Diet & NutrisiGaya Hidup

6 Menu Diet Vegan Spesial untuk Pemula

menu diet vegan

Menjadi seorang vegetarian semakin banyak dipilih orang-orang yang ingin hidup sehat dengan mengonsumsi makanan yang berasal dari tumbuhan. Menjadi vegan membutuhkan komitmen karena ada banyak jenis makanan yang tidak bisa dikonsumsi, terutama daging.

Baca Juga:

Namun bukan berarti hidup sebagai vegan sangat tidak asyik ya! Ada banyak menu makanan vegan yang tak kalah enaknya dari menu biasa. Nah bagi kamu yang baru ingin menjadi seorang vegan, berikut Okadoc punya menu diet vegan yang pas dicoba untuk pemula.

Keuntungan Menjadi Vegetarian

menu diet vegan

Syarat menjadi vegetarian di yaitu hanya menerima sumber energi dari makanan yang berasal dari sayuran, buah-buahan, biji-bijian, kacang-kacangan dan jamur.

Daging, ikan, dan unggas adalah beberapa bahan makanan yang dihindari. Walaupun menghindari makanan yang berasal dari hewan, bahan turunannya seperti madu, telur, dan susu sesekali masih ditoleransi.

Bagi yang masih anggap diet vegan sebelah mata, berikut adalah beberapa manfaat dari diet vegan atau vegetarian ini.

  • Mencegah penyakit kardiovaskular atau penyakit yang berhubungan dengan jantung dan pembuluh darah.
  • Mengurangi resiko kanker karena makanan vegetarian umumnya mengandung zat antioksidan, fitokimia, mineral, vitamin, dan nutrisi lain yang baik untuk tubuh.
  • Meningkatkan asupan gizi baik yang dibutuhkan oleh tubuh.
  • Memperlancar pencernaan karena makanan yang dikonsumsi mengandung banyak serat.
  • Menyeimbangkan kolesterol karena sayur dan buah-buahan tidak mengandung lemak jenuh yang dapat menimbulkan bobot tubuh berlebih.

Menu Diet Vegan Spesial untuk Pemula

Gaya hidup vegetarian tidak mudah untuk dilakukan. Terutama jika kamu yang masih pemula atau baru sekedar ingin mencoba-coba.

Agar lebih terasa menyenangkan, kamu bisa menyiasatinya dengan memilih atau memasak makanan sendiri dengan resep menu diet vegan atau vegetarian berikut ini:

1. Sushi Jamur

menu diet vegan

Salah satu makanan populer yang terasa berat untuk dihindari adalah sushi. Sushi adalah makanan yang berasal dari Jepang, menggunakan ikan dalam penyajiannya. Untuk yang tidak menyukai ikan biasanya diganti dengan ayam. Lauk-pauk pada sushi ini tidak bisa dikonsumsi oleh orang yang vegetarian.

Tapi kamu bisa membuat menu diet vegan sendiri loh. Ganti saja ikan atau daging ayam tersebut dengan jamur. Jamur memiliki tekstur yang berbeda dengan sayuran namun menyerupai daging. Cara membuatnya sama dengan membuat sushi pada umumnya.

Jangan lupa selimuti bagian luar sushi-mu dengan nori agar cita rasa Jepangnya tidak hilang.

2. Nugget Vegan

menu diet vegan

Nugget merupakan salah satu makanan praktis yang sering dijadikan pelengkap sarapan di rumah atau sekedar cemilan saat sedang menonton film. Rasanya enak, tapi sayang tidak termasuk makanan vegetarian.

Tapi kamu sendiri juga bisa membuat nugget vegan saat ada waktu luang. Cara membuat menu diet vegan yang satu ini cukup mudah.

Siapkan sayur bayam, wortel, bawang bombay, dan bawang putih sebagai bahan utama. Jumlahnya sesuai dengan selera, lalu dihaluskan. Tambahkan gula, garam, lada hitam, bubuk pala, dan bubuk jamur sebagai perasa.

Setelah semua bahan diaduk rata dengan tambahan air yang cukup, kukus adonan nugget tersebut. Potong adonan nugget sesuai dengan selera. Sama seperti nugget lain, selimuti nugget kukus tersebut dengan telur dan tepung panir. Terakhir, goreng nugget vegan hingga matang dan kecoklatan.

3. Steak Tempe

menu diet vegan-

Makanan lain yang nikmat adalah steak. Sayang, bahan utamanya adalah daging, baik daging merah atau ayam dan makanan laut. Tapi para vegetarian harus selalu kreatif untuk dapat konsisten menjalani gaya hidupnya. Kamu tetap bisa menjadi vegetarian dengan membuat steak tempe sebagai menu diet vegan.

Ganti lauk yang tidak bisa kamu konsumsi dengan tempe. Tempe juga sering dijadikan pengganti lauk, karena serat dan teksturnya lebih menyerupai daging dibanding sayuran.

Cara membuat steak tempe sangat mudah, yaitu dengan mengukus tempe terlebih dahulu. Setelah itu haluskan tempe dan campurkan dengan bawang putih, garam, dan merica sesuai selera.

Tempe bisa langsung digoreng atau dipanggang. Bisa juga diselimuti dulu dengan telur dan terigu sebelumya. Setelah matang, jangan lupa sajikan dengan saus steak yang bisa kamu beli di supermarket, serta sayuran dan kentang sebagai pelengkap.

4. Hotdog Vegan

menu diet vegan

Hotdog ini adalah roti isi sosis ditambah selada, tomat atau timun yang segar. Untuk menu diet vegan, kamu bisa mengganti sosis dengan wortel berukuran sedang. Pertama-tama rebus wortel terlebih dahulu selama 12 menit.

Siapkan bumbu barbeque atau bumbu rumahan yaitu campuran kaldu sayuran, kecap, cuka apel, bawang putih bubuk, dan paprika. Campurkan apel yang sudah direbus dengan bumbu yang sudah disiapkan, lalu diamkan selama 3 jam dalam lemari es agar rasa gurihnya meresap ke dalam. Setelah itu, panggang wortel dan roti sesuai selera, dan nikmati selagi hangat.

5. Sate Jamur

menu diet vegan

Sebelumnya sudah disebutkan kalau daging dan lauk sejenisnya bisa digantikan dengan jamur karena tekstur dan rasanya. Maka dari itu, jamur harus disajikan dalam berbagai resep agar para vegetarian tidak bosan mengkonsumsinya. Misalnya dengan membuat sate jamur.

Pertama-tama, potong jamur tiram sesuai selera dan tusukkan pada tusuk sate. Kemudian tumis bumbu sate yaitu bawang putih dan bawang merah yang dihaluskan, ditambah dengan kecap manis, daun jeruk, dan garam secukupnya.

Bumbu ini digunakan untuk dioleskan pada jamur, sebelum jamur dibakar atau dipanggang. Sajikan sate jamur yang sudah matang dengan saus kecap dengan tambahan cabai sesuai selera.

6. Yoghurt Lemon Smoothies

menu diet vegan

Yang terakhir, jangan lupa minuman yang menyegarkan. Segera siapkan bahan dan blender untuk membuat yoghurt lemon smoothie ya.

Bahan-bahan yang dibutuhkan di antaranya 1/2 sendok teh lemon parut, 1/2 gelas yoghurt, 1/2 gelas santan, 1 sendok teh madu, 1/2 sendok teh kunyit halus, 1/2 inch jahe kupas, dan 1 sendok teh mentega kelapa.

Campurkan semua bahan dengan es batu secukupnya, lalu haluskan dengan blender. Setelah terlihat halus dan creamy, artinya yoghurt lemon smoothie siap dinikmati.

Jangan takut memulai gaya hidup vegan. Sebagai permulaan, kamu bisa mencobanya selama seminggu atau sebulan secara rutin dalam periode tertentu. Misalnya konsisten hidup ala vegetarian selama sebulan, istirahat selama dua bulan, lalu mulai kembali di bulan ketiga setelahnya.

Kamu tidak perlu memaksakan proses jika merasa kesulitan. Perlahan tapi pasti, asal punya komitmen tinggi, kamu akan mulai terbiasa dengan gaya hidup vegetarian. Enam resep menu diet vegan dapat membantumu menikmati gaya hidup sehat seperti ini. Selamat mencoba!

Related posts
Gaya HidupKebugaran

9 Cara Mengecilkan Betis Yang Bisa Kamu Coba

Diet & NutrisiKesehatan

9 Manfaat Buah Duku untuk Kesehatan dan Kecantikan

Diet & NutrisiGaya Hidup

Panduan Diet Keto Bagi Pemula

Gaya HidupKebugaran

6 Cara Membesarkan Bokong Dengan Olahraga