Gaya HidupKebugaran

HIIT Cardio Untuk Pemula

olahraga HIIT untuk pemula

Banyak pilihan jenis olahraga yang bisa kamu pilih untuk mendapatkan bentuk tubuh yang ideal. Salah satu jenis olahraga yang sedang naik daun dan disukai banyak orang akhir akhir ini adalah HIIT Cardio. Dikenal sebagai salah satu opsi untuk mendapatkan hasil maksimal dalam waktu yang terbilang singkat, HIIT Cardio menjadi favorit banyak orang.

Baca Juga:

HIIT Cardio adalah singkatan dari High Intensity-Interval Training. HIIT Cardio menawarkan metode latihan yang efektif dan efisien untuk kamu yang ingin menurunkan berat badan. Cara kerja HIIT Cardio workout cukup sederhana, yakni menggabungkan gerakan kardio dengan intensitas tinggi dan sedang pada interval tertentu.

Informasi Penting Seputar HIIT Cardio

HIIT Cardio

Bagi kamu yang tertarik untuk mencoba HIIT cardio workout ini, berikut Okadoc punya informasi penting seputar olahraga yang satu ini.

1. Latihan hanya 10-12 menit tiap sesi

Beberapa gerakan yang biasa dipraktekkan pada latihan HIIT cardio adalah lari sprint selama 30-40 detik lalu diteruskan dengan gerakan jogging atau jalan cepat selama 15-20 detik. Ulangi step by step lari sprint dan jalan cepat atau jogging beberapa kali selama 12 menit atau hingga staminamu terasa sudah habis.

Tidak hanya bisa diaplikasikan dengan cara berlari, metode workout HIIT cardio pemula juga bisa diterapkan dengan alat alat olahraga seperti treadmill, sepeda fitness ataupun pada saat kamu berenang.

2. Gunakan personal trainer

Pada umumnya, metode HIIT cardio dapat dilakukan oleh yang masih awam sekalipun. Caranya adalah dengan melihat tutorial di youtube ataupun aplikasi pada smartphone. Kamu bisa melakukan gerakan gerakan yang dicontohkan tanpa harus didampingi oleh personal trainer.

Namun jika kamu lebih suka didampingi oleh personal trainer pada saat melakukan HIIT cardio workout, tentunya banyak pilihan tempat tempat kebugaran yang sudah memiliki kelas kelas HIIT cardio yang bisa kamu ikuti.

Dengan adanya personal trainer kamu bisa lebih yakin gerakan yang dilakukan telah sesuai dengan yang seharusnya dan kamu merasa diawasi sehingga bisa lebih maksimal melakukan gerakan HIIT cardio.

3. Kuncinya adalah kombinasi gerakan intens singkat

Durasi olahraga HIIT cardio memang terbilang singkat jika dibanding jenis olahraga lainnya. Namun dengan kombinasi gerakan workout yang berat dan intens yang diselingi dengan cool down singkat, HIIT cardio workout terbukti bisa membakar lebih banyak lemak dan meningkatkan stamina tubuh.

Selain intensitas gerakan yang maksimal, HIIT cardio biasanya juga menuntut kamu untuk memanfaatkan seluruh tubuh ketika melakukan gerakan-gerakan. Kamu bahkan bisa membagi gerakan workout untuk tubuh bagian atas, core atau tubuh bagian tengah, dan tubuh bagian bawah dengan metode yang berbeda untuk masing-masing bagian.

4. Jangan lupa selalu lakukan pemanasan

Gerakan HIIT yang didominasi oleh gerakan intensitas tinggi akan membuat kamu cepat merasa lelah. Oleh karena itu, jangan pernah melewatkan gerakan pemanasan sebelum memulai olahraga HIIT cardio. Gerakan pemanasan yang lambat tapi terkontrol akan membantu olahraga HIIT cardio kamu mencapai hasil yang lebih maksimal.

5. Jangan lakukan HIIT terlalu berlebihan

Lama waktu berolahraga tidak menentukan hasil yang akan didapatkan. Olahraga HIIT cardio hanya memakan waktu 4-20 menit. Jika kamu ingin menambahkan durasi olahraga bisa hingga maksimal 30 menit namun tidak disarankan untuk melakukan lebih dari 30 menit karena hasil yang didapat tidak akan sama jika melakukan gerakan workout sesuai waktu yang direkomendasikan.

Lakukan olahraga HIIT cardio secara bertahap, 2-3 kali dalam seminggu. Jangan memaksakan diri untuk berolahraga HIIT cardio workout non-stop setiap hari, ciptakan rutinitas yang sehat namun tidak terlalu memforsir tubuh untuk bekerja terlalu keras. Jangan sampai kamu malah mengalami cedera akibat memaksakan olahraga terlalu sering.

6. Bangun tahapan latihan dari step ringan hingga berat

HIIT cardio memiliki banyak variasi gerakan workout. Selalu mulai dari gerakan gerakan yang mudah terlebih dahulu lalu kamu bisa sedikit demi sedikit menaikkan tingkat kesulitan gerakan secara bertahap.  

Jangan terburu-buru memilih gerakan kompleks di latihan pertama karena bisa meningkatkan resiko cedera. Dengan membangun perlahan tingkat kesulitan olahraga kamu bisa menyelesaikan rangkaian olahraga HIIT cardio dan mendapat hasil yang maksimal.

Jika kesulitan menentukan gerakan mana yang lebih mudah, kamu bisa mencoba cari referensi gerakan HIIT cardio pemula di youtube maupun aplikasi olahraga favoritmu.

7. Lakukan dengan konsisten untuk hasil yang maksimal

Walaupun HIIT cardio bisa menurunkan berat badan secara efektif dan efisien, hasilnya tidak akan didapat secara instan apabila kamu hanya melakukan olahraga HIIT satu atau dua kali saja. Konsisten menerapkan metode latihan tentu penting untuk mencapai hasil yang diinginkan.

Jika belum pernah melakukan olahraga sama sekali, kamu bisa mulai dengan olahraga satu kali dalam satu minggu, lalu perlahan-lahan menambah waktu olahraga menjadi 2-3 kali dalam seminggu sehingga tubuh kamu bisa semakin terbiasa.

Selain meningkatkan stamina, olahraga dengan intensitas tinggi seperti HIIT cardio juga terbukti meningkatkan hormone endorphine dan membuat mood kamu lebih baik.

Manfaat Melakukan HIIT Cardio

Selain efektif membakar lemak tubuh, gerakan dan metode HIIT cardio didesain untuk meningkatkan stamina dan metabolism tubuh kamu. Tidak hanya itu, latihan intens dengan variasi gerakan HIIT bisa membantu perkembangan fast twitch fiber atau serabut otot cepat yang berfungsi untuk meningkatkan memori otot, power dan kecepatan.

Berikut manfaat HIIT cardio yang dirasakan tubuh setelah olahraga intensif :

  • Pembakaran lemak maksimal : proses pembakaran lemak tidak hanya terjadi pada saat kamu melakukan olahraga HIIT dalam waktu 20 menit saja, tapi akan terus berlangsung bahkan hingga 24 jam setelah latihan, menurut pakar olahraga dari Baylor College of Medicine (Texas,1996). Jumlah lemak yang bisa dibakar pun 6 kali lipat lebih banyak dibanding berlatih kardio biasa selama 40 menit
  • Bakar 100 atau lebih kalori : selain lemak tubuh, kalori berlebih pada tubuh pun bisa dikurangi hingga 10% dan mengurangi kemampuan tubuh untuk menyimpan lemak
  • Mengurangi enzim lemak : untuk dampak jangka panjang, HIIT cardio workout juga membantu menurunkan 100% enzim yang memproduksi lemak. Tingkat penurunan ini jauh lebih maksimal dibandingkan jika kamu melakukan latihan dengan intensitas rendah atau sedang

Jadi apakah kamu tertarik untuk mulai mencoba HIIT cardio untuk mendapatkan berat badan idealmu? Ingat, tetap jaga konsistensi tapi juga tidak berlebihan dalam melakukan olahraga yang terlalu berat.  Semoga informasinya membantu ya!

Related posts
Diet & NutrisiGaya Hidup

6 Cara Minum Lemon untuk Diet

Gaya Hidup

11 Cara Mengobati Diare dengan Cepat

Gaya HidupKebugaran

13 Cara Menurunkan Berat Badan yang Sehat dan Aman

Diet & NutrisiGaya Hidup

Tips Memilih Menu Sarapan Diet yang Mengenyangkan