Gaya HidupKebugaran

Kegiatan Sehari-hari yang Efektif Bakar Kalori

bakar kalori

Kalori adalah takaran energi dalam makanan yang kita konsumsi dan menjadi komponen yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Pasalnya untuk menghasilkan energi dalam melaksanakan kegiatan sehari-hari, tubuh kita membutuhkan asupan makanan dengan takaran kalori tertentu. Namun, apa jadinya jika kita mengonsumsi makanan yang tinggi kalori dan melebihi kebutuhan energi harian tubuh kita?

Baca Juga:

Energi yang berlebih akan disimpan di dalam hati dan otot kita, hal ini untuk mencegah kurangnya energi saat kamu tidak mengkonsumsi makanan apapun dalam waktu tertentu. Namun jika kamu selalu menimbun energi berlebih yang berasal dari kalori yang dikonsumsi makan hal tersebut dapat memicu berbagai macam penyakit di dalam tubuh kamu sendiri. Sehingga kamu harus melakukan beragam aktivitas yang mampu membakar kalori tersebut.

Jika kamu terlalu sibuk beraktivitas, ada banyak kok aktivitas sehari-hari yang juga bisa bantu kamu bakar kalori! Berikut Okadoc Indonesia punya infonya untuk kamu!

1. Berjalan Kaki

bakar kalori

Jalan kaki merupakan olahraga yang paling mudah dilakukan oleh tubuh kita, pasalnya hampir setiap hari kita melakukannya, hanya saja dalam durasi yang berbeda-beda. Untuk membantu tubuh kita bakar kalori, setidaknya kita harus melakukan jalan kaki selama 30 menit per hari. Untuk pemula dapat memulai dengan jalan kaki 10 menit per hari, hal ini dilakukan untuk membiasakan tubuh dan tidak kaget.

Selain bermanfaat untuk bakar kalori, jalan kaki juga memiliki banyak manfaat lainnya seperti, meningkatkan denyut jantung sehingga jantung kamu akan lebih sehat dari sebelumnya, meningkatkan sirkulasi peredaran darah sehingga tubuh kamu akan lebih segar dan mengurangi stres, menurunkan kadar kolesterol, gula darah, dan tekanan darah tinggi. Selain olahraga gratis, jalan kaki juga bisa dilakukan kapan saja dan di mana saja sehingga kamu tetap bisa beraktivitas namun juga membakar kalori.

2. Menaiki Anak Tangga

bakar kalori

Di era modern saat ini, sudah banyak sekali teknologi yang mempermudah manusia dalam melakukan aktivitasnya, salah satunya adalah lift dan eskalator sehingga membuat kita serba mudah dan malas menaiki anak tangga. Berjalan menaiki anak tangga merupakan cara yang cukup ampuh untuk bakar kalori, pasalnya dengan menaiki anak tangga dapat membakar kalori dua sampai tiga kali lebih cepat menurut Harvard Medical School.

Selain meningkatkan kekuatan otot paha kamu, jalan menaiki anak tangga juga mampu mencegah terjadinya serang stroke dan serangan jantung serta memperindah bentuk kaki kamu. Jadi masih ingin naik lift atau memulai naik tangga mulai sekarang?

3. Berbelanja di Mall

bakar kalori

Belanja merupakan kegiatan yang menyenangkan apalagi jika hal tersebut dalam membantu tubuh kamu dalam bakar kalori yang berlebih. Hal ini mungkin terjadi karena ketika kamu berbelanja di pusat perbelanjaan, tanpa kamu sadari bahwa kamu harus berjalan kaki berkeliling untuk mencari barang yang akan kamu beli. Mendorong kereta yang penuh dengan barang belanjaan yang sudah kamu kumpulkan.

Mengangkat dan memilih barang-barang sehingga semua kegiatan tersebut mampu membakar kalori tanpa kamu sadari. Selain bahagia karena melakukan kegiatan berbelanja, kamu juga akan semakin bahagia karena sudah membakar kalori dengan cara yang menyenangkan. 

4. Bermain dengan Anak

bakar kalori

Bermain dengan anak kecil, baik anak sendiri maupun keponakan nampaknya selalu menjadi kegiatan yang menyenangkan karena anak-anak selalu bertingkah lucu dan menggemaskan. Bermain petak umpet atau bermain sepak bola merupakan aktivitas fisik yang cukup menguras tenaga sehingga kamu dapat membakar kalori dengan cepat tanpa harus melakukan olahraga yang menyiksa dan menyita waktu kamu.

Selain membakar kalori, bermain dengan anak-anak juga mampu meningkatkan ketangkaasan tubuh kamu, pasalnya kamu harus melakukan beberapa gerakan yang jarang kamu lakukan, seperti berlari, jongkok, berguling, dan melompat. 

5. Membersihkan Rumah

bakar kalori

Membersihkan rumah memang tidak selalu dilakukan setiap hari, namun setidaknya kamu akan melakukannya setiap seminggu sekali. Ada banyak sekali yang harus kamu lakukan saat membersihkan rumah, seperti mengepel, menyapu, mengelap, dan mencuci.

Kegiatan tersebut ternyata dapat membakar kalori kamu dengan cepat karena kamu dituntut melakukan berbagai aktivitas dalam waktu bersamaan. Selain mendapati rumah kamu bersih dan rapi ternyata membersihkan rumah juga dapat membakar kalori kamu dengan cepat dalam jumlah banyak lho.

Selain lima aktivitas tersebut, masih banyak aktivitas lainnya yang dapat kamu lakukan untuk membakar kalori. Namun lima aktivitas tersebut sangat mudah dan dapat kamu lakukan dalam kegiatan sehari-hari tanpa harus pergi ke pusat kebugaran. Jangan lupa untuk mengkonsumsi makanan yang bernutisi agar kamu tetap sehat dan semangat.

Perhatikan juga jumlah asupan kalori harian kamu agar semua upaya bakar kalori berlebih ditubuh kamu tidak sia-sia dan mendapatkan hasil yang maksimal. Kunjungi dokter jika kamu merasa harus mengatur menu diet kamu yang sesuai dengan kondisi tubuh kamu dan sesuai dengan target tubuh kamu. Selamat mencoba!

Related posts
Gaya HidupKebugaran

Olahraga dengan Barbel untuk Pemula

Diet & NutrisiGaya Hidup

Hati-hati Memilih Salad Sayur untuk Diet

Gaya HidupKebugaranWanita

8 Olahraga untuk Payudara Kencang Alami

Diet & NutrisiGaya Hidup

Serba Serbi Pedoman Gizi Seimbang yang Perlu Kamu Tahu