Diet & NutrisiGaya Hidup

Diet DEBM; Pola Diet Baru yang Menyenangkan

diet DEBM

Berat tubuh ideal dan sehat tentu menjadi idaman bagi semua orang. Untuk mencapai hal ini, ada bermacam-macam cara yang ditempuh mulai dari menganut gaya hidup sehat, meningkatkan frekuensi berolahraga, hingga menempuh pola diet demi menurunkan berat badan ke angka ideal. Pola diet pun sangat beragam, tak terkecuali yang tengah populer akhir-akhir ini yakni diet DEBM. Artikel berikut akan mengulas secara lebih rinci mengenai pola diet DEBM.

Apa itu Diet DEBM?

diet DEBM

Diet DEBM menjadi populer di kalangan masyarakat Indonesia setelah muncul klaim bahwa dengan metode diet yang satu ini, banyak orang berhasil menghilangkan sebanyak dua kilogram kelebihan berat badannya dalam waktu yang cukup singkat yakni hanya dalam seminggu saja. DEBM merupakan singkatan dari Diet Enak Bahagia Menyenangkan. Uniknya, pola diet ini dipopulerkan oleh seseorang yang tidak berasal dari dunia medis sebagaimana penganjur pola diet lainnya.

Pencetus Diet DEBM

diet DEBM

Robert Hendrik Liembono, pencetus diet DEBM ini berbekal ilmu yang ia dapatkan melalui internet dan menerapkannya pada dirinya sendiri yang kala itu mengalami lonjakan berat badan dari 78 kilogram ke 107 kilogram. Berhasil kembali ke angka ideal 75 kilogram dengan pola diet DEBM, ia pun membagikan pengalamannya ini melalui media sosial.

Testimoni dari Robert ini pun memantik respon positif, terbukti dengan banyaknya jumlah orang yang mengikuti pola dietnya dan mendapatkan hasil yang memuaskan. Diet DEBM pun akhirnya viral dan melejit popularitasnya hingga menarik jutaan pengikut di akun media sosial Hendrik. Tak hanya itu, buku mengenai diet DEBM yang ditulis langsung oleh sang pencetus pola diet laris diburu hingga dicetak ulang sebanyak 4 kali sampai saat ini.

Pola Diet DEBM

diet DEBM

Sesuai dengan namanya, diet DEBM ini memungkinkan pelakunya untuk bisa makan enak, tidak seperti metode diet lain yang kerap memaksa pelakunya untuk menahan rasa lapar yang cukup menyengsarakan. Dengan metode diet ini, pelaku bisa leluasa mengonsumsi apapun yang menjadi favorit mereka dengan kuantitas yang juga semau mereka, namun tetap harus memerhatikan dan sesuai dengan prinsip-prinsip dasar dari metode diet DEBM yakni jenis makanan yang mengandung kadar karbohidrat rendah, tinggi protein, dan juga tinggi lemak.

Dalam pola diet ini, karbohidrat dianggap sebagai ‘musuh’ karena dituding merupakan penyebab seseorang mengalami kelebihan berat badan atau kegemukan. Sebab, karbohidrat merupakan unsur yang menyumbang jumlah kalori besar, terutama jika porsinya banyak. Kuantitas karbohidrat yang semakin bertambah sama dengan semakin meningkatnya jumlah kalori dalam tubuh.

Baca Juga:

Tanpa aktivitas fisik yang seimbang, maka kalori yang masuk ini lama-lama akan mengendap dan bertumpuk di dalam tubuh. Hal inilah yang memicu terjadinya kegemukan alias obesitas pada seseorang. Oleh karenanya, diet DEBM ini berfokus pada mengurangi konsumsi karbohidrat harian.

Sebagai gantinya, pelaku diet DEBM bisa mengonsumsi makanan yang tinggi kandungan protein hewani di pagi dan malam hari, ataupun makanan yang tinggi lemak seperti misalnya jenis makanan yang digoreng, untuk memenuhi kebutuhan energi yang tidak didapat dari karbohidrat.

Makanan yang Dianjurkan dalam Diet DEBM

diet DEBM

Dengan mengacu pada prinsip-prinsip dasar dari diet DEBM, berikut adalah jenis makanan yang dianjurkan untuk dikonsumsi oleh para pelaku diet DEBM.

1. Telur

Mengandung protein hewani yang cukup tinggi, tak heran jika telur menempati list makanan yang dianjurkan untuk dikonsumsi oleh para pelaku diet DEBM. Dalam metode diet ini, kamu bisa menikmati aneka sajian telur termasuk yang digoreng sekalipun, berbeda dengan metode diet lain yang biasanya hanya membolehkan telur dalam bentuk rebus atau kukus.

2. Ikan

Semua jenis ikan merupakan makanan yang direkomendasikan untuk masuk dalam daftar sajian diet DEBM yang kamu lakukan. Terutama ikan jenis tuna dan salmon. Kedua jenis ikan ini sangat disarankan karena kandungan lemaknya yang cukup tinggi sehingga mampu menjadi pengganti dari karbohidrat.

3. Daging sapi dan unggas

Suka steak, bakso, atau mungkin bebek goreng? Tak perlu khawatir, dengan diet DEBM, semua makanan lezat ini masuk dalam daftar makanan yang dianjurkan untuk dikonsumsi. Tidak ada batasan konsumsi daging merah ataupun daging unggas sebagaimana diet-diet lainnya, jadi tak perlu khawatir tidak bisa lagi menyantap makanan lezat berbahan dasar daging, ya.

4. Susu dan produk turunannya

Susu bikin gemuk? Di diet DEBM, jawabannya adalah tidak. Konsumsi susu dan produk turunannya seperti yoghurt, keju, mentega, ataupun krim sangat dibolehkan, bahkan dianjurkan. Say hello to your favorite cheese!

5. Alpukat

Alpukat menjadi satu-satunya buah yang dianjurkan untuk dikonsumsi bagi para pelaku diet DEBM. Buah-buahan lain mayoritas mengandung karbohidrat yang merupakan pantangan utama dalam diet DEBM ini, sementara alpukat justru tinggi akan kandungan lemak nabati sehingga sangat dianjurkan bagi para pelaku diet DEBM.

Pantangan dalam Diet DEBM

diet DEBM

Setelah mengetahui jenis makanan apa saja yang dianjurkan, kita juga harus mengetahui makanan apa saja yang menjadi pantangan dalam pola diet ini. Berikut ulasannya.

1. Nasi, pasta, sereal, mie, roti, dan makanan bertepung lainnya

Tentu saja deretan makanan diatas masuk dalam daftar pantangan diet DEBM, sesuai dengan prinsip dasar diet ini yakni menghindari konsumsi karbohidrat. Nasi dan sejenisnya serta makanan bertepung ini memang mengandung karbohidrat sehingga kerap disantap sebagai makanan pokok karena sifatnya yang mengenyangkan.

Hmm, agak berat juga ya untuk membiasakan diri tidak menyantap nasi karena mayoritas masyarakat Indonesia memiliki prinsip ‘belum makan jika belum makan nasi.’

2. Pemanis

Tidak hanya gula, jenis pemanis lain seperti madu dan sirup maple yang biasanya masih masuk dalam daftar aman untuk jenis diet lainnya, sangat dilarang untuk dikonsumsi oleh pelaku diet DEBM. Pantangan konsumsi gula ini juga berlaku untuk minuman manis seperti misalnya teh manis, jus, ataupun soda.

3. Sayuran dengan kandungan pati yang tinggi

Jenis makanan yang masuk dalam pantangan ini tentu akan membuat banyak orang mengernyitkan dahi. Pada umumnya, segala jenis sayuran merupakan makanan yang dianjurkan untuk membuat tubuh mencapai angka ideal, namun tidak pada diet DEBM.

Beberapa jenis sayur yang mengandung pati dalam jumlah yang cukup tinggi masuk dalam daftar makanan yang pantang dikonsumsi, seperti misalnya kentang, ubi, bit, serta labu.

4. Buah tinggi karbohidrat

Buah-buahan seperti pisang, pepaya, melon, serta semangka yang kaya akan kandungan karbohidrat jelas masuk dalam daftar pantangan bagi para pelaku diet DEBM.

Itu dia ulasan mengenai diet DEBM beserta jenis makanan yang dianjurkan dan dipantang. Meski pelopor diet ini tidak menyarankan metode diet dibarengi dengan olahraga yang seimbang, ada baiknya untuk tetap berolahraga demi menjaga kesehatan tubuh.

Bila tubuhmu memiliki kondisi khusus seperti riwayat penyakit ataupun alergi, sebaiknya berkonsultasilah dengan dokter atau ahli gizi sebelum menerapkan pola diet ini. Selamat mencoba!

Related posts
Gaya HidupKebugaran

Olahraga dengan Barbel untuk Pemula

Diet & NutrisiKecantikanRambut

12 Makanan untuk Rambut Sehat

Diet & NutrisiGaya Hidup

Hati-hati Memilih Salad Sayur untuk Diet

Gaya HidupKebugaranWanita

8 Olahraga untuk Payudara Kencang Alami