Bayi & Anak-AnakGaya HidupResep

7 Cemilan Sehat untuk Anak

cemilan sehat untuk anak

Tahukah kamu bahwa ternyata anak-anak membutuhkan makanan ringan rutin dalam porsi kecil? Cemilan sehat untuk anak ini merupakan bagian penting dari pola makan si buah hati. Anak punya ukuran perut yang kecil dengan metabolisme yang cepat, sehingga butuh terus mengkonsumsi makanan porsi kecil yang rutin untuk mencegah perutnya kosong.

Baca Juga:

Lambung anak berbeda dengan lambung orang dewasa yang sudah bisa menyimpan makanan yang banyak dalam sekali makan. Di sisi lain, anak perlu banyak nutrisi, zat gizi, dan energi dalam masa pertumbuhan sehingga butuh asupan makanan. Anak disarankan untuk makan sesering mungkin dalam porsi kecil, bukan dengan pola makan 3 kali sehari seperti layaknya orang dewasa.

Hal ini berarti bahwa sang anak memiliki pola makan yang lebih banyak, secara berurutan mulai dari sarapan, makan siang, makan malam, cemilan setelah sarapan, dan satu cemilan lagi setelah makan siang. Meski begitu, bukan berarti kamu bisa sembarangan dalam menyiapkan camilan ini, lho. Cemilan juga harus memenuhi nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh sehingga membantu tumbuh kembang si anak, baik secara fisik maupun psikologis.

Tips Menyiapkan Cemilan Sehat untuk Anak

cemilan sehat untuk anak

Oleh sebab itu, kamu perlu memperhatikan tips menyiapkan cemilan sehat berikut ini.

  • Makanan sehat anak itu adalah makanan yang mengandung rendah lemak, rendah gula olaha, serta tidak mengandung zat-zat adiktif lainnya. Akan lebih baik jika memilih cemilan sehat yang utuh dibanding dengan makanan olahan.
  • Anak-anak memiliki nafsu makan yang fluktuatif secara alami. Sangat wajar karena hal ini dipengaruhi oleh siklus pertumbuhannya. Sehingga kamu perlu mempersiapkan cemilan sehat yang memberikan nutrisi dan energi serta tidak mengganggu nafsu makan sang anak. Waktu makan cemilan sehat untuk anak ini harus diatur sekitar 2 jam sebelum waktu makan.
  • Penting untuk memilih cemilan sehat yang bernutrisi dan juga mengenyangkan. Periksa terlebih dahulu kandungan kalori dan nutrisinya sebelum disajikan untuk anak. Sebab, makanan yang mengandung kalori tinggi tetapi diseimbangkan dengan nutrisi yang baik. Makanan sehat anak seperti buah dan sayur yang rendah indeks glikemik, telur dan daging yang rendah lemak yang memiliki protein tinggi, alpukat, kacang serta ikan yang mengandung lemak baik, merupakan pilihan cemilan sehat yang perlu dikonsumsi oleh anak karena memberikan rasa kenyang yang cukup lama. Berbeda dengan makanan junk food yang penuh dengan kalori dan tanpa kebaikan nutrisi yang membuat anak bisa menghadapi masalah kesehatan.
  • Kamu perlu menyajikan makanan sehat anak ini di atas piring agar bisa melihat apa dan sudah berapa banyak makanan yang dimakan. Ini juga melatih kebiasaan baik karena makan cemilan yang dibungkus bisa membuat anak terbiasa makan sambil berjalan dan kebiasaan yang tidak baik lainnya. Penting juga untuk memperhatikan kondisi kesegaran cemilan sehat yang kamu siapkan dengan memasukkannya ke dalam kotak bekal terinsulasi.
  • Kamu juga perlu menyiapkan stok untuk beberapa hari ke depan di beberapa tempat. Salah satunya seperi stok cemilan di dapur, di tempat buah, di kulkas, di mobil, di tas bayi dan di tempat lainnya dengan cemilan sehat saja. Hal ini bisa mencegah dorongan untuk mengurangi konsumsi makanan yang mengandung gula dan lemak.
  • Jangan memberikan cemilan yang terlalu manis dan lengket yang bisa membahayakan kesehatan gigi anak. Jika anak suka makanan manis, ganti gula olahan tersebut dengan pemanis alami seperti madu, sirup maple, sari buah, dan sejenisnya. Berikan anak makanan sehat yang bisa membantu memperbanyak produksi air liur karena baik untuk pertahanan alami pembusukan gigi.

Cemilan Sehat untuk Anak

cemilan sehat untuk anak

1. Sereal

Manfaat yang diberikan sereal diketahui memang sangat banyak. Manfaat tak terbatas ini diantaranya bisa menurunkan kadar kolesterol darah, dan juga meningkatkan kesehatan secara keseluruhan. Tetapi, perlu diperhatikan juga sereal yang diberikan kepada anak. Sereal yang mengandung tinggi gula tentu tidak baik untuk kesehatan anak.

2. Buah

Pilihan cemilan populer bagi orang tua dan anak-anak adalah buah. Perlu diketahui bahwa anak-anak membutuhkan 1.5 cangkir buah setiap harinya. Selain buah segar, anak juga bisa diberikan buah kering sebagai alternatif. Perhatikan label kemasan buah segarnya, jika mengandung gula, sebagian besar tidak mengalami perubahan nilai gizi.

3. Selai kacang tanpa pemanis

Tahukah kamu bahwa selai gula ternyata mengandung serat dan protein yang baik buat kesehatan. Jika anak kamu tidak memiliki masalah khusus seperti alergi , misalnya, terhadap kacang, kamu bisa memberikan cemilan sehat ini untuk buah hati. Tetapi usahakan selai kacang tidak mengandung gula atau pemanis lainnya. Sajikan selai kacang dengan roti agar semakin mengenyangkan.

4. Sayuran

Sayuran biasanya memang kurang menarik sehingga sulit untuk dimakan oleh anak-anak. Agar sayuran menjadi pilihan utama bagi anak, pastikan agar sayuran mendominasi isi kulkas. Agar saat anak membuka lemari pendingin, yang dilihat hanyalah sayuran. Pootong sayur kecil-kecil agar mudah dimakan si buah hati.

5. Cake dengan buah

Anak-anak pasti menyukai cake. Ini bisa dijadikan sebagai menu cemilan sehat untuk anak dengan membuat cake rendah gula. Kamu juga bisa mengkreasikannya dengan memasukkan buah-buahan dalam adonan dan dijadikan topping.

6. Pizza sehat

Pizza bisa juga menjadi cemilan sehat lho. Kamu bisa membuat sendiri pizza dengan roti gandum utuh. Lalu olesi saus pizza, keju rendah lemak, serta sayuran kesukaan.

7. Popcorn

Popcorn merupakan hasil olahan dari biji jagung utuh yang kaya akan serat. Menurut penelitian, biji-bijian ini bisa mengurangi kemungkinan terkena penyakit jantung dan diabetes. Hanya saja, popcorn kebanyakan diselimuti oleh mentega dan garam yang membuatnya kurang sehat dikonsumsi anak.

Jadi, kamu bisa membuat popcorn sendiri yang juga menarik selera dengan taburan kayu manis atau bubu bawang putih. Atau bisa juga dengan menambahkan popcorn polos dalam cemilan sehat buah dan kacang kering buat sang anak. Selamat mencoba!

Related posts
Gaya HidupKebugaran

Olahraga dengan Barbel untuk Pemula

Diet & NutrisiGaya Hidup

Hati-hati Memilih Salad Sayur untuk Diet

Gaya HidupKebugaranWanita

8 Olahraga untuk Payudara Kencang Alami

Bayi & Anak-AnakIbu & BayiKesehatan

Pencegahan dan Penanganan Ruam Air Liur Pada Bayi