Diet & NutrisiGaya Hidup

7 Menu Buka Puasa yang Sehat untuk Dikonsumsi

menu buka puasa

Setalah seharian menahan diri dari rasa haus dan lapar, tubuh akan membutuhkan menu buka puasa yang sehat untuk dikonsumsi agar energi dan nutrisi yang dibutuhkan tubuh kembali terpenuhi. Cairan dalam tubuh ketika berpuasa otomatis akan berkurang dan sesegera mungkin harus dikembalikan.

Baca Juga:

Selain sahur, waktu berbuka puasa juga menjadi momen yang penting untuk menjaga kesehatan tubuh. Jangan sampai menu buka puasa yang dikonsumsi sembarangan dan tidak memenuhi jumlah gizi yang diperlukan.

Menu Buka Puasa Sehat

menu buka puasa

Bulan puasa bisa juga dijadikan sebagai momentum untuk memulai program hidup sehat. Pola hidup sehat di bulan ramadan adalah dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung gizi tinggi pada saat sahur dan berbuka puasa.  Berikut menu buka puasa atau menu takjil sehat yang bisa kamu konsumsi.

1. Kurma

Buka puasa memang  indentik dengan buah kurma sesuai dengan anjuran Nabi. Selain itu, kurma juga merupakan menu buka puasa sehat dan juga praktis. Di dalam buah kurma ini mengandung zat besi, serat, mineral, dan juga gula alami.

Jika selama berpuasa kamu merasa pusing atau sakit kepala, kemungkinan hal itu disebabkan oleh kurangnya kadar gula darah dalam tubuh. Sebaiknya, saat berbuka memakan minimal 3 biji buah kurma untuk mengembalikan glukosa dalam tubuh.

2. Kolak biji salak

Menu buka puasa sehat lainnya adalah kolak biji salak. Kandungan karohidrat dalam ubi bisa mengembalikan tenaga yang hilang selama menjalankan puasa. Jangan terlalu manis agar kolak biji salak yang kamu konsumsi lebih sehat.

3. Oatmeal

Oatmeal diketahui kaya akan serat dan bisa memberikan rasa kenyang yang lebih lama. Memilih menu buka puasa sehat dengan oatmeal bisa menjadi pilihan, terlebih jika kamu sedang menjalankan program diet.

Agar semakin lezat dan nikmat, bisa dengan menambahkan campuran buah-buahan segar, susu rendah lemak, madu, dan bahan yang sehat lainnya untuk mendapatkan rasa yang lebih bervariasi.

4. Kelapa muda

Melepaskan dahaga setelah seharian berpuasa paling nikmat dengan minum air kelapa muda. Tentu saja air kelapa muda bisa mengembalikan ion tubuh yang hilang saat berpuasa.

Air kelapa muda bisa dikreasikan lagi untuk mendapatkan rasa yang semakin segar untuk buka puasa. Kamu bisa menambahkan air perasan jeruk atau menambahkan gula merah agar semakin nikmat.

5. Sup

Menu buka puasa sehat selanjutnya adalah sup. Sup ini bisa kamu kreasikan dengan mencampurkan bahan-bahan seperti sayuran segar, daging ayam, jamur, bakso, dan bahan-bahan yang sehat dan bergizi lainnya. Sup ini tentu saja mengandung banyak manfaat untuk mengembalikan kondisi kamu yang hilang selama berpuasa.

6. Salad sayur dan buah

Menu takjil sehat lainnya adalah salad sayur dan juga buah yang kaya akan vitamin dan juga serat. Sayur dan buah jika dikonsumsi saat berbuka bisa mengembalikan tenaga yang hilang.

Yang paling penting, mengonsumsi salad sayur dan buah ini ketika buka puasa, tidak akan membuat perut menjadi begah. Dengan begitu momen berbuka puasa akan lebih menyenangkan.

7. Ikan bakar

Ternyata memilih ikan bakar sebagai menu buka puasa sangat bagus untuk kamu yang sedang menjalani program diet. Ikan merupakan lauk dengani kandungan lemak yang rendah. Tetapi dalam pengolahannya perlu diperhatikan.

Jangan sampai ikan dibakar hingga terlalu gosong karena makanan yang terlalu gosong berisiko tinggi menyebabkan kanker. Jangan sampai menu buka puasa sehat yang ingin dikonsumsi malah menyebabkan munculnya penyakit baru.

Kesalahan Saat Buka Puasa

menu buka puasa

Buka puasa adalah waktu yang paling ditunggu-tunggu setelah menahan hawa nafsu hampir seharian. Tentu saja menu buka puasa yang disediakan juga sesuai dengan keinginan dan merupakan menu sehat pastinya. Namun, tak jarang terjadi kesalahan saat buka puasa yang tanpa sadar dilakukan seperti berikut ini.

1. Makan dan minum terburu-buru

Buka puasa memang harus disegerakan ketika masuk waktunya. Tetapi makan dan minum yang terlalu cepat atau terburu-buru bisa mengganggu sistem pencernaan tubuh. Terlebih jika asupan yang kamu konsumsi tidak diperlukan tubuh. Agar selalu sehat, hindari makan terlalu cepat dan makanlah secara perlahan.

2. Porsi makan besar

Kamu harus bisa mengontrol nafsu makan saat buka puasa karena makan yang terlalu banyak dalam waktu bersamaan bisa mengganggu pencernaan. Perut bisa menjadi kram, mual, bahkan bisa mengakibatkan muntah.

3. Minum kopi

Buka puasa dengan minum kopi sangat tidak disarankan karena mengandung kafein yang bisa membuat cairan tubuh hilang. Dengan begitu kamu akan meningkatkan rasa haus.

Minuman bergula seperti kopi juga diserap lebih cepat sehingga membuat kamu lebih cepat lapar. Yang paling parah, minum kopi saat buka puasa bisa mengakibatkan kembung dan gangguan pencernaan lainnya karena kopi mengencerkan asam lambung.

4. Makanan pedas

Menu buka puasa yang terlalu pedas juga tidak disarankan karena cabai dalam porsi berlebihan bisa merangsang kambuhnya penyakit maag dan bisa mengakibatkan diare.

Related posts
Gaya HidupKebugaran

Olahraga dengan Barbel untuk Pemula

Diet & NutrisiKecantikanRambut

12 Makanan untuk Rambut Sehat

Diet & NutrisiGaya Hidup

Hati-hati Memilih Salad Sayur untuk Diet

Gaya HidupKebugaranWanita

8 Olahraga untuk Payudara Kencang Alami