Gaya HidupKebugaran

Pilihan Makanan dan Senam untuk Mengecilkan Perut

senam mengecilkan perut

Mengecilkan perut banyak menjadi salah satu tujuan orang-orang yang melakukan senam dan olahraga lainnya. Dari semua bagian tubuh yang bisa dibentuk melalui olahraga, perut merupakan bagian yang paling sering dikeluhkan untuk dikecilkan sesuai harapan. Sekalipun sudah terbentuk sesuai harapan, namun kamu tetap harus memberikan treatment khusus agar bentuk perut ideal tersebut dapat dipertahankan.

Baca Juga:

Untuk mendapatkan bentuk perut yang ideal, banyak hal yang harus kamu lakukan. Yang paling sederhana adalah dengan bijak saat memilih makanan, dan konsisten untuk melakukan olahraga secara rutin. Jika kamu berhasil, mengecilkan perut bukan lagi impian.

Makanan untuk Mengecilkan Perut

mengecilkan perut

Olahraga akan semakin bermanfaat jika didukung dengan asupan yang bergizi. Ada banyak jenis makanan yang dapat kamu konsumsi setiap hari, Tapi jika kamu mengincar perut kecil dan rata, coba untuk mengurangi konsumsi karbohidrat. Setelah itu, makan lah makanan sehat seperti ini:

1. Kacang Almond

Kacang almond adalah makanan jenis kacang-kacangan yang sering dikonsumsi saat diet. Alasannya karena memang kacang ini kaya nutrisi yang baik untuk tubuh. Di antaranya terkandung vitamin E di dalam kacang, anti-oksidan, serat, dan lemak yang baik. Jaringan otot akan bekerja dengan sempurna karena ada tambahan tenaga dan energi dari sini.

2. Sayuran Hijau

Makanan sehat seperti sayuran hijau juga dapat mendukung gerakan senam mengecilkan perut. Untuk tujuan khusus kali ini, pilih lah makanan dari sayuran-sayuran yang berwarna hijau. Sayuran hijau biasanya mengandung kalium yang sangat tinggi. Tapi jangan kaget kalau kamu sering buang angin karena itu efek sampingnya. Perutmu akan berangsur-angsur semakin rata.

3. Buah Berry

Buah berry adalah buah yang mengandung vitamin C sangat tinggi, anti-oksidan, fosfor, protein, dan nutrisi baik lainnya. Rasanya sangat akan lezat dan menyenangkan. Apalagi jika buah ini didinginkan terlebih dahulu sebelum dikonsumsi. Tubuh akan semakin sehat dan perut merata jika kamu mengkonsumsi buah berry sebanyak 35 gram setiap harinya.

4. Alpukat

Alpukat adalah buah yang mengandung lemak nabati yang sangat tinggi. Buah ini dapat sering dikonsumsi sebagai pengganti makanan lain yang mengandung lemak jahat. Lemak baik akan membuat perut semakin kecil ukurannya. Ditambah lagi keahlian buah alpukat untuk menetralisir gula darah dan dapat menunda rasa lapar.

5. Pisang

Serupa dengan alpukat, pisang juga dapat dikonsumsi untuk menunda rasa lapar. Buah ini mampu menghasilkan cadangan energi untuk tubuhmu. Tapi kamu juga perlu mengimbanginya dengan melakukan berbagai gerakan senam mengecilkan perut.

Senam Mengecilkan Perut

mengecilkan perut

Mengecilkan perut dapat diupayakan dengan melakukan gerakan-gerakan senam. Olahraga ini termasuk jenis olahraga yang ringan dan bisa kamu lakukan sekalipun hanya di rumah. Yang dibutuhkan di sini adalah semangat dan konsistensi.

Beberapa gerakan senam mengecilkan perut yang mudah untuk dilakukan, sebagai berikut:

1. Side Plank

Sebelum melakukan ini, ada baiknya kamu menyiapkan matras khusus untuk menjadi alas saat berolahraga. Hal ini dikarenakan kamu akan menopang tubuhmu sendiri pada dua titik. Bukan berdiri ya, tapi posisinya setengah tertidur.

Pertama, coba posisikan tubuh seperti sedang tertidur menghadap ke samping. Setelah itu angkat tubuh bagian atas dengan membuat tangan menjadi penopang. Posisikan siku di bawah bahu dengan lengan yang tegak lurus. Tubuh bagian bawah ditopang dengan kaki yang lurus dengan telapak menyentuh lantai.

Gerakan senam mengecilkan perut ini dilakukan dengan mengangkat seluruh tubuh hingga seperti membentuk segitiga. Kemudian turunkan tubuh bagian bahwa ke lantai. Lakukan ini selama 30-45 detik secara bergantian. Otot perut dan punggung akan bekerja menjadi lebih keras dan mendorong pembakaran lemak.

2. Sit Up

Sit up adalah gerakan dasar olahraga yang sudah diajarkan sejak kecil di sekolah-sekolah pada saat materi belajar olahraga. Gerakan ini termasuk gerakan senam mengecilkan perut. Kamu bisa melakukannya di rumah, bahkan ketika baru saja terbangun dari tidur di pagi hari.

Kira-kira begini cara melakukannya. Badan diposisikan telentang dengan wajah menghadap ke langit, lalu lutut ditekuk. Lenganmu dapat ditaruh di bagian depan dada, lipat di belakang leher, atau luruskan saja. Gerakannya dilakukan dengan mengangkat tubuh bagian atas dan menurunkannya kembali. Pengulangan saat melakukan diperlukan untuk mengecilkan perut.

3. Lying Leg Raise

Gerakan senam mengecilkan perut selanjutnya mungkin terlihat mudah. Tapi kenyataannya, gerakan senam yang satu ini sangat menantang. Dengan melakukan lying leg raise, otot perut akan semakin kuat, dan lemak ikut terbakar sehingga perut menjadi rata.

Pertama-tama, baringkan tubuhmu menghadap ke langit. Tangan diluruskan saja di samping. Bagian yang sulit adalah mengangkat kaki ke atas atau ke arah langit-langit hingga membentuk sudut 90 derajat. Kaki harus kuat untuk tegap lurus tanpa lutut ikut menekuk. Ini dilakukan selama beberapa detik, sebelum kaki diturunkan kembali. Kamu bisa mengulangi 2- 3 set latihan.

4. Bicycle Crunches

Gerakan senam mengecilkan perut yang ini juga dapat melatih otot kaki. Sesuai namanya, bicycle crunches adalah gerakan senam yang membuatmu seolah-olah sedang bersepeda. Namun gerakan ini dilakukan tanpa bantuan alat bantu apapun, kecuali matras untuk melindungi punggung dari rasa sakit.

Sama seperti yang lain, cobalah untuk tidur telentang terlebih dahulu Kemudian angkat kepala dan menopangnya dengan kedua tanganmu. Selanjutnya kaki juga diangkat sampai membentuk sudut 45 derajat. Lakukan gerakan seperti sedang mengayuh sepeda. Kepala juga ditarik ke arah kanan dan kiri secara bergantian. Lakukan olahraga ini selama 2-3 set setiap harinya.

5. Swing Kettle Pose

Swing kettle pose yang optimal adalah gerakan senam mengecilkan perut yang perlu bantuan alat bantu dalam prosesnya. Alat bantu tersebut berupa beban ringan mungkin 1 sampai 2 kg saja. Dari sini, akan banyak kalori yang terbakar dari tubuh. Melakukannya secara rutin akan membantumu mengecilkan perut.

Berdirilah dengan tegap sambil memegang beban di telapak tanganmu. Pada gerakan ini, kaki harus dilebarkan, kira-kira seluas bahumu. Beban diangkat ke atas depan, lalu ayunkan ke bawah dan arah belakang, melewati sela-sela kakimu. Lakukan pengulangan gerakan ini selama beberapa set dalam satu kali latihan. Tapi jangan paksakan diri ya, berhenti jika sudah sangat lelah.

6. Cross Crunch

Cross crunch lebih rumit lagi. Gerakan ini dilakukan sambil berbaring menghadap ke langit. Angkat satu kaki kanan dan lengan kiri secara bersamaan. Posisi kaki dan lengan di sini lurus tanpa menekuk. Setelah itu turunkan kembali keduanya, dan lakukan dengan cara yang sama namun sisi sebaliknya. Pengangkatan lengan dan kaki ini membentuk seperti huruf X.

Gerakan cross crunch agak mirip dengan bicycle crunches. Karena itu, melakukannya pasti akan melelahkan. Tapi jangan khawatir, harapanmu memiliki perut rata akan segera tercapai. Lakukan gerakan ini secara berulang dalam satu set. Lalu buatlah progress yang jelas dengan terus menambahkan jumlah set-nya jika kamu merasa sudah semakin kuat.

Related posts
Gaya HidupKebugaran

Olahraga dengan Barbel untuk Pemula

Diet & NutrisiGaya Hidup

Hati-hati Memilih Salad Sayur untuk Diet

Gaya HidupKebugaranWanita

8 Olahraga untuk Payudara Kencang Alami

Diet & NutrisiGaya Hidup

Serba Serbi Pedoman Gizi Seimbang yang Perlu Kamu Tahu