Diet & NutrisiGaya Hidup

10 Menu Sehat Untuk yang Diet Saat Puasa

Sebentar lagi bulan puasa tiba. Beberapa orang seringkali merasa berat badannya naik saat puasa. Bukan apa-apa, pilihan makanan saat bulan puasa itu seperti naik dua kali lipat dari hari-hari biasa. Dan kebanyakan yang ditawarkan adalah makanan manis dan berlemak.

Baca Juga:

Bagi kamu yang tengah menjalankan diet, godaan makanan saat puasa tentu menjadi salah satu tantangan yang harus dihadapi agar diet kamu tidak berantakan. Nah, agar diet lancar dan berat badan tidak naik saat puasa, cobain yuk 10 menu diet saat puasa berikut ini!

Menu Diet untuk Sahur

Bangun tidur di tengah malam seringkali terasa berat. Apalagi jika kamu kelelahan setelah beraktivitas penuh di siang hari. Agar tetap bersemangat menyantap sahur, usahakan makanan yang kamu santap adalah makanan yang enak dan kamu sukai, tetapi juga aman untuk diet yang sedang dijalani.

1.Ayam Panggang dan Telur

diet saat puasa

Salah satu menu diet saat puasa yang nikmat adalah ayam panggang dan telur. Untuk membuat ayam panggang, kamu bisa membuatnya di rumah atau membeli di luar. Jika kamu lebih suka memasak sendiri, lebih baik kamu membuatnya setelah shalat tarawih saja karena memasak ayam panggang cukup memakan waktu. Konsepnya sama dengan jika kamu membeli ayam panggang di luar, yaitu menghangatkan ayam panggang saat waktu sahur tiba agar terasa hangat.

Untuk menemani lauk ini, kamu bisa menambahkan scrambled egg, dimasak bersama tahu yang dihancurkan. Jangan lupa mengkonsumsi sayur misalnya bayam, brokoli, dan jagung kukus. Jagung ini berfungsi sebagai sumber karbohidrat pengganti nasi. Kalau kurang, kamu juga bisa menyantap salad buah sebagai tambahan serat.

2. Steak Sehat

diet saat puasa

Kamu juga bisa memilih menyantap steak sebagai sumber energi di siang hari lho! Usahakan daging yang kamu siapkan menjadi steak itu kira-kira 60 gram atau setara dengan 200 kalori. Bumbunya bisa kamu buat sendiri atau menggunakan bumbu steak kemasan dari supermarket.

Jangan mengkonsumsinya bersama nasi, tapi lengkapi dengan kentang yang direbus bersama dengan kulitnya. Agar menu diet saat puasa ini semakin sehat, tambahkan tumisan wortel, jagung, dan juga buncis.

3. Oatmeal Daging

diet saat puasa

Salah satu kunci dalam memilih menu diet saat puasa adalah mengganti karbohidrat dari nasi dengan sumber lainnya. Misalnya oatmeal, makanan berasal dari tumbuhan serealia yang cukup mengenyangkan. Biasanya dicampurkan dengan buah-buahan. Tapi untuk menu sahur, sajian oatmeal harus cukup berenergi.

Oatmeal daging adalah pilihan yang tepat. Dagingnya bisa berasal dari daging panggang atau rebus untuk menghindari minyak. Lengkapi juga dengan telur dadar yang dimasak bersama bayam merah, dan kacang merah yang direbus. Agar proses pencernaan tetap berjalan baik, mengkonsumsi buah apel dan pisang akan sangat berguna.

4. Sandwich Gandum

diet saat puasa

Masih dalam rangka menemukan menu makanan sahur untuk orang diet, ganti nasi yang biasa kamu konsumsi dengan roti gandum. Gandum sama dengan beras, yaitu sama-sama dikenal sebagai sumber karbohidrat.

Roti gandum ini akan nikmat disajikan dalam bentuk sandwich. Layaknya sandwich biasa, kamu bisa menggunakan telur dan daging ham atau daging asap sebagai bahan isian utama. Bahan tambahannya berupa selada, tomat, wortel, dan timur. Agar terasa lebih kenyang, siapkan juga salad buah dengan dressing greek yogurt untuk disantap.

5. Ayam Rebus Sayur Oyong

diet saat puasa

Takut merasa lemas karena tidak memakan nasi saat sahur? Baiklah, kamu bisa kok makan nasi saat sahur, tapi pilih nasi merah ya. Nasi memang sumber karbohidrat terbaik yang biasa dikonsumsi orang Indonesia. Sedikit perubahan dari nasi putih ke nasi merah akan terasa lebih ringan untuk tetap menjalani diet saat berpuasa.

Nasi paling cocok dimakan bersama sayur dan lauk pauk yang lengkap. Sayur oyong yang bening bisa kamu pilih untuk menemani nasi merah. Lauknya berasal dari daging ayam yang direbus serta tahu dan tempe. Bisa juga kamu tambahkan dengan rebusan wortel, kol, dan jagung. Agar makanan sahur ini terasa segar, konsumsi juga buah semangka ya.

Menu Diet untuk Buka Puasa

Waktu buka puasa bukan jadi momen pembalasan untuk makan ini itu ya. Berikut rekomendasi menu berbuka puasa bagi kamu yang menjalankan diet.

1. Ayam Panggang Pepes Tahu

diet saat puasa

Seperti yang disebutkan pada menu sahur, ayam panggang juga bisa kamu konsumsi sebagai makanan berbuka. Untuk menyempurnakan program diet puasa kali ini, coba pilih ayam panggang tanpa kulit. Tujuannya untuk mengurangi kandungan kalori di dalamnya namun tetap dapat melengkapi kebutuhan nutrisi tubuhmu.

Untuk menemani ayam panggang sebagai lauk saat berbuka puasa, pepes tahu bisa menjadi kombinasi yang pas. Jangan lupa memilih nasi merah sebagai pengganti nasi putih. Dan konsumsi juga sayur bayam dan jagung kira-kira 150 gram saja. Konsumsi buah juga akan semakin menyehatkan dietmu. 3/4 buah mangga mungkin bisa menjadi pilihan.

2. Pindang Bacem

diet saat puasa

Setelah berpuasa sehari penuh, rasanya butuh asupan yang lengkap dan nikmat. Tapi jangan berlebihan karena bisa menggagalkan program diet puasa yang kamu jalani. Ingat, porsi yang kamu makan harus disesuaikan dengan usaha dietmu.

Lauk yang bisa dipilih misalnya ikan pindang dan tempe bacem, masing-masing sekitar 50 gram. Kedua lauk ini tidak sulit kok ditemukan di bulan puasa. Jangan lupa menambahkan sayuran sebagai pelengkap, misalnya tumis buncis toge tahu. Lalu lengkapi dengan nasi merah. Agar lebih menyehatkan, konsumsi satu buah apel sebelum menyantap makananmu.

3. Sup Ayam Makaroni

diet saat puasa

Saat berbuka puasa, kadang kita memiliki keinginan-keinginan khusus. Sedang ingin makanan segar, makanan fast food, makanan berkuah, dan sebagainya. Bagi kamu yang sedang menjalani diet, punya keinginan seperti ini bukan masalah. Misalnya ketika kamu sedang ingin memakan makanan berkuah, kamu tetap bisa menjalani diet dengan menu khusus.

Cobalah membuat sup ayam macaroni yang disantap tanpa nasi atau dengan nasi merah. Sop ini sudah mengandung nutrisi lengkap. Ada sayuran berupa wortel dan buncis. Karbohidrat berasal dari kentang dan macaroni. Sedangkan lauknya tentu dari potongan ayam dalam sup yang berkuah bening ini.

4. Pecel

diet saat puasa

Bersyukurlah orang Indonesia karena tinggal di negara yang kaya akan nilai budayanya. Dilihat dari segi kesenian, sejarah, hingga makanan. Ada salah satu makanan tradisional yang bisa dijadikan sebagai menu berbuka puasa. Rasanya enak tapi cocok untuk orang yang sedang menjalani diet. Makanan yang dimaksud adalah pecel.

Pecel adalah campuran sayur yang disajikan dengan bumbu kacang. Sayurnya berupa kacang panjang, bayam, toge, wortel, sawi, timun, labu siam, dan toge yang dipotong-potong dan direbus. Biasanya dilengkapi juga dengan telur dan kerupuk. Sayuran yang beragam ini diolah seperti salad namun menggunakan bumbu kacang. Satu porsi pecel sudah cukup dijadikan makanan yang mengenyangkan namun menyehatkan.

5. Nasi Tim

diet saat puasa

Satu lagi makanan praktis yang bergizi, cocok untuk kamu yang sedang berdiet di bulan puasa. Dikatakan praktis karena cara memasaknya mudah. Makanan yang dimaksud adalah nasi tim yang lengkap dengan lauk dan sayuran. Agar tidak menggagalkan program dietmu, gunakan beras merah atau beras hitam untuk nasi tim ini ya.

Lauk nasi tim berasal dari ayam yang direbus dan disuwir-suwir setelahnya. Sayuran berasal dari tumisan wortel, jamur, bawang bombay, bawang putih, dan bumbu lain sebagai perasa. Saat menumis, ayam dan nasi juga ikut dicampurkan, seperti sedang memasak nasi goreng. Bedanya, tumisan ini hanya dilakukan sebentar. Peresapan bumbunya terjadi saat semua bahan yang sudah dicampurkan ini dikukus dalam mangkung selama 25 menit sebelum disajikan.

Itulah 10 menu yang bisa kamu nikmati ketika diet walaupun sedang berpuasa. Ingat, selalu perhatikan asupan gizimu ya.

Related posts
Gaya HidupKebugaran

Olahraga dengan Barbel untuk Pemula

Diet & NutrisiKecantikanRambut

12 Makanan untuk Rambut Sehat

Diet & NutrisiGaya Hidup

Hati-hati Memilih Salad Sayur untuk Diet

Gaya HidupKebugaranWanita

8 Olahraga untuk Payudara Kencang Alami