Gaya HidupKebugaran

5 Latihan Kardio Sederhana yang Bisa Dilakukan di Rumah

latihan kardio sederhana

Latihan kardio merupakan latihan dasar. Artinya, olahraga ini mudah dilakukan dan sifatnya penting untuk kesehatan organ-organ utama tubuh, seperti jantung dan pembuluh darah. Latihan kardio sering dianggap sebagai cara terbaik menurunkan berat badan. Namun, sebenarnya, bukan hanya itu manfaat olahraga yang satu ini.

Baca Juga:

Seperti namanya, olahraga ini sebenarnya berpusat pada saluran pernafasan dan aliran darah. Selain itu, kardio juga baik untuk melatih fleksibilitas tubuh. Di artikel ini, Okadoc Indonesia akan membahas seluk beluk mengenai olahraga kardio.

Apa Itu Latihan Kardio?

latihan kardio sederhana

Sebagaimana ditulis dalam situs Health Status, olahraga kardio adalah olahraga apa pun yang dapat mempercepat denyut jantug. Sama halnya otot yang lain, otot jantung pun akan menguat apabila melakukan gerak. Apabila jantung seseorang semakin kuat, pembuluh darah kapiler dapat menyuplai banyak oksigen ke dalam sel-sel tubuh.

Sel-sel tubuh yang tercukupi kebutuhan oksigennya akan membakar lemak lebih cepat dan banyak, baik itu saat melakukan aktivitas maupun beristirahat. Inilah yang membuat olahraga kardio efektif untuk menurunkan berat badan.

Akan tetapi, seperti yang sudah dijelaskan, manfaat olahraga yang satu ini bukan hanya untuk menurunkan berat badan. Ada banyak manfaat lain yang bisa kamu dapatkan lewat latihan ini.

Contoh Latihan Kardio yang Mudah Dilakukan

latihan kardio sederhana

Selain bagus untuk kesehatan, olahraga kardio merupakan salah satu olahraga paling mudah dan murah. Kamu bisa melakukannya di mana saja, misalnya di rumah, kantor, atau saat di perjalanan. Jadi, kamu tidak perlu susah payah ke pusat kebugaran atau membeli alat treadmills sendiri buat di rumah.

Sebagai rekomendasi, di bawah ini merupakan jenis-jenis olahraga kardio yang bisa kamu praktikkan sehari-hari:

1. Jalan kaki

Jalan kaki merupakan olahraga kardio yang paling mudah dan murah. Namun, seiring teknologi semakin memudahkan aktivitas kamu, justru kegiatan ini menjadi semakin berat untuk dilakukan. Tubuh yang semakin nyaman berkat kian praktisnya alat transportasi membuat kamu malas berjalan kaki.

Padahal, berjalan kaki 30 menit sehari sangat disarankan untuk kesehatan lho! Kamu bisa mempraktikannya setiap pagi sebelum memulai rutinitas atau sore setelah beraktivitas.

2. Jogging

Bagi sebagian orang, olahraga lari lambat atau jogging adalah olahraga yang menyenangkan. Jogging pada pagi atau sore hari bisa membuat tubuh lebih sehat dan kuat. Berhubung olahraga ini termasuk dalam kategori kardio, olahraga ini tentu saja efektif untuk membantu menurunkan berat badan.

Di samping itu, olahraga jogging juga dapat melepas penat karena ketika lari, kamu bisa menyalurkan beban pikiran ke dalam gerak. Berbeda dengan jalan kaki, kamu perlu menyediakan waktu khusus apabila ingin melakukan olahraga ini. Tidak perlu khawatir. Setengah jam per hari, pagi atau sore, cukup untuk menjaga kebugaran fisik dan kesehatan mentalmu.

3. Naik-turun tangga

Terdengar simpel, kan? Aktivitas ini mungkin masih sering kamu lakukan di beberapa tempat. Jika iya, cobalah untuk tetap mempertahankannya, sebab naik-turun tangga bisa jadi olahraga kardio yang mudah tapi berarti.

Bukan hanya ampuh membakar kalori, aktivitas ini juga dapat menguatkan otot kakimu. Jadi, mulai sekarang, tidak ada salahnya untuk mengurangi ketergantungan terhadap elevator saat kamu harus berpindah-pindah lantai.

4. Lompat tali

Lompat tali merupakan latihan berikutnya yang mudah untuk dipraktikkan sehari-hari. Kamu bisa membeli alat bantu berupa tali di toko-toko olahraga. Tapi, tanpa alat tersebut pun kamu masih bisa melakukan olahraga ini. Caranya adalah dengan melakukan gerakan jumping jack.

Apa itu jumping jack? Jumping jack adalah gerakan melompat diiringi membuka kaki dan tepuk tangan. Caranya mudah. Berdirilah yang tegak dengan tangan terulur rapat ke atas. Lalu melompat sambil melebarkan kaki dan tangan. Ulangi 2×10 repetisi per hari untuk menjaga kesehatan sistem kardiovaskularmu.

5. Renang

Renang, bila dilakukan dengan benar, bisa jadi pilihan olahraga kardio yang menyehatkan. Maksudnya, kamu harus benar-benar melakukan gerakan renang, bukan sekadar berendam dalam air. Gerakan renang melibatkan kerja otot seperti otot lengan, kaki, dan perut.

Selain itu, aktivitas ini juga memerlukan olah pernafasan yang baik. Jadi jika kamu ingin mencari alternatif olahraga kardio yang lain dari biasanya tapi tetap mudah dilakukan, berenang dua kali seminggu layak dicoba.

Rekomendasi 5 olahraga di atas bisa kamu lakukan dengan mudah di rumah untuk mendapatkan tubuh yang sehat, berenergi, dan tentu saja bagus bentuknya.

Manfaat Latihan Kardio

latihan kardio sederhana

1. Meningkatkan imun

Kardio, seperti olahraga yang lain, pasti membuat tubuh lebih kebal penyakit. Apalagi, dalam latihan jenis kardio, bukan hanya otot-otot penggerak yang dibangun, tetapi juga otot-otot pusat seperti jantung.

Oleh karena itu, sangat disarankan untuk melakukan olahraga ini setiap hari. Kamu bisa melakukan yang simpel saja, selama itu membuat tubuhmu aktif bergerak.

2. Mengurangi stres dan depresi

Olahraga kardio dapat menghasilkan hormon endorfin yang merupakan zat penghilang rasa sakit alami. Rasa sakit di sini bukan rasa sakit fisik, melainkan rasa sakit psikis seperti stres dan gangguan mood.

Ketika kebutuhan endorfin dalam tubuh terpenuhi, kamu akan lebih terlindungi dari stres dan mood yang buruk. Jadi, bukan hanya sehat, kardio juga membuatmu lebih bahagia.

3. Menguatkan tulang

Dengan karakteristiknya yang banyak melibatkan gerak, kardio tidak bisa dipungkiri lagi sangat baik untuk kesehatan tulang. Intensitas gerak membuat tulang-tulang seperti pada kaki, misalnya, menjadi tidak rentan keropos. Makanya, latihan ini dipercaya dapat mencegah osteoporosis.

4. Menurunkan tekanan darah dan kadar kolesterol

Jika jantung berdetak cepat, aliran darah pun semakin lancar. Pembuluh darah pun bertambah elastis dan bebas dari penyumbatan. Hasilnya, otot-otot akan semakin sehat karena mendapat asupan oksigen yang cukup.

5. Menurunkan gula darah

Latihan ini bisa juga menurunkan kadar gula dalam darah. Makanya, banyak yang menyarankan olahraga jenis ini untuk para pengidap penyakit diabetes tipe 2. Tingkat resistensi tubuh terhada insulin pun akan menurun jika olahraga ini dilakukan secara rutin.

6. Meningkatkan kekuatan otot

Saat kamu melakukan olahraga kardio, ada banyak otot tubuh yang dilibatkan, mulai dari kaki hingga jantung. Otot-otot yang kuat akan membuat kinerja organ lebih baik. Makanya, jika kamu ingin mengoptimalkan fungsi tubuh, olahraga ini sangat disarankan.

7. Memperbaiki kualitas tidur

Seperti yang sudah disebut di atas, olahraga kardio melibatkan banyak gerak. Dengan gerak yang intens, tubuh dipaksa untuk bekerja secara maksimal. Ketika tiba waktunya istirahat, tubuh yang sudah bergerak terus tersebut akan beristirahat dengan lebih baik.

Apalagi olahraga ini juga dapat mengusir stres yang notabene sering menjadi penyebab gangguan tidur seseorang.

Kesalahan utama orang yang sedang tekun berolahraga kardio adalah memaksa jantung bekerja terlalu keras. Hasilnya, bukannya menyehatkan, malah justru membahayakan. Hindarilah untuk memporsir tubuh dengan porsi olahraga yang berat, apalagi jika kamu baru memulai olahraga. Jadi, tetaplah kenali batasan kondisi tubuhmu ya. Semoga bermanfaat!

Related posts
Gaya HidupKebugaran

Olahraga dengan Barbel untuk Pemula

Diet & NutrisiGaya Hidup

Hati-hati Memilih Salad Sayur untuk Diet

Gaya HidupKebugaranWanita

8 Olahraga untuk Payudara Kencang Alami

Diet & NutrisiGaya Hidup

Serba Serbi Pedoman Gizi Seimbang yang Perlu Kamu Tahu