Diet & NutrisiGaya Hidup

10 Makanan Pantangan Diet Karbo

makanan pantangan diet karbo

Bagi kamu yang ingin menurunkan berat badan secara sehat, diet karbo adalah salah satu cara dari berbagai macam diet yang bisa kamu pilih. Jika dijalankan dengan benar, diet ini mampu membantu kamu mendapatkan berat badan ideal. 

Namanya saja diet karbo. Dengan diet ini, berarti kamu harus mengurangi konsumsi karbohidrat yang masuk dalam tubuh. Namun, bukan berarti kamu tidak boleh sama sekali mengonsumsi karbohidrat. Kamu perlu mengurangi konsumsi jumlah karbohidrat secara bertahap, bukan langsung memangkas asupan karbohidrat secara besar-besaran sekaligus.

Baca Juga:

Hal ini karena tubuh masih membutuhkan energi yang berasal dari karbohidrat yang tidak dapat digantikan oleh lemak maupun protein. Nah, bagi kamu yang sedang atau ingin melakukan diet karbo, tentunya kamu harus tahu makan apa saja yang perlu kamu hindari agar diet kamu berhasil.

Dikutip dari berbagai sumber, berikut ada 10 makanan pantangan diet karbo yang harus kamu hindari agar diet kamu berhasil ya.

1. Nasi Putih

makanan pantangan diet karbo

Ya, nasi putih adalah makanan yang ‘Indonesia banget’. Ibaratnya, kalau belum makan nasi putih berarti belum makan. Jika kamu sedang melakukan diet karbo, ada baiknya kamu mengurangi mengonsumsi nasi putih ya.

Dibandingkan dengan nasi merah, kadar serat dalam nasi putih 6 kali lebih sedikit. Hal ini lantaran nasi putih berasal dari biji beras yang mengalami pengolahan sehingga bagian inti dan kulitnya hilang. Dalam seperempat cangkir porsi nasi putih, ada sekitar 36 gram karbohidrat dan termasuk jumlah yang besar, jadi harus dibatasi konsumsinya.

2. Roti Tawar

makanan pantangan diet karbo

Nah, mungkin kamu berpikir bahwa roti itu lebih aman ketimbang nasi putih, tapi anggapan tersebut salah lho! Kedua makanan ini, baik roti dan nasi, memiliki kandungan karbohidrat yang sama tingginya. Dalam roti tawar terdapat sekitar 31 gram karbohidrat per irisnya. Nah, jika kamu makan dua iris saja sudah bisa dihitung berapa karbohidrat yang bakal masuk ke tubuh ‘kan?

3. Pasta

makanan pantangan diet karbo

Nah bagi kamu yang suka makan kebarat-baratan, tentu tidak bisa jauh dari makakan pasta dan sejenisnya. Kenapa pasta menjadi makanan yang wajib kamu hindari? Ya, jawabannya adalah bahwa di dalam pasta terdapat kandungan karbohidrat hampir sekitar 43 gram per cangkir jika dimasak. Teman dari pasta ini juga banyak lho. Sebut saja spaghetti, atau makanan khas Italia lainnya.

4. Roti Bagel 

makanan pantangan diet karbo

Apakah kamu pernah mendengar roti bagel? Mungkin penampakan terlihat seperti donat. Tapi ini bukanlah donat. Hanya saja penampakannya menyerupai donat yang sering kita jumpai. Roti ini terbuat dari adonan tepung terigu dan ragi yang direbus di dalam air sebelum akhirnya dipanggang.

Di dalam roti ini, terdapat tekstur yang padat dan kenyal dengan bagian luar yang berwarna coklat muda, keras dan garing. Satu roti bagel mengandung 66 gram karbohidrat atau setara dengan tiga donat.

5. Jus

makanan pantangan diet karbo

Pasti kamu bingung, kenapa jus menjadi salah satu makanan/minuman yang wajib dihindari saat menjalani diet karbo. Hal ini karena hampir di semua jus yang biasa dikonsumsi terdapat pemanis buatan. Meski kamu membuat jus sendiri di rumah, jus tetap masih memiliki kadar gula yang tinggi lho. Hal ini lantaran olahan jus yang kamu minum langsung masuk ke dalam sistem pencernaan dan diserap langsung oleh tubuh.

Lalu bagaimana dengan makan buah secara langsung? Tentu saja boleh! Hal ini karena ketika kamu memakan buah, maka zat-zat gizi, termasuk gula yang terkandung di dalam buah akan dicerna dan diproses terlebih dahulu sebelum penyerapan di usus kecil. 

6. Tortilla Wraps

makanan pantangan diet karbo

Pasti kamu pernah menjumpai kebab, tapi di dalamnya bukan daging melainkan sayur-sayuran. Ya, sayur-sayuran itu dibungkus oleh tortilla. Satu bungkus tortilla mengandung 35 gram karbohidrat. Hal ini lantaran bahan tortilla terbuat dari tepung dan terhidrogenasi oleh minyak saat dimasak. Lebih baik, jika kamu memang sedang diet, kamu makan saja sayurannya saja tanpa perlu pembungkus tortillanya.

7. Keripik Kentang

makanan pantangan diet karbo

Kalau camilan yang satu ini memang sudah menjadi favorit wajib di hampir semua kesempatan. Namun, tahukah kamu kalau keripik kentang ini memiliki kalori yang tinggi? Ya, dalam 15 buah keripik kentang mengandung 15 gram karbohidrat. Bayangkan jika kamu makan satu bungkus atau bahkan lebih. Sudah berapa karbohidrat yang akan masuk ke dalam tubuh.

8. Yogurt

makanan pantangan diet karbo

Kalau kamu pecinta susu, biasanya kamu juga bakalan suka makan yogurt. Yogurt sebenarnya baik untuk tubuh jika yogurt tersebut bebas dari pemanis buatan. Yogurt tawar mengandung gula dan karbohidrat alami yang baik untuk tubuh. Namun beda halnya dengan yogurt yang menawarkan beragam rasa yang bisa kamu temukan di supermarket. Yogurt dengan varian rasa bisa mengandung 45 gram karbohidrat dengan sedikit zat gizi lainnya.

9. Kue Beras 

makanan pantangan diet karbo

Kudapan yang satu ini sering dijumpai di pinggir jalan. Biasanya, kue ini disandingan dengan cakwe atau donat. Jika kamu berpikir ini merupakan makanan yang cocok untuk diet, pikiran kamu tampaknya harus dibuang jauh-jauh sebab kue beras hanyalah mengandung kalori kosong yang tidak bermanfaat untuk tubuhmu. Kue beras mengandung sekitar 17 karbohidrat per kue. Nah, jika kamu makan seplastik, tentunya diet karbo kamu akan sia-sia bukan?

10. Muffins

makanan pantangan diet karbo

Kue yang satu ini sering kita jumpai di sebuah acara. Ya, meskipun kue yang satu ini terlihat sehat tapi kenyataanya tidaklah seperti itu. Beberapa muffin kebanyakan seperti cupcakes tanpa lapisan atau kue. Meski kecil, ternyata satu muffin kecil yang kamu cicipi bisa mengandaung 46 gram karbohidrat.

Nah itu tadi 10 makanan pantangan diet karbo yang harus kamu hindari atau bisa dikonsumsi tapi dalam porsi sedikit saja. Semoga bermanfaat!

Related posts
Diet & NutrisiGaya Hidup

Yuk, Kenal Lebih Jauh dengan Diet Sirtfood!

Diet & NutrisiGaya HidupResep

7 Olahan Tempe untuk Diet, Mudah dan Enak

Diet & NutrisiGaya HidupKesehatan

11 Camilan Sehat untuk Penderita Penyakit Jantung

Diet & NutrisiGaya Hidup

Vitamin C : Sumber dan Manfaatnya Bagi Tubuh