya akan vitamin K, vitamin C, vitamin E, vitamin B5, vitamin B6, folat, dan potasium. Ditambah lagi, alpukat mempunyai banyak kandungan lemak baik yang menyehatkan.

Buah ini bagus dikonsumsi pada pagi hari, di antara jam sarapan dan makan siang. Rasa dagingnya yang gurih membuat orang suka memakannya langsung. Namun tidak ada salahnya jika kamu ingin membuatnya menjadi jus. Asal, jangan campurkan terlalu banyak gula.

Ingin yang lebih mengenyangkan? Nikmati dengan omelet atau telur mata sapi. Taburkan sedikit garam dan merica di atasnya. Dijamin enak!

4. Buah Beri

cemilan diet keto

Sama halnya dengan alpukat, buah beri juga termasuk buah untuk diet keto. Di dalam takaran 100 gram, buah beri hanya mengandung 5-6 gram karborhidrat. Untuk jenisnya, kamu bisa memilih raspberry, blackberry, atau strawberry.

Selain kadar karbohidratnya rendah, buah beri merupakan buah yang memiliki zat antioksidan yang tinggi. Senyawa tersebut sangat bermanfaat untuk menangkal efek buruk radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh kita.

Rasa buah beri yang segar memang bisa dinikmati dengan memakannya langsung. Namun, supaya tidak bosan, kamu boleh mencoba-coba resep sederhana untuk mengolahnya, seperti misalnya Keto Berry Mousse.

Berikut langkah pembuatannya:

  • Tuangkan whip cream ke dalam wadah dan aduk hingga berbusa
  • Tambahkan air perasan jeruk lemon
  • Masukkan buah beri dan kacang-kacangan, kemudian tambahkan sedikit gula jika kamu ingin mendapatkan rasa yang lebih manis
  • Tutup wadah dengan plastik dan simpan di kulkas selama tiga jam

5. Kacang-kacangan

cemilan diet keto

Sudah umum diketahui bahwa kacang-kacangan termasuk salah satu pilihan cemilan diet keto. Tapi tahukah kamu bahwa tidak semua kacang bagus dikonsumsi saat kamu sedang berdiet keto?

Memilih kacang untuk cemilan memang sedikit tricky. Beberapa orang meyakini ngemil kacang justru menimbulkan efek negatif seperti naiknya tingkat kolesterol atau munculnya jerawat di wajah. Meskipun begitu, kacang tetap merupakan cemilan sehat yang perlu kamu konsumsi.

Lalu, kacang apa saja yang cocok jadi cemilan diet keto?

Yang kandungan karbohidratnya paling rendah adalah kacang pecan, kacang Brazil, dan kacang Macadamia. Ketiganya hanya mengandung 4-5 gram karbo per 100 gram sajian.

Selanjutnya, ada kacang hazelnut dan kenari yang memiliki 7 gram karbo per 100 gram. Kacang tanah, jenis yang paling mudah ditemui di Indonesia, mempunyai tingkat karbo sebanyak 8 g/100g, satu gram lebih tinggi dari almond.

Sedangkan, kacang mede, yang cukup sering juga dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia, justru mengandung karbohidrat paling tinggi. DI tiap 100 gram kacang mede, terdapat 22 gram karbo.

Agar kamu bisa mendapat manfaat dari konsumsi kacang, jangan lupa untuk memperhatikan porsinya. Jika dikonsumsi sesuai takaran yang pas, kacang bisa mengasup lemak dalam jumlah yang pas juga ke dalam tubuhmu, yang tentunya berguna untuk metabolisme.

6. Seledri dan Mentimun

cemilan diet keto

Dibandingkan dengan sayuran lain, seledri dan ketimun memiliki kandungan karbohidrat yang paling sedikit. Karbohidrat dalam seledri misalnya, hanya 1 g/100g. Ketimun pun tak jauh berbeda, hanya 3g/100g.

Namun, salah satu kelemahan menjadikan sayuran sebagai cemilan adalah rasanya yang tidak terlalu enak. Untuk mengakalinya, kamu bisa menggunakan saus atau mayonaise sebagai penambah rasa.

Andaikata kamu ingin rasa yang cenderung manis-gurih, kamu bisa mengolah keju dan yogurt menjadi saus lezat. Resepnya gampang: campurkan keju yang sudah dipotong kecil-kecil dengan yoghurt dan mayonaise ke dalam wadah. Kamu tinggal mengaduknya sampai kental.

Kalau sausnya sudah siap, celupkan saja potongan seledri dan ketimun ke dalamnya. Pasti rasanya tak lagi hambar!

Nah, sekarang kamu sudah tahu menu-menu cemilan diet keto yang praktis, mengenyangkan, tapi tidak bikin gemuk bukan? Jadi tidak ada alasan lagi untuk meninggalkan dietmu walaupun keinginan ngemil sedang tinggi-tingginya.

Kamu tentu boleh menyesuaikan resep-resep di atas dengan seleramu, selama hasilnya masih tetap keto friendly. Selamat menjalani diet yang menyenangkan!

Related posts
Diet & NutrisiGaya Hidup

Dada Ayam vs Paha Ayam, Mana yang Lebih Baik untuk Menu Diet?

Diet & NutrisiGaya Hidup

12 Pilihan Snack Sehat untuk Penderita Diabetes

Diet & NutrisiGaya Hidup

10 Minuman Detoks yang Enak dan Bermanfaat bagi Tubuh

Gaya HidupKebugaran

6 Olahraga Untuk Memperbaiki Postur Badan Bungkuk