Diet & NutrisiGaya Hidup

10 Manfaat Sarapan untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat Sarapan

Banyak orang yang tidak terbiasa untuk sarapan di pagi hari sebelum memulai berbagai aktivitas. Berbagai alasan yang sering dilontarkan, seperti terburu-buru higga tidak terbiasa, membuat sebagian orang melewatkan sarapan pagi. Padahal manfaat sarpan sangat banyak sekali bagi kesehatan tubuh.

Baca Juga:

Padahal, di pagi hari, tubuh butuh asupan energi untuk mengembalikan energi setelah tidur cukup lama di malam harinya. Apalagi ketika tidur malam yang panjang, perut punya menjadi kosong.  Inilah alasan kenapa sarapan begitu penting sebelum memulai kegiatan.

Pentingnya Sarapan Pagi

Manfaat Sarapan

Jika menilik dari bahasa inggris, sarapan disebut breakfast. Break berarti istirahat dan fast dalam bahasa inggris bermakna puasa. Puasa dalam artian ini dimaksudkan kondisi tubuh yang tidak mendapat asupan makanan saat tidur di malam hari. 

Bayangkan jika melewatkan sarapan, tubuh kamu akan ‘berpuasa’ dalam waktu yang lama. Akan semakin parah jika di malam sebelumnya kamu tidak makan. Tubuh akan terasa lemas dan tidak memiliki sumber energi.

Menu Sarapan Sehat

Manfaat Sarapan

Pentingnya sarapan di pagi hari, tidak berarti membuat kamu bisa sembarangan makan apa saja asal perut terisi makanan. Ada baiknya untuk mengatur menu sarapan dengan baik agar asupan yang masuk ke tubuh juga bergizi. 

Sarapan sehat adalah yang mengandung biji-bijian utuh seperti sereal gandum, mengandung protein, keju, susu low fat, buah-buahan dan juga sayuran. Sarapan yang mengandung protein seperti selain kacang, ayam, ikan, telur rebus, serta daging tanpa lemak. Dan kombinasi dari karbohidrat kompleks, sedikit lemak, serat, dan protein, ternyata bermanfaat untuk kesehatan dan bisa membuat kamu merasa kenyang dalam waktu yang lama.

Khusus untuk anak sekolah berusia 6-12 tahun, menurut Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, menu sarapan sehat untuk mereka adalah sebagai berikut:

  • Nasi goreng dengan tambahan telur dadar dan sayuran
  • Roti dengan tambahan telur mata sari, sayuran dan segelas susu
  • Nasi uduk dengan tambahan ayam goreng, serta buah
  • Lontong sayur dilengkapi telur dan juga buah
  • Mi goreng dengan tambahan telur serta dilengkapi dengan buah

Manfaat Sarapan Bagi Kesehatan Tubuh

Manfaat Sarapan

Jika kamu masih menganggap remeh dan menyepelekan sarapan begitu saja, ada baiknya kamu mengetahui berbagai manfaat sarapan yang akan dirasakan tubuh kamu jika disiplin sarapan setiap pagi.

1. Mendukung kesibukan di pagi hari

Ketika tubuh mendapatkan asupan makanan yang menjadi sumber energi, tentu saja ini akan mendukung berbagai aktivitas dan kesibukan kamu di pagi hari. Manfaat sarapan juga bisa membuat kualitas dan kinerja otak bekerja dengan baik sehingga mendukung aktivitas di pagi harimu bisa berjalan dengan lebih bersemangat.

Melewatkan sarapan berarti otak kamu tidak siap untuk berpikir, berkonsentrasi, mengingat, dan sebagainya. Di mana manfaat sarapan ini penting dimiliki oleh pelajar, mahasiswa, dan para pekerja.

2. Mengisi energi tubuh

Buat yang rutin sarapan di pagi hari akan membuat dirinya lebih berenergi sehingga rasa lapar dan lemas setelah bangun tidur tidak akan dirasakan lagi. Sebab salah satu manfaat sarapan adalah mengisi kembali energi setelah tubuh cukup lama berpuasa. Layaknya ponsel, tubuh kamu juga butuh dilakukan pengisian daya (charging) jika sudah low bat sesegera mungkin.

3. Membantu program diet

Manfaat sarapan bisa juga dirasakan oleh kamu yang sedang menjalankan program diet alias berjuang menurunkan berat badan. Agar program diet kamu berjalan lancar dan tidak berantakan, sebaiknya kamu tidak melewatkan sarapan sehat di pagi hari.

Pikiran untuk melewatkan sarapan pagi agar berat badan bisa cepat berkurang adalah salah. Malah sebaliknya, sarapan pagi dengan menu sehat dan bergizi akan meningkatkan metabolisme dan lebih mengontrol nafsu makan kamu. Sehingga jika dilakukan rutin dan disiplin, ini akan memberikan dampak yang signifikan untuk menurunkan berat badan kamu.

4. Meningkatkan kesehatan sistem kardiovaskular

Ternyata rutin dan disiplin tidak melewatkan sarapan bisa meningkatkan kesehatan sistem kardiovaskular, lho. Manfaat sarapan ini didapat jika menu yang kamu makan sehat dan bergizi, sehingga kadar kolesterol LDL atau kolesterol jahat menurun.

Sarapan sehat bisa menguatkan sel-sel otot jantung yang bisa membuat kamu terhindar dari penyakit stroke dan serangan jantung mendadak.pilih menu sarapan yang banyak mengandung serat ya.

5. Mengatasi masalah anemia

Buat kamu yang menderita masalah darah seperti anemia, maka sarapan di pagi hari adalah hal yang harus kamu lakukan dan tidak boleh terlewatkan. Menu sarapan yang sehat dan bergizi daoat mengatasi masalah anemia yang kamu derita. Selain itu, pilih menu sarapan yang banyak mengandung vitamin agar tubuh kamu terhindar dari masalah kekurangan zat besi. Ketika awal memulai sarapan, usahakan untuk mengonsumsi buah-buahan.

6. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Manfaat sarapan lainnya yang bisa kamu rasakan yaitu bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Ini berlaku jika menu sarapan yang kamu konsumsi banyak mengandung antioksidan seperti buah-buahan. Makanan yang mengandung antioksidan yang tinggi dapat membuat kamu lebih kebal, kuat, dan tidak mudah sakit. Risiko penyakit kronis juga bisa dengan mudah kamu hindari ketika kekebalan tubuh kamu baik.

7. Menurunkan kadar gula darah

Penting bagi penderita diabetes untuk disiplin sarapan di pagi hari. Sebab, manfaat sarapan pagi salah satunya bisa menurunkan kadar gula dalam darah. Kadar glukosa dalam dalam bisa terjaga tetap normal dengan menu sarapan yang sehat dan bergizi. Adapun menu sarapan yang sehat bagi penderita diabetes adalah makanan yang kandungan seratnya tinggi.

Seperti konsumsi gandum utuh, roti gandum, dan oat. Selain itu baik juga untuk mengonsumsi susu rendah lemak untuk sarapan.

8. Menjaga kesehatan tulang

Manfaat sarapan selanjutnya adalah bisa menjaga kesehatan tulang. Disiplin sarapan di pagi hari bisa membuat tulang sehat dan kuat, apalagi menu sarapannya banyak mengandung kalsium. Kamu bisa sarapan dengan dilengkapi susu, yoghurt buah, atau keju setiap paginya.

9. Meningkatkan kesehatan sistem pencernaan

Menu sarapan pagi yang kaya akan serat makanan bermanfaat untuk menyehatkan sistem pencernaan. Serat bisa melancarkan buang air besar sehingga dapat mengatasi masalah sembeli atau BAB yang tidak lancar. Selain itu juga bisa mengatasi masalah radang lambung dan masalah pencernaan lainnya.

10. Menjaga kesehatan kulit

Kulit sehat ternyata bisa didapatkan dengan disiplin sarapan. Manfaat sarapan yang satu ini bisa kamu rasakan dengan mengonsumsi makanan yang mengandung protein, vitamin, dan juga mineral yang tinggi. Lihat saja, kamu akan merasa kulit kamu lebih sehat dan terawat.

Related posts
Gaya HidupKebugaranPria

5 Gerakan Senam Kegel untuk Pria

Diet & NutrisiGaya Hidup

Ini Dia Cara Diet yang Benar!

Diet & NutrisiKesehatan

12 Makanan Pereda Sakit Tenggorokan

Gaya HidupKebugaran

Gerakan Dasar dan Manfaat Senam Aerobik