Gaya HidupKesehatan

6 Makanan Sehat untuk Jantung yang Wajib Diketahui

makanan sehat untuk jantung

Menjaga kesehatan jantung bisa dilakukan dengan memulai langkah sederhana, seperti merubah gaya hidup menjadi lebih sehat dan konsumsi makanan sehat. Jantung merupakan organ vital yang terus enerus bekerja tanpa henti di dalam tubuh. Sehingga sudah sepatutnya kamu menjaga kesehatan jantung agar terbebas dari berbagai penyakit.

Cara Menjaga Kesehatan Jantung

makanan sehat untuk jantung

Nah, sebelum membahas makanan yang baik untuk jantung, kamu harus mengetahui dulu nih kiat-kiat menjaga kesehatan jantung berikut ini!

1. Rutin berolahraga

Rutin melakukan olahraga ternyata bisa mengurangi risiko terkena penyakit jantung lho! Setiap hari setidaknya kamu harus menyempatkan diri bergerak secara fisik 20-30 menit karena bisa memberikan manfaat yang baik bagi kesehatan jantung.

2. Jangan merokok

Perokok lebih berisiko terkena penyakit jantung koroner. Tidak hanya perokok aktif, orang yang ada di sekitar orang yang merokok dan menghirup asap rokok juga berisiko terkena penyakit serupa. Rokok mengandung zat beracun yang bisa merusak pembuluh darah sehingga membuat aliran darah di jantung jadi terganggu yang pada akhirnya juga mengganggu fungsi jantung karena kurangnya oksigen dan juga nutrisi.

3. Konsumsi ikan

Makanan yang mengandung asam lemak omega 3 bisa mencegah penyakit jantung, loh. Sehingga disarankan untuk mengonsumsi ikan karena kaya akan lemak omega 3. Ikan seperti sarden, tuna, dan juga salmon bisa menjadi piilihan. Rutinlah konsumsi ikan ini untuk mencukupi kebutuhan asam lemak omega 3 dalam tubuh.

4. Kurangi konsumsi lemak jenuh

Banyak mengonsusmsi lemak jenuh dan lemak trans bisa menyebabkan kolesterol. Nantinya, kolesterol yang sudah menumpuk ini bisa menyumbat pembuluh darah jantung. Hindari  konsumsi daging merah, makanan olahan, kulit ayam, makanan yang digoreng, produk susu kaya lemak, serta margarin.

5. Menjaga tekanan darah

Pecahnya pembuluh darah bisa disebabkan oleh tekanan pembuluh darah yang tinggi. Tentu akibatnya akan sangat fatal jika terjadi pada pembuluh darah organ penting, seperti jantung, misalnya. Solusinya yaitu rajin berolahraga, kurangi asupan garam, dan terapkan pola hidup sehat.

6. Konsumsi serat yang banyak

Makanan yang kaya serat ternyata bisa menurunkan kolesterol jahat yang berisiko munculnya pernyakit jantung. Makanan yang kaya serat bisa kamu dapatkan dari sayuran, buah-buahan, kacang, gandum, dan sereal. Makanan ini bisa kamu konsumsi setiap hari, setidaknya memenuhi kebutuhan tubuh sebanyak 30 gram per harinya.

7. Menjaga kadar gula darah

Gula darah yang tinggi bisa menyebabkan diabetes dan juga berisiko terkena penyakit jantung. Gula darah tinggi bisa merusak pembuluh darah dan saraf yang bekerja mengendalikan jantung. Risiko diabetes bisa dikurangi dengan mengganti konsumsi nasi putih menjadi nasi merah serta kurangi konsumsi gula. Kamu perlu memeriksakan kadar gula secara rutin untuk mengetahui kondisi gula darah kamu.

8. Istirahat yang cukup

Setiap hari kamu perlu tidur selama 7-8 jam untuk mengurangi risiko terkena penyakit darah tinggi, serangan jantung, dan diabetes. Membiasakan hidup sehat memang merupakan langkah menjaga kesehatan jantung . Kondisi psikologis juga harus dikelola agar tidak stres serta rutinlah memeriksakan kesehatan jantung pada dokter agar tetap terjaga.

Makanan Sehat untuk Jantung

makanan sehat untuk jantung

Jantung sehat adalah dambaan semua orang. Menjaga kesehatan jantung adalah tugas setiap orang. Salah satu caranya adalah dengan mengonsumsi makanan sehat. Berikut beberapa makanan sehat untuk jantung yang bisa kamu coba.

1. Salmon

Makanan lezat tidak melulu yang memiliki rasa hambar. Ada banyak sekali ragam hidangan ikan salmon yang menggiurkan dan punya cita rasa yang tak kalah lezatnya. Selain enak, makanan berbahan dasar ikan salmon juga baik untuk kesehatan jantung.

Baca Juga:

Makanan sehat untuk jantung yang pertama adalah salmon karena mengandung asam lemak omega 3 yang tinggi. Omega 3 ini menjaga aliran darah kamu terus lancar dan kesehatan jantung bisa terus terjaga. Omega 3 juga bisa mengurangi lemak pemicu penyakit jantung (triglycerides) dalam tubuh.

2. Coklat hitam

Siapa sih yang tidak suka coklat? Nah, ternyata mengonsumsi coklat hitam bisa menjaga kesehatan jantung. Tetapi harus coklat hitam ya, karena di dalamnya mengandung kakao minimal mencapai 70% dan sisanya kandungan gula. Sehingga lebih menyehatkan dibanding dengan coklat biasa.

Pada coklat hitam juga mengandung senyawa flavanol yang berguna untuk menurunkan tekanan darah dan mencegah agar darah tidak menggumpal. Tentu saja kandungan ini membuat jantung menjadi sehat. Coklat hitam juga sebagai antioksidan serta membuat kolesterol jahat tidak mengendap di pembuluh darah.

3. Alpukat

Alpukat merupakan buah yang bisa menjaga kesehatan jantung karena mengandung asam oleat yang memiliki peran penting menjaga jantung terus sehat. Asam oleat merupakan lemak baik yang dibutuhkan oleh tubuh karena bisa menekan jumlah lemak jahat di dalam tubuh.  Jika mengonsumsi buah alpukat secara rutin, kondisi jantung juga akan terjaga. Alpukat bisa dimakan secara langsung atau bisa juga diolah menjadi jus asalkan dikonsumsi selagi masih segar.

4. Walnut

Seperti yang sudah disebutkan bahwa omega 3 penting bagi kesehatan jantung. Selain mengonsumsi salmon, kamu juga bisa mendapatkan kandungan lemak ini dari walnut, kacang yang paling sehat untuk dimakan.

Di dalam walnut terdapat kandungan omega 3 lain yang berasal dari tanaman. Ada juga linoleat serta asam arakidonat yang bisa menurunkan kadar kolesterol jahat serta meningkatkan kadar kolesterol baik di dalam tubuh. Menurut penelitian, kacang walnut ini juga memiliki kandungan antioksidan yang tinggi yang bisa membantu mencegah terjadinya plak di dinding pembuluh darah yang membuat aliran darah menjadi lancar sehingga kesehatan jantung juga ikut terjaga.

5. Oatmeal

Makanan sehat untuk jantung yang satu ini berasal dari biji-bijian. Oatmeal bisa menjaga kesehatan jantung karena adanya serat beta-glucan yang ada di dalamnya. Kandungan beta-glucan ini juga mirip dengan omega 3 serta memiliki fungsi yang sama yang bisa menurunkan jumlah kolesterol jahat.

6. Wine

Ternyata wine menjadi salah satu makanan sehat untuk jantung lho. Hasil fermentasi buah anggur ini punya senyawa fenolat yang terdapat pada kulit dan biji anggur yang merupakan antioksidan kuat dan bermanfaat bagi kesehatan jantung. Menurut penelitian, konsumsi wine, khususnya red wine, secara teratur bisa menurunkan risiko penyakit kardiovaskuler hingga 50 persen. Tetapi tentu saja konsumsi dalam jumlah yang wajar dan batas toleransi tubuh.

Related posts
Bayi & Anak-AnakIbu & BayiKesehatan

7 Teether Alami untuk Bayi yang Tumbuh Gigi

Kesehatan

Perbedaan Cardiac Arrest dan Serangan Jantung yang Harus Kamu Tahu

Diet & NutrisiGaya Hidup

Dada Ayam vs Paha Ayam, Mana yang Lebih Baik untuk Menu Diet?

Kesehatan

Ini 10 Tanda Jika Kamu Butuh Me Time