Gaya HidupKebugaran

10 Gerakan Yoga untuk Mengecilkan Perut

gerakan yoga untuk mengecilkan perut

Yoga dipercaya sebagai salah satu olahraga yang baik untuk menurunkan berat badan dan mendapatkan tubuh yang ideal. Gerakan-gerakan yang dilakukan saat yoga memang mampu untuk mengencangkan otot dan membakar lemak, khususnya di perut, pahan, dan pinggul.

Namun, agar lebih maksimal dalam mendapatkan manfaat tersebut, kamu harus mengetahui lebih dulu apa saja gerakan yoga untuk mengecilkan perut, paha, dan bagian tubuh lain.

Baca Juga:

Di artikel ini, Okadoc Indonesia akan membahas secara spesifik gerakan yoga yang ampuh membakar lemak di perut, yaitu area yang paling mudah menimbun lemak dan paling susah dihilangkan karena perut merupakan organ tubuh yang jarang dipakai untuk bergerak. Hanya melalui olahraga yang terpusat mengolah otot perutlah, seseorang bisa intensif membakar lemak di daerah tersebut.

Salah satu caranya adalah dengan melakukan yoga. Dari mulai tingkat dasar hingga yang sulit, gerakan yoga banyak melibatkan peregangan otot perut. Makanya, olahraga ini merupakan cara paling ampuh apabila kamu ingin mendapatkan perut yang rata dan indah.

Ingin tahu gerakan yoga untuk mengecilkan perut? Ini dia daftar 10 gerakan yoga yang bisa kamu coba.

1. Tadasana

gerakan yoga mengecilkan perut Tadasana

Inilah gerakan paling mudah yang ampuh menjauhkanmu dari perut buncit. Gerakan ini cocok dilakukan seandainya kamu adalah pemula yang belum punya pengalaman melakukan yoga sebelumnya. Seperti apa cara melakukannya? Ini langkah-langkahnya:

  • Berdiri dengan kedua kaki rapat
  • Regangkan kedua tangan ke atas
  • Dorong tubuh ke atas hingga kaki berjinjit sambil menarik nafas
  • Tahan 10 detik lalu kembalilah menapak seraya mengembuskan nafas
  • Lakukan gerakan ini 10-15 kali dalam satu kali sesi latihan harian rutin

2. Padahastasana

gerakan yoga mengecilkan perut padahastasana

Gerakan ini juga dimulai dengan posisi berdiri. Pada gerakan ini, perut akan mengalami tekanan ke dalam. Jika dilakukan dengan benar dan rutin, gerakan ini mampu mempercepat proses pembakaran lemak di perut. Bukan hanya itu, karena gerakannya memaksamu menunduk, peredaran darah dan oksigen ke otak akan semakin lancar. Ini langkah yang bisa kamu ikuti:

  • Berdiri tegak dengan dua kaki rapat
  • Regangkan tangan ke atas setinggi mungkin sembari menarik nafas
  • Kemudian, turunkan tangan ke bawah hingga menyentuh ujung-ujung jari kaki sambil membuang nafas pelan-pelan
  • Pertahankan posisi ini selama beberapa detik dan ulangi

3. Vrksasana

gerakan yoga mengecilkan perut Vrksasana

Gerakan ini menekankan pada keseimbangan tubuh, namun bagus juga untuk mengencangkan perut bagian samping. Saat melakukan gerakan ini, beban tubuhmu hanya akan bertumpu pada sebelah kaki. Karena itu, pastikan untuk berhati-hati agar tidak jatuh dan ikuti cara-cara berikut:

  • Berdiri tegak dengan kaki sejajar
  • Angkat perlahan sebelah kaki hingga telapaknya menyentuh bagian dalam paha di sebelahnya
  • Rentangkan kedua tangan ke samping dan tarik perlahan sampai kedua telapak tangan bertemu di depan dada. Lakukan ini sambil menarik nafas
  • Dorong tangan bersamaan ke atas setinggi yang kamu bisa sembari membuang nafas
  • Ulangi 3-5 kali, lalu tukar kaki tumpuan dan kembali ke gerakan awal

4. Chaturanga Dandasana

gerakan yoga mengecilkan perut Chaturanga Dandasana

Gerakan ini bukan cuma dapat mengecilkan perut, tetapi juga mengencangkan otot bagian tubuh lain seperti betis, lengan, dan bahu. Gerakan ini agak tricky, untuk mendapatkan hasil yang maksimal kamu harus memastikan kaki, bokong, punggung, leher, dan kepala belakang berada dalam satu garis lurus. Ini dia langkah-langkah melakukannya:

  • Posisikan dirimu seakan-akan ingin melakukan push up
  • Letakkan tumpuan pada telapan tangan dan bagian ujung kaki
  • Angkat dagu hingga pandangan menghadap ke depan
  • Pastikan kaki, bokong, punggung, leher, dan kepala belakang lurus sejajar
  • Rasakan tarikan pada perut
  • Cobalah untuk bernafas dalam posisi ini dan tahan selama 1 menit

5. Marjarasana

gerakan yoga mengecilkan perut Marjarasana

Inilah gerakan yang berfokus pada otot perut dan punggung. Gerakan satu ini termasuk gerakan mudah yang bisa dilakukan siapa saja di mana saja. Bila gerakan ini dilakukan dengan benar, efeknya sangat baik pada tubuh bagian pusat. Ikuti langkah-langkah ini untuk memulainya:

  • Ambil posisi merangkak
  • Pastikan posisi tangan yang menumpu sejajar dengan bahu
  • Sejajarkan juga lutut dengan pinggang
  • Sambil menarik nafas, angkatlah bokong ke atas hingga perut tertarik
  • Tahan selama 5 detik lalu hembuskan nafas seiring menurunkan posisi perut dan menengadahkan kepala
  • Pertahankan posisi tubuh melengkung ke atas ini selama 5 detik dan ulangi gerakan awal

6. Pavanamuktasana

gerakan yoga mengecilkan perut Pavanamuktasana

Gerakan yoga untuk mengecilkan perut selanjutnya bernama pavanamuktasana. Gerakan ini bukan hanya mudah untuk dilakukan, melainkan juga sangat nyaman untuk dicoba. Kamu bisa melakukannya sambil bermalas-malasan di kasur jika kamu mau.  Berikut langkah-langkahnya:

  • Berbaringlah telentang di kasur
  • Angkatlah kepala dan tarik satu kaki mendekati wajah sambil menghirup nafas
  • Ketika kamu berhasil mencium lutut, embuskan nafas ke luar
  • Tahan posisi ini selama 30 detik lalu ulangi dengan mencium lutut kaki yang lainnya

7. Bhujangasana

gerakan yoga mengecilkan perut Bhujangasana

Gerakan ini bukan sekadar bagus untuk merampingkan perut, tetapi juga melatih otot leher belakang dan punggung. Apabila kamu sering mengeluhkan sakit pada bagia punggung, gerakan ini juga patut kamu coba.

Sama seperti gerakan sebelumnya, gerakan ini juga termasuk salah satu gerakan yang mudah dan nyaman untuk dilakukan. Bahkan kamu tidak perlu meninggalkan kasurmu untuk menjajalnya. Caranya adalah sebagai berikut:

  • Berbaringlah tengkurap dengan kedua telapak tangan menekan ke bawah di sisi luar dada
  • Sambil menarik nafas, angkat tubuh bagian atas hingga lengan lurus sempurna
  • Dorong kepala ke belakang sampai punggung melengkung ke bagian dalam
  • Tahan selama 30 detik – 1 menit
  • Buang nafas saat kamu kembali ke gerakan awal
  • Ulangi 5-10 kali

8. Dhanurasana

gerakan yoga mengecilkan perut Dhanurasana

Gerakan yoga untuk mengecilkan perut selanjutnya biasa disebut dengan gerakan perahu. Pasalnya, posisi tubuh saat melakukan gerakan ini memang menyerupai perahu. Sama seperti pada gerakan Bhujangasana, gerakan Dhanurasana ini juga ampun untuk menarik otot perut. Dengan begitu, lemak-lemak yang ada di bagian tersebut bisa dibakar sempurna. Ikuti langkah-langkah di bawah untuk mempraktikkannya:

  • Berbaringlah tengkurap
  • Angkat lutut ke atas dan ulurkan tangan ke belakang hingga bisa memegang pergelangan kaki
  • Pastikan seluruh tubuh bertumpu hanya pada perut
  • Angkat pandangan ke atas hingga kepala terdongak
  • Tahan selama 1 menit lalu ulangi dari awal

9. Naukasana

gerakan yoga mengecilkan perut Naukasana

Masih sama seperti yang tadi, gerakan yang satu ini diawali dengan gerakan dasar berbaring. Meskipun gerakannya simpel, Naukasana efetif untuk mengencangkan otot perutmu. Ingin mencoba? Ikuti langkah-langkahnya:

  • Berbaringlah lurus dengan kedua tangan rata di samping
  • Angkat tangan, kaki, bahu, dan kepala secara perlahan sambil menarik nafas
  • Pastikan kaki dan tangan lurus sejajar terentang saat diangkat
  • Pertahankan posisi ini selama mungkin
  • Ulangi dari awal

10. Uttanpadasana

gerakan yoga mengecilkan perut Uttanpadasana

Ini dia gerakan yoga untuk mengecilkan perut terakhir di daftar ini. Gerakan ini bermanfaat untuk mengecilkan perut dan merampingkan betis dan paha. Caranya pun masih semudah yang sudah dibahas sebelumnya. Ikuti langkah-langkah berikut untuk mencobanya:

  • Berbaring telentang dengan kedua lengan lurus di sisi luar tubuh
  • Sambil menarik nafas pelan-pelan angkat kaki hingga ujung jarinya tegak lurus menghadap langit
  • Tahan selama beberapa detik kemudian turunkan kaki ke posisi semula saat kamu membuang nafas
  • Lakukan gerakan 5-10 kali

Itulah 10 gerakan yoga untuk mengecilkan perut yang mudah untuk kamu lakukan di rumah. agar mengurangi risiko cedera, lakukan gerakan tadi sehabis pemanasan. Sebelum memulai sesi, kamu bisa melakukan peregangan ringan. Selain itu, beri jeda sekitar 2 jam antara waktu makan dan latihan supaya tekanan pada perut yang terjadi saat kamu melakukan gerakan di atas tak membuat perutmu mual atau bahkan muntah.

Related posts
Diet & NutrisiGaya Hidup

6 Cara Minum Lemon untuk Diet

Gaya Hidup

11 Cara Mengobati Diare dengan Cepat

Gaya HidupKebugaran

13 Cara Menurunkan Berat Badan yang Sehat dan Aman

Diet & NutrisiGaya Hidup

Tips Memilih Menu Sarapan Diet yang Mengenyangkan