Diet & NutrisiGaya Hidup

Menu Buka Puasa untuk Diet

menu buka puasa untuk diet

Setelah berpuasa seharian, memang nikmat apabila kita menyantap makanan apa pun yang ada di depan mata. Namun, tentu saja hal ini bisa menimbulkan risiko pada tubuh, seperti gangguan pencernaan akibat kekenyangan atau kenaikan berat badan.

Baca Juga:

Kamu yang sedang berdiet perlu tahu makanan apa yang bisa kamu makan saat berbuka. Inilah menu buka puasa untuk diet yang bisa kamu coba.

Inspirasi Menu Buka Puasa untuk Diet

menu buka puasa untuk diet

Menu Takjil

Untuk takjil, mulailah dengan satu gelas teh manis hangat dengan gula yang tidak terlalu banyak (satu sendok teh cukup). Sebagai pelengkap, pilihlah 3 butir kurma. Untuk mengganjal perut hingga selesai tarawih, kamu bisa memilih salad sayuran yang berisi daun bayam, bawang bombay merah, tomat, potongan daging ayam, dan diberi perasan jeruk lemon.

Menu Makan Besar

Umumnya, orang baru akan makan besar setelah pulang salah tarawih. Ini sebetulnya pola konsumsi yang agak tricky. Jangan sampai wakt makanmu terlalu dekat dengan waktu tidurmu. Berilah jeda sekitar 3 jam antara keduanya.

Untuk menu makanannya, berikut beberapa yang bisa kamu coba:

  • Nasi Merah

    Lebih baik daripada nasi biasa, nasi merah memiliki kandungan zat besi yang lebih tinggi. Zat besi ini sangat baik untuk mencegah anemia. Alhasil, kamu tidak akan merasa lemas sekalipun seharian berpuasa. Jenis nasi ini sangat disarankan sebagai menu pokok makanan berbukamu.
  • Ayam Panggang

    Ayam panggang, khususnya bagian dada, bisa menjadi pilihan lauk yang baik untuk buka puasa. Kandungan proteinnya yang tinggi bisa membantu regenerasi sel tubuh. Bukan hanya itu, dada ayam panggang juga lebih baik ketimbang ayam goreng. Bagian dagingnya yang banyak membuatmu lebih cepat kenyang.
  • Sayur Bayam
    Seperti yang sudah dijelaskan di atas, serat merupakan unsur wajib menu buka puasa untuk diet. Tanpa serat, pencernaanmu dapat terganggu. Jika pencernaanmu terganggu, makanan yang masuk ke perutmu tidak bisa diolah secara lancar, dan akhirnya menumpuk dan mengganggu kinerja organ tubuh. Sayur bayam kuah bening merupakan pilihan menu kaya serat yang layak kamu coba. Di dalamnya, kamu bisa menambahkan wortel sebagai variasi rasa. Kuahnya yang lembut juga baik untuk kerongkongan yang kering akibat berpuasa seharian.
  • Capcay

    Capcay adalah salah satu cara paling praktis menikmati banyak sayuran sekaligus. Kamu bisa menggunakan brokoli, wortel, dan jamu sebagai isiannya. Hidangan ini juga cocok dimakan saat sahur karena praktis disajikan. Meskipun termasuk makanan yang praktis dibuat, capcay memiliki nilai gizi yang baik. Kuncinya, pilihlah sayuran yang masih segar dan minyak rendah kalori untuk menumisnya.Menu buka puasa untuk diet di atas bisa kamu jajal agar berat badanmu tak naik drastis akibat salah makan.

Tips Memilih Menu Buka Puasa untuk Orang Diet

menu buka puasa untuk diet

Secara umum, agar tidak menambah berat badanmu secara drastic, menu buka puasa yang kamu nikmati perlu disusun sedemikian rupa. Selain mempertimbangkan olahan menunya, perhatikan juga komposisi kandungan gizinya.

Berikut ini adalah pantangan dan rekomendasi menyantap hidangan buka puasa yang cocok untuk dietmu:

1. Utamakan serat dan protein

Kedua kandungan nutrisi ini sangat penting bagi tubuh yang sudah seharian menahan lapar. Serat membantu melancarkan saluran pencernaan, yang pastinya terganggu karena seharian tidak diisi makanan. Sementara itu, protein merupakan asupan yang kamu butuhkan untuk mengganti sel-sel tubuh yang rusak.

Kedua nutrisi ini dapat kamu temukan pada sayur-sayuran hijau dan buah-buahan. Makanya, jangan lupa menyertakan kedua jenis makanan tersebut ke dalam menu buka puasamu. Kamu bisa menyantapnya di awal buka, atau ketika makan besar.

2. Perhatikan konsumsi makanan dan minuman manis

Kita diajarkan untuk berbuka dengan hidangan manis, tapi kamu pun perlu ingat, mengonsumsi makanan manis terlalu banyak berbahaya bagi kesehatan dan berat badan.

Makanan manis memang lebih bisa membuat perut yang kosong cepat terasa kenyang. Sayangnya, makanan seperti ini cepat menimbun gula, apalagi kalau kamu tidak banyak bergerak, akan lebih berisiko untuk tubuh.

Cobalah batasi asupan manis seperti berikut: 1 gelas teh manis, buah-buahan manis seperti kurma, dan sedikit porsi nasi pada saat makan besar.

3. Batasi konsumsi gorengan

Sama seperti makanan manis, gorengan juga jadi kebiasaan konsumsi buka puasa orang Indonesia. Makanan jenis ini biasa jadi cemilan cepat saji. Tak heran, kudapan satu ini juga banyak sekali dijual begitu memasuki bulan Ramadhan.

Namun, gorengan mengandung lemak dan kolesterol yang tinggi. Kondisi minyak yang dipakai untuk menggoreng menyumbang banyak lemak jahat ke tubuhmu. Untuk itu, sebaiknya kamu mulai membatasi konsumsi gorengan dan menggantinya dengan jenis cemilan lain yang lebih sehat seperti buah, sayur, atau kacang-kacangan.

4. Minum air yang banyak

Minum air putih terbukti dapat memperlancar metabolisme tubuh. Tubuh yang kadar hidrasinya rendah akibat puasa seharian membutuhkan asupan air yang cukup agar system pencernaannya lancar. Makanya, kamu harus memastikan kebutuhan air putih 8 gelas per hari terpenuhi.

Tapi, satu hal yang harus kamu perhatikan, jangan minum terlalu banyak sekaligus. Biarkan pencernaanmu beradaptasi dengan makanan sedikit demi sedikit agar tidak begah. Kamu bisa mencoba rumus 2-2-2-2. Artinya, minumlah 2 gelas air saat berbuka, 2 gelas selepas tarawih, 2 gelas sebelum tidur, dan 2 gelas saat sahur.

5. Jaga porsi makan

Salah satu kunci menjaga berat badan saat berbuka puasa adalah menjaga porsi makan. Menu buka puasa untuk diet tidak akan berguna apabila kamu memakannya tanpa batasan. Hindari kebiasaan balas dendam menyantap banyak makanan saat berbuka.

Selain porsi, kamu juga harus memperhatikan komposisi gizi yang terkandung di dalam menu makanan. Pastikan kebutuhan akan karbohidrat, protein, dan lemak terpenuhi. Hitung juga jumlah kalori dari hidangan yang kamu makan. Dengan demikian, kamu bisa menjaga berat badanmu tetap ideal.

Kelima poin tersebut merupakan hal penting yang harus kamu perhatikan dalam mengonsumsi hidangan berbuka puasa. Setelah mengetahui prinsip-prinsip konsumsi makanan buka puasa yang ramah untuk dietmu, kamu bisa memulai memilih menu yang cocok untuk kamu nikmati.

Selain mencoba keempat menunya, jangan lupa untuk tetap memperhatikan lima hal ini ya. Kombinasi keduanya bisa membantumu menjalani puasa tanpa harus pusing akibat gagal diet. Selamat berpuasa dan tetap konsisten menjalankan diet ya!

Related posts
Gaya HidupKebugaran

Olahraga dengan Barbel untuk Pemula

Diet & NutrisiKecantikanRambut

12 Makanan untuk Rambut Sehat

Diet & NutrisiGaya Hidup

Hati-hati Memilih Salad Sayur untuk Diet

Gaya HidupKebugaranWanita

8 Olahraga untuk Payudara Kencang Alami