Diet & NutrisiGaya Hidup

Mengenal Diet IU; Turun 5 Kg dalam Seminggu. Amankah?

diet IU

Tubuh yang sehat bisa didapatkan dengan rutin berolahraga. Tapi jika kamu memiliki berat badan berlebih, diet seringkali menjadi pilihan. Alasannya karena kalau kamu serius melakukan program diet, berat badanmu akan cepat turun. Ada juga program diet yang dikenal mampu mengurangi berat badan hingga jumlah tertentu.

Baca Juga:

Jadi ada banyak jenis program diet. Salah satu yang sedang ramai diperbincangkan saat ini diet IU. IU adalah seorang artis wanita dari Korea Selatan. Diet ini diklaim dapat menurunkan berat badan seseorang sebanyak 5 kg hanya dalam waktu satu minggu saja! Terdengar cukup ekstrim, lalu apakah aman menjalankan diet ini?

Seberapa Ekstrim Diet IU?

diet IU

Benarkah diet IU ekstrim? Bagaimana sistem diet ini hingga dapat mengurangi berat badan dalam waktu singkat? Sebelum kamu ikut melakukannya, lebih baik pelajari baik-baik itu dulu ya.

1. Mengapa IU Lakukan Diet Ekstrim?

Pertama-tama, kamu perlu pahami dulu bahwa Korea Selatan dikenal sebagai negara yang warganya sangat memperhatikan penampilan. Umumnya, tubuh ideal dan kecantikan wajah menjadi impian orang Korea. Bahkan jika kamu misalnya seorang public figure, berat badan yang ideal menjadi salah satu tuntutan pekerjaan. Karena itulah IU juga melakukan diet khusus untuk menjaga berat badannya.

IU atau artis bernama Lee Ji Eun melakukan diet yang ekstrim. Jumlah dan jenis makanan yang dikonsumsi IUsangat terbatas. Karena itu, perlu juga kamu tahu kalau diet IU tidak dapat dilakukan dalam jangka waktu yang lama. IU melakukannya hanya 5 hari. Dikatakan ekstrim karena IU sendiri pernah mengalami Bulimia sebelum menerapkan ini, karena keinginan besarnya untuk mempertahankan berat badan.

Alasan IU melakukan diet ini juga perlu kamu pertimbangkan. Jangan hanya memikirkan hasilnya saja ya. Coba pikirkan baik-baik apakah kamu benar-benar perlu melakukannya? Jika kamu merasa tertuntut, ada baiknya untuk mengkonsultasikan ini pada dokter terlebih dulu.

2. Bagaimana Sistem Diet IU?

Ingat, diet IU termasuk jenis diet yang ekstrim. Jadi sebenarnya kamu tidak disarankan untuk terus melakukan ini. Sangat penting jika kamu mengonsultasikannya dulu dengan dokter yang sangat memahami kebutuhan gizi untuk tubuhmu. Tetapi kira-kira begini gambarannya. Ada tiga jenis makanan yang dikonsumsi IU selama satu hari, kira-kira setara 700 kalori.

Pada diet IU, kamu tetap perlu rutin makan tiga kali dalam sehari. Tujuannya karena tubuh membutuhkan energi agar dapat beraktivitas. Saat sarapan, kamu hanya memakan satu buah apel. Di siang hari, ganti menu makan dengan ubi sebanyak satu sampai dua buah. Malam hari beda lagi, saat menjalani diet IU, menu makananmu adalah satu gelas susu protein atau protein shake.

Tapi sebenarnya tidak hanya itu yang dilakukan IU untuk mendapatkan tubuh yang ideal. IU juga melakukan olahraga rutin di setiap harinya loh. Perpaduan olahraga dan makanan yang menjadi nutrisinya, sekali lagi diklaim dapat mengurangi berat badan 5 kg dalam satu minggu.

3. Apa Resiko Diet IU?

Diet IU sebenarnya kurang aman diterapkan dalam tubuhmu, apalagi jika kamu tidak berkonsultasi dengan dokter dulu sebelumnya. Tidak hanya diet IU, diet lain yang dilakukan artis dari Korea Selatan, umumnya termasuk jenis diet yang ekstrim. Sehingga jika dilakukan akan memicu timbulnya bermacam penyakit.

Walaupun hasilnya terdengar memuaskan, kamu tidak dianjurkan melakukan diet jika memiliki berbagai resiko gangguan kesehatan. Diet IU bisa menyebabkan defisiensi gizi. Karena ada pemangkasan jumlah kalori di situ. Ketika tubuh yang sehat membutuhkan asupan kalori 1200 hingga 1500 dalam sehari, diet ini hanya mampu memberikan tambahan kalori sebesar 700 saja. 

Jika melihat jumlah kalori yang disebutkan di atas, artinya tubuh bisa kekurangan energi. Alhasil, proses metabolisme dalam tubuh juga akan terganggu tanpa kamu sadari. Diet yang baik adalah diet yang mempertimbangkan keseimbangan asupan gizi berupa protein, lemak, sampai karbohidrat. Selain kekurangan jumlah kalori, diet IU juga akan membuat tubuhmu lemah sebab kurangnya gizi itu.

Bagaimana Diet yang Baik?

diet IU

Tadi sudah disebutkan, diet yang baik untuk dilakukan adalah diet yang memperhatikan jumlah kalori dan gizi tubuhmu. Karena itu, diet yang baik akan berhasil jika didukung dengan gerakan olahraga yang rutin dilakukan setiap harinya. Kalori dapat dikurangi tanpa mengurangi gizi secara ekstrim.Ada banyak jenis makan bergizi yang rendah kalori toh?

Sebagai contoh, ini bisa kamu lakukan dengan perlahan dan bertahap. Nasi putih digantikan dengan nasi merah. Pilih lauk berupa ikan, tahu, atau tempe saja dengan mulai mengurangi daging merah. Kurangi juga makanan berminyak dengan memilih makanan yang dikukus, bukan yang digoreng. Itu baru sebagian contoh saja ya, kamu bisa menanyakan langsung ke dokter variasi makanan sehat kalori rendah.

Kesimpulannya, hindari diet ekstrim, sekalipun itu dilakukan oleh idolamu seperti diet IU. Utamakan kesehatan, daripada nantinya kamu menyesal ya. Yang penting, hiduplah dengan senang dan cintai dirimu sendiri. Jujur saja, tidak sedikit yang terobsesi memiliki tubuh ideal karena lebih memikirkan komentar orang dibandingkan kebahagiaan sendiri. 

Related posts
Gaya HidupKebugaranPria

5 Gerakan Senam Kegel untuk Pria

Diet & NutrisiGaya Hidup

Ini Dia Cara Diet yang Benar!

Diet & NutrisiKesehatan

12 Makanan Pereda Sakit Tenggorokan

Gaya HidupKebugaran

Gerakan Dasar dan Manfaat Senam Aerobik