Diet & NutrisiGaya Hidup

Makanan Enak untuk Diet Sehat Menurunkan Berat Badan

Menurunkan Berat Badan

Bagi beberapa orang, satu hal yang tidak mudah dilakukan adalah menjaga berat badan yang ideal. Banyak juga yang merasa kalau menaikan berat badan lebih mudah daripada menurunkannya.

Maka dari itu, ada usaha menurunkan berat badan sampai pada proporsi yang ideal dengan cara diet sehat.

Nutrisi untuk Diet Sehat

Menurunkan Berat Badan

Diet sangat populer di semua kalangan. Dari yang hanya menjaga pola makan, hingga memperhatikan asupan nutrisi yang diperlukan tubuh kita. Diet seperti inilah yang baik untuk kamu lakukan.

Agar mendapatkan tubuh yang sehat, kamu harus memastikan tubuhmu memiliki cukup nutrisi untuk terus beraktivitas. Nutrisi-nutrisi yang penting itu di antaranya:

1. Protein

Protein sangat dibutuhkan karena menjadi salah satu sumber energi bagi tubuh kita. Kamu bisa menemukannya dalam lauk pauk seperti ikan, telur, daging, kedelai, kacang-kacangan, keju, dan semacamnya.

Kandungan protein yang ada dalam tubuh akan terus menjaga kesehatan dengan mendorong pertumbuhan jaringan tubuh.

2. Karbohidrat

Sama dengan protein, karbohidrat juga merupakan sumber energi yang dibutuhkan oleh tubuh kita. Tapi karbohidrat dari beberapa sumber harus kamu batasi agar tidak membentuk berat badan berlebih.

Baca Juga:

Di antaranya dari nasi putih, keripik kentang, minuman kemasan manis dan bersoda, atau yang lainnya. Kalau karbohidrat dari sayuran, buah, biji-bijian, dan kacang-kacangan, jumlahnya baik dan tidak berlebihan.

3. Lemak

Selain karbohidrat, kamu juga harus memperhatikan jumlah asupan lemak yang masuk ke dalam tubuh. Jumlahnya harus cukup agar dapat menjalankan fungsinya dengan baik yaitu mendorong penyerapan vitamin dan menjaga sistem imun di tubuh.

Jangan kekurangan dan jangan juga berlebihan karena dapat memicu datangnya penyakit.

4. Vitamin & Mineral

Sebelumnya sudah disebutkan kalau lemak dalam tubuh dapat membantu penyerapan vitamin. Vitamin yaitu vitamin A, B, C, D, E, dan K sangat diperlukan karena mendorong fungsi organ tubuh berjalan dengan baik.

Fungsi ini juga dijalankan bersamaan dengan mineral seperti kalsium, zinc, selenium, kalium, dan zat besi.

5. Air

Terakhir, jangan lupakan kebutuhan air dalam tubuh. Walaupun tidak mengandung nutrisi, air diperlukan untuk menghidrasi tubuh dan membantu kandungan lain dalam tubuh untuk menjalankan fungsinya. Hal ini karena air memenuhi setengah dari komposisi tubuh manusia.

Daftar Menu Diet Sehat Sehari-hari

Menurunkan Berat Badan

Setelah memahami nutrisi apa saja yang dibutuhkan oleh tubuh, selanjutnya kamu harus tahu bagaimana cara mengemasnya. Beberapa nutrisi dapat digabungkan dalam satu makanan.

Oleh karena itu, kamu harus memperhatikan makanan yang akan dikonsumsi. Mungkin daftar menu diet sehat sehari-hari di bawah ini dapat menjadi pilihan.

1. Sandwich Paprika Hijau

Roti mengandung karbohidrat, sedangkan lauk dan sayuran di dalamnya berfungsi sebagai sumber energi lain.

Paprika hijau sendiri dikenal mampu membakar lemak berlebih dan menurunkan kolesterol dalam tubuh. Jadi ini bisa menjadi salah satu menu diet sehat menurunkan berat badan untukmu.

2. Pir dan Bayam

Untuk meningkatkan khasiat di tubuh, cobalah resep diet sehat menurunkan berat badan yang satu ini. Kombinasikan buah pir dan sayur bayam dengan menghaluskannya.

Tambahkan juga perasa tambahan dari lemon atau jeruk nipis. Menu ini dinamakan green juice, sajian menyegarkan untuk di santap di siang hari.

3. Salad Alpukat

Salad dapat terbuat dari berbagai macam sayuran dan buah-buahan yang dipotong kecil-kecil.

Kalau kamu ingin mencoba membuat sendiri, cobalah campurkan cuka apel untuk membantu membakar lemak dalam tubuh. Dan tambahkan juga potongan alpukat untuk melengkapi kesegaran di dalamnya.

4. Ubi Yogurt

Kali ini, kamu bisa melakukan eksperimen yang sedikit berbeda menggunakan yogurt. Kombinasikan yogurt kesukaanmu dengan ubi.

Walaupun menu ini jarang didengar, tapi sangat berkhasiat untuk mengecilkan lingkar perut. Untuk hasil yang maksimal, konsumsi makanan ini dengan rutin ya.

5. Pisang Oatmeal

Dari oatmeal, kamu akan menerima tambahan serat, vitamin, mineral, dan protein. Agar lebih kuat lagi nutrisinya, coba kombinasikan dengan buah-buahan.

Misalnya buah pisang yang dipotong sesuai dengan seleramu. Jadi lah menu diet sehat menurunkan berat badan yang nikmat. Oatmeal yang hambar, akan menghasilkan rasa menarik dengan campuran pisang di dalamnya.

6. Keripik Apel Kayu Manis

Butuh makanan manis untuk stress relief? Keripik apel kayu manis ini bisa jadi andalan!

Bukan sembarang keripik karena keripik apel ini baik untuk diet sikarenakan cara memasaknya bukan digoreng melainkan dipanggang. Setelah pemanggangan, ditambahkanlah bubuk kayu manis sebagai pelengkap. Bisa juga diberi sedikit perasan lemon agar lebih segar.

7. Kacang Almond Oregano

Untuk program diet sehat, pilihlah kacang almond untuk dikonsumsi. Kacang almond dikenal sebagai kacang dengan kalori rendah. Agar rasanya tidak hambar, tambahkan juga taburan oregano.

Oregano mengandung vitamin K, kalsium, serat, dan senyawa organik lain yang baik untuk pencernaan.

Bagaimana, ternyata cukup beragam ya menu diet sehat untuk menurunkan berat badan? Jadi kamu tidak perlu menahan lapar cuma karena ingin kurus tanpa memperhatikan asupan gizi. Semoga bermanfaat!

Related posts
Diet & NutrisiGaya Hidup

6 Cara Minum Lemon untuk Diet

Gaya Hidup

11 Cara Mengobati Diare dengan Cepat

Gaya HidupKebugaran

13 Cara Menurunkan Berat Badan yang Sehat dan Aman

Diet & NutrisiGaya Hidup

Tips Memilih Menu Sarapan Diet yang Mengenyangkan