Diet & NutrisiGaya Hidup

Memilih Buah untuk Diet yang Sehat

Buah untuk Diet

Buah-buahan segar punya banyak manfaat karena menjadi sumber vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh. Kandungan seratnya yang tinggi juga sangat berguna untuk meningkatkan proses pencernaan selama proses diet. Tidak heran jika banyak orang memilih buah sebagai asupan utama untuk menurunkan berat badan.

Baca Juga:

Jika ditelusuri, banyak sekali metode yang memilah-milah buah untuk diet. Ada yang berdasarkan warna hingga tingkat kematangannya. Ada pula yang menganjurkan untuk dimakan langsung selagi segar atau menambahkan bahan-bahan lain supaya makin banyak nutrisi yang diserap oleh tubuh.

Meski ada berbagai cara dalam mengonsumsinya, kenali dulu yuk apa saja jenis buah yang cocok untuk diet agar bisa disesuaikan dengan berbagai kebutuhan tubuhmu.

Buah-buahan Terbaik untuk Menurunkan Berat Badan

Buah untuk Diet

1. Apel

Buah yang satu ini begitu dikenal sebagai teman diet yang sehat dan mengenyangkan. Dengan rasa manis dan tekstur yang renyah, satu buah apel mengandung air sebanyak 85%  dan 5 gram serat. Sedangkan pada apel berukuran besar (sekitar 223 gram), hanya terkandung sekitar 116 kalori. Angka yang melegakan bagi para penghitung kalori kan?

Jumlah serat yang tinggi pada buah apel, bisa membuat kamu lebih lama merasakan kenyang. Inilah alasan utama mengapa apel begitu digemari sebagai buah untuk menurunkan berat badan. Buah apel juga mengandung vitamin C meski tidak sebanyak jeruk.

Mengonsumsi apel secara rutin juga sangat bermanfaat, karena mengandung quercetin yang bersifat antikanker. Quercetin juga bermanfaat bagi kamu yang mengidap arthritis, karena kandungan ini memiliki fungsi antiradang. Bagi para pelaku diet, ada baiknya mengonsumsi apel dalam kondisi utuh dan bukan jus, untuk mengurangi rasa lapar dan mengontrol nafsu makan.

2. Berries

Buah beri-berian ternyata sangat baik untuk menurunkan berat badan, karena kaya akan nutrisi dan sangat rendah kalori. Beri juga membantu untuk menurunkan kolestrol, menurunkan tekanan darah dan mengurangi inflamasi yang berguna bagi pemilik berat badan berlebih. Jika kamu mencari buah untuk diet yang sehat, disarankan untuk banyak mengonsumsi beri.

Buah bluberi misalnya, untuk setengah gelas (74 gram) hanya memiliki 42 kalori namun menyediakan vitamin C, K dan zat mangan yang tinggi. Tidak hanya itu, serat yang terkandung dalam 100 gram bluberi ternyata bisa mencapai 4 gram. Sehingga bisa dijadikan opsi camilan sehat karena bisa membuatmu kenyang lebih lama.

Sedangkan pada satu gelas stroberi (152 gram), terkandung sekitar 50 kalori dan 3 gram serat. Buah merah ini begitu kaya akan vitamin C dan zat mangan. Di balik rasanya yang manis-asam, stroberi mengandung ellagic acid yang berfungsi sebagai antioksidan. Dalam beberapa penelitian ditemukan bahwa ellagic acid mampu menghalangi pertumbuhan tumor di payudara, cervix, paru-paru, dan lidah.

3. Pisang

Layaknya apel, buah pisang juga mampu membuat kamu kenyang lebih lama karena mengandung serat yang tinggi. Satu buah pisang berukuran sedang, mengandung sekitar 105 kalori dan serat 3,1 gram. Buah ini kaya akan potasium yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung, menurunkan tekanan darah, hingga merawat fungsi ginjal. Pisang juga mengandung vitamin C dan B6.

Bagi kamu yang senang berolahraga saat diet, konsumsilah pisang untuk mengembalikan tenagamu yang telah terkuras. Selain itu pisang juga baik dikonsumsi karena mengantung fructooligosaccharide yang mengoptimalkan penyerapan kalsium ke tulang serta menjaganya  agar tidak hilang dalam tubuh. Adanya kandungan tersebut membuat pisang baik untuk kesehatan tulang dan mencegah osteoporosis.

Pisang telah terbukti mampu membantu menurunkan berat badan, seperti yang dilakukan oleh pria asal Jepang, Hitoshi Watanabe. Ia berhasil mengurangi bobotnya sebanyak 18 kilogram lewat metode Morning Banana Diet. Kuncinya adalah mengonsumsi pisang yang belum terlalu matang dan air hangat di pagi hari, serta menjauhkan diri dari stres. Menarik bukan?

4. Melon

Kandungan gula dalam melon dapat menjadi sumber energi apabila dikonsumsi saat diet. Teksturnya yang berair juga terasa menyegarkan dan membuat tubuh tetap terhidrasi. Buah ini juga kaya akan lycopene yang berfungsi sebagai antikanker.

Kalori yang dimiliki oleh melon juga tergolong rendah. Dalam 1 gelas yang berisi 150-160 gram melon terkadung sekitar 46-61 kalori. Seperti pisang, buah melon juga mengandung potasium serta vitamin C.

Meski begitu, kamu harus memperhatikan porsi melon saat diet karena indeks glisemiknya yang tinggi menyebabkan cepatnya proses pelepasan gula ke darah.

5. Plum

Buah yang satu ini kian popular karena fungsinya yang mampu menurunkan berat badan. Buah yang berwarna oranye ini bisa dimakan dalam keadaan segar atau diolah menjadi jus, manisan, atau dibuat menyerupai pasta.

Kandungan ferulic acid yang dimiliki plum berfungsi sebagai antikanker dan mampu menurunkan risiko kanker usus. Serat yang dimilikinya juga tinggi dan rendah kalori. Buah ini memiliki 60 kalori dalam 120 gram yang setara dengan dua buah plum kecil. Tingginya kandungan vitamin C dan A di dalamnya juga sangat baik untuk menurunkan berat badan.

Buah yang Harus Dihindari Saat Diet

Buah untuk Diet

Meski buah-buahan mengandung banyak vitamin dan mineral untuk tubuh, kamu harus tetap waspada pada beberapa buah tertentu karena mengandung gula yang tak sedikit. Beberapa di antaranya memiliki tingkat glisemik yang tinggi sehingga terlalu mudah dicerna dan mempengaruhi tingkatan gula dalam darah.

Jika dikonsumsi terlalu banyak, dapat menyebabkan tubuh terus-menerus menginginkan makanan manis dan berat badan menjadi tak terkontrol. Berikut adalah buah yang perlu kamu waspadai saat diet:

1. Leci

Ada sekitar 29 gram gula di dalam satu gelas leci. Buah ini juga rendah kalori sehingga sangat tidak disarankan untuk mengonsumsinya saat diet.

2. Mangga

Meski kaya akan karoten dan vitamin C, mangga yang matang memiliki 23 gram gula per gelasnya.

3. Pisang

Buah ini bagaikan pisau bermata dua dalam program dietmu. Pisang yang terlalu matang mengandung banyak gula yang mencapai 25% dari bobotnya sehingga perlu dihindari agar berat badanmu tak naik. Jika ingin menggunakan pisang sebagai buah untuk diet, pilih yang masih agak hijau dan tidak terlalu manis ya.

4. Ceri

Dengan rasa yang begitu manis, tak heran jika terkandung 18 gram gula dalam segelas ceri.

5. Anggur

Jangan sampai kamu mengonsumsi anggur terlalu banyak saat diet ya. Karena kandungan seratnya sangat rendah, sedangkan gula di dalamnya sangat tinggi.

Bagaimana? Ternyata kamu tidak bisa asal-asalan saja ketika mengonsumsi buah untuk diet ya. Perhatikan dengan seksama kandungan serat, gula dan kalori yang ada di dalamnya. Meskipun buah-buahan bagus untuk kesehatan, janganlah terlalu banyak mengonsumsi buah yang manis.

Kamu juga bisa melakukan konsultasi lebih lanjut kepada dokter atau ahli gizi, supaya mengetahui jenis diet apa yang cocok dan efektif bagi tubuhmu.

Related posts
Gaya HidupKebugaran

9 Cara Mengecilkan Betis Yang Bisa Kamu Coba

Diet & NutrisiKesehatan

9 Manfaat Buah Duku untuk Kesehatan dan Kecantikan

Diet & NutrisiGaya Hidup

Panduan Diet Keto Bagi Pemula

Gaya HidupKebugaran

6 Cara Membesarkan Bokong Dengan Olahraga