Diet & NutrisiGaya Hidup

7 Kesalahan Diet Keto yang Harus Dihindari

Kesalahan Diet Keto

Tubuh sehat dan ideal adalah impian hampir semua orang. Kamu penampilanmu akan terlihat sangat menarik. Dan kamu juga terhindar dari segala macam penyakit. Dengan tubuh seperti ini, kamu akan lebih mudah menjalani aktivitas.

Untuk mendapatkan tubuh yang sehat dan ideal, kamu bisa menjalani diet keto. Tidak seperti diet lainnya, diet ini awalnya memang diciptakan untuk menyehatkan tubuh. Yuk kita kenali lebih jauh!

Diet Keto dan Sejarahnya

Kesalahan Diet Keto

Diet keto sebenarnya kependekan dari diet ketogenik. Diet keto ini adalah pola diet yang berupaya mengurangi makanan yang mengandung karbohidrat dan lemak yang tinggi. Serupa dengan diet-diet lainnya, kamu perlu memperhatikan nutrisi pada makanan yang kamu santap sehari-hari.

Lalu apa yang membedakan diet keto dengan diet lain? Diet keto ini termasuk diet yang aman dilakukan dalam jangka panjang. Selain dapat menurunkan berat badan, diet keto juga dipercaya mampu mencegah penyakit kanker, diabetes, epilepsi dan bahkan Alzheimer.

Baca Juga:

Diet keto sendiri, dirancang oleh seorang dokter bernama Russell Wilder pada tahun 1924. Awalnya justru dilakukan untuk mengatasi penyakit epilepsi. Pada saat itu terbukti efektif. Namun di tahun 1940-an, orang-orang beralih pada obat anti kejang, bukan lagi diet keto.

Seiring berjalannya waktu, diet keto kembali populer. Bukan hanya dilihat sebagai diet pencegah bermacam penyakit, tapi justru diet untuk menurunkan berat badan. Diet keto ini termasuk diet sehat, tapi kamu harus menghindari kesalahan-kesalahan yang sering terjadi agar dietmu berhasil.

Kesalahan dalam Diet Keto

Kesalahan Diet Keto

Perhatikan beberapa kesalahan yang sering dilakukan orang yang melakukan diet keto ya. Ini sangat penting loh! Kalau kamu sembarangan, diet keto justru bisa menimbulkan masalah dalam kesehatan.

1. Terlalu banyak protein

Karena mengurangi nutrisi karbohidrat dan makanan berlemak tinggi, tidak sedikit orang yang memilih banyak makanan berprotein. Namanya nutrisi, tentu sehat dong? Kamu mungkin berpikir begitu.

Perlu kamu ketahui, terlalu banyak konsumsi protein bisa menghalangi tubuhmu dari ketosis. Mudahnya begini, tubuh kita hanya memerlukan 20% protein dari makanan yang kita konsumsi. Sebanyak 80% lainnya harus dilengkapi dengan makanan berlemak baik.

2. Terlalu banyak makanan asam

Apa hubungan makanan asam dengan diet keto? Begini, makanan asam kana membuat tubuh bersifat asam. Tentu ini terjadi jika makanan asam yang kamu makan itu sangat banyak.

Tubuh yang bersifat asam akan berpengaruh terhadap proses pembakaran lemak. Yang mana akan terjadi inflamasi kronis. Diet keto yang kamu jalani bisa gagal kalau kamu tidak memperhatikan ini.

3. Konsumsi alkalin

Kamu tahu alkalin tidak sih? Biasanya kamu akan menemukan alkalin pada minuman kemasan tertentu. Branding-nya, minuman berakalin menyehatkan dan dapat meningkatkan cairan dalam tubuh.

Tidak heran kalau kamu tertarik dengan slogannya. Apalagi saat sedang menjalani diet keto. Alkalin baik untuk kesehatan jika dikonsumsi seminggu sebelum kamu menjalani diet keto, karena akan membantu menurunkan lemak. Tapi hindari alkalin justru saat kamu sudah mulai menjalani diet ya.

4. Tidak konsumsi lemak baik

Diet keto memang dijalani dengan menghindari konsumsi makanan berlemak tinggi. Tapi ingat, bukan berarti kita tidak mengonsumsi lemak sama sekali ya! Tubuh kita tetap memerlukan lemak, tapi pilih lemak yang baik.

Caranya mudah, hindari daging berlemak. Tetap konsumsi daging, tapi yang mengandung sedikit lemak dan berkualitas tinggi. Biasanya daging seperti ini dihasilkan dari sapi yang hanya memakan rumput segar sehari-harinya.

Kalau bosan, kamu juga bisa memilih daging ikan dari ikan tangkapan. Atau telur ayam kampung yang hidupnya dibiarkan secara bebas. Biasanya hewan seperti ini hanya mengonsumsi makanan organik. Lemak berkualitas juga bisa didapatkan dari kacang-kacangan, biji-bijian, buah alpukat, minyak zaitun dan makanan berlemak lain yang berasal dari tumbuhan.

5. Terlalu banyak kalori

Saat menjalani diet, hindari konsumsi nutrisi berlebihan. Termasuk memakan makanan yang terlalu banyak mengandung kalori. Jangan menghindari kalori, tapi perhitungkan dengan baik jumlah kalori yang masuk ke dalam tubuh kita ya.

Kalori itu tetap diperlukan tubuh untuk proses pembakaran lemak. Pilih saja makanan berkalori baik ya. Misalnya kacang-kacangan, biji-bijian, dan lain sebagainya.

6. Tidak menahan diri saat makan

Masalah paling sulit dihindari saat diet adalah makan. Dalam diet keto, disarankan kamu hanya makan secukupnya. Tidak perlu berhenti saat sudah kenyang. Hindari kebiasaan “segigit lagi”, “sesuap lagi”, atau “seteguk lagi”. Biasanya cara makan seperti ini sulit dihentikan.

Kunci dari diet keto adalah tidak membiarkan makanan menjadi lemak yang bertumpuk. Kalau kamu rajin, coba rutin mengukur tingkat alkalin dan keton dalam tubuh. Lakukan tes dengan strip tes PH dan keton. Coba kamu konsultasikan dengan konsultan diet yang kamu percayai.

7. Tidak ada cheating time

Bagi kamu yang menjalani diet keto, berbahagia lah. Dalam diet ini, cheating time itu penting untuk dilakukan. Sediakan satu hari tertentu untuk mengizinkan tubuhmu bebas memilih makanan dan minuman yang kamu mau.

Sikap perfeksionis yang tidak mau membiarkan tubuh mengonsumsi bebas makanan, justru menjauhkan tubuhmu dari diet keto yang bermanfaat. Karena tujuannya menyehatkan tubuh, diet keto tidak ingin membiarkan tubuhmu benar-benar menderita. Tapi ingat, kamu perlu mengimbanginha dengan isyirhaat yang cukup, olahraga yang baik, jiwa dan pencernaan yang sehat.

Bagaimana, sekarang kamu sudah lebih paham soal diet keto kan? Asal menjalaninya dengan benar, tubuh sehat ideal bukan lagi sekedar impian. Semoga berhasil ya!

Related posts
Gaya HidupKebugaran

Olahraga dengan Barbel untuk Pemula

Diet & NutrisiKecantikanRambut

12 Makanan untuk Rambut Sehat

Diet & NutrisiGaya Hidup

Hati-hati Memilih Salad Sayur untuk Diet

Gaya HidupKebugaranWanita

8 Olahraga untuk Payudara Kencang Alami