Diet & NutrisiGaya HidupResep

5 Menu Sarapan Untuk Diet yang Mudah dan Praktis

sarapan untuk diet

Belakangan ini, ada begitu banyak metode diet yang populer, diklaim efektif dan diikuti oleh banyak orang. Sayangnya, beberapa orang terjebak pada pola diet yang salah. Mereka mengurangi kuantitas asupan nutrisi secara ekstrim dengan porsi makan yang sangat sedikit, serta melewatkan beberapa jam makan, diantaranya adalah sarapan.

Sebagian orang berpikir dengan melewatkan sarapan, maka asupan nutrisi mereka akan berkurang sehingga berat badan pun akan menurun dalam waktu singkat. Padahal, sarapan memegang peran penting terutama dalam metabolisme tubuh.

Baca Juga:

Sarapan justru akan membantu melancarkan metabolisme tubuh serta membantu tubuh untuk membakar kalori. Mengkonsumsi sarapan dengan nutrisi lengkap seperti protein dan yang lain, membuat perut menjadi kenyang dalam waktu yang cukup lama, yang artinya akan ada jeda yang cukup lama pula bagimu untuk jam makan selanjutnya. Langkah yang tepat untuk mengawali pagi hari, bukan?

Nah bagi kamu yang baru saja menjalani diet dan kebingungan mencari ide menu sarapan untuk diet, berikut ada beberapa referensi resep sarapan pagi untuk diet yang bisa kamu coba.

1. Telur Rebus

sarapan untuk diet

Yup, menu sarapan diet murah nan praktis yang satu ini wajib kamu coba. Telur kerap dituding sebagai bahan makanan yang menjadi biang penyebab serangan jantung atau tingginya kadar kolesterol pada darah. Padahal, kenyataannya telur justru merupakan salah satu jenis makanan yang efektif untuk menurunkan berat badan.

Tingginya kandungan protein serta lemak sehat pada telur akan membantumu merasa lebih cepat kenyang namun dengan jumlah kalori yang terbatas. Sifat telur yang padat nutrisi yakni mengandung 13 jenis vitamin serta mineral penting melengkapi kebutuhan nutrisi yang diperlukan oleh tubuh.

Sebuah studi menyatakan bahwa konsumsi telur pada saat sarapan dapat membantu kita untuk tidak makan berlebihan, terutama jika dibandingkan dengan jenis makanan lain seperti misalnya roti bagel.

Oleh sebab itu, mengonsumsi telur rebus sebagai menu sarapan diet yang mengenyangkan adalah salah satu cara praktis untuk menekan nafsu makan dan menurunkan berat badan. Sebagai variasi menu, kamu bisa tambahkan sayuran rebus seperti brokoli ataupun wortel untuk menemani telur rebusmu.

2. Smoothies Buah

sarapan untuk diet

Sarapan yang manis dan segar, kenapa tidak? Agar harimu terasa lebih ceria, kamu bisa mencoba smoothie buah sebagai menu sarapanmu. Smoothie biasanya bertekstur kental, terdiri atas buah, yoghurt, serta susu. Beberapa buah yang biasanya dibuat smoothie adalah pisang, alpukat, hingga blueberry.

Eits, tidak perlu khawatir, kamu boleh saja membuat smoothie dengan buah favorit pilihanmu sendiri. Biasanya, untuk orang yang sedang menjalani diet, pisang dan alpukat adalah buah favorit karena mampu mengenyangkan dalam waktu yang cukup lama dan memiliki rasa yang lebih netral, tidak terlalu asam seperti jenis beri-berian. Pilih susu jenis low-fat tanpa tambahan gula untuk menambah nutrisi, serta yoghurt plain yang kaya akan zat asam linoleat, baik untuk menjaga bentuk tubuh.

Jika kamu bosan dengan cara penyajian smoothie di gelas, kamu bisa berkreasi dengan menuangkannya di mangkuk dan menambahkan topping potongan buah segar serta biji-bijian seperti flax seed, atau menambahkan jenis sereal seperti granola maupun muesli. Voila! Jadilah smoothie bowl kekinian yang sehat dan terlihat cantik untuk diposting ke Instagrammu.

3. Oatmeal

sarapan untuk diet

Menu yang satu ini cukup populer sebagai pengganti nasi di Indonesia. Sifatnya yang mengenyangkan dan rasa yang cukup netral sehingga bisa dikombinasikan dengan bahan makanan lain baik yang ber-cita rasa asin ataupun manis, nampaknya membuat oatmeal menjadi salah satu alternatif makanan pokok yang disukai.

Hal ini dikarenakan oatmeal mengandung serat serta beta-glukan yang berfungsi untuk meningkatkan rasa kenyang, sehingga kamu akan merasa kenyang dalam waktu lama dan mencegahmu untuk makan secara berlebih. Konsumsi oatmeal secara rutin juga dapat membantu kamu menjadi lebih berenergi, menurunkan kadar gula dalam darah, hingga membuatmu terhindar dari resiko penyakit jantung.

Cara masak oatmeal juga cukup mudah, terutama jenis oatmeal instan yang banyak tersedia di berbagai minimarket, kamu hanya perlu menyeduh oatmeal dengan air panas. Untuk menu sarapan, kamu bisa mengganti air panas untuk seduhan oatmeal dengan susu rendah lemak alias low-fat. Agar tidak terasa hambar, kamu juga dapat berkreasi dengan menambahkan berbagai bahan lain seperti misalnya tumbukan buah pisang.

4. Pancake

sarapan untuk diet

Pancake dikenal sebagai salah satu menu sarapan wajib di berbagai negara di benua Eropa. Teksturnya yang padat dan mengenyangkan membuat pancake cocok menjadi menu sarapan bagi kamu yang sedang diet. Cara membuatnya pun cukup mudah dan tergolong simpel. Siapkan tepung protein, satu gelas susu, serta putih telur. Aduk perlahan hingga menyatu, kemudian tuangkan pada wajan anti lengket yang telah diolesi margarin.

Apabila kamu menginginkan tambahan rasa, kamu bisa mencampurkan adonan pancake dengan buah-buahan yang telah dihaluskan. Untuk menambah rasa manis pada pancake, kamu bisa menuangkan sirup maple atau madu sebagai toppingnya. Sajikan saat masih hangat, akan lebih lengkap bila ditemani secangkir teh hijau hangat. Hmm, yummy!

5. Scrambled Tofu

sarapan untuk diet

Sesuai namanya, scrambled tofu merupakan hidangan berbahan dasar tahu yang dimasak dengan cara orak-arik layaknya telur. Untuk membuatnya, terlebih dahulu siapkan bawang merah dan bawang putih yang sudah dipotong, tumis dengan olive oil kemudian masukkan tahu yang telah dihancurkan .

Tambahkan bubuk jinten, lada, dan sedikit garam sebagai penyedap. Kamu juga bisa menambahkan potongan jamur atau paprika sebagai variasi rasa. Aduk hingga matang, kemudian angkat dan tuangkan di wadah. Tambahkan daun basil atau bubuk oregano apabila suka, dengan jumlah sesuai selera. Gampang sekali, bukan? Rasanya juga sudah pasti dijamin menggugah selera.

Nah itu dia beberapa referensi menu sarapat sehat yang cocok untuk diet, praktis dan juga ekonomis. Jangan lewatkan sarapan lagi ya!

Related posts
Gaya HidupKebugaran

Olahraga dengan Barbel untuk Pemula

Diet & NutrisiKecantikanRambut

12 Makanan untuk Rambut Sehat

Diet & NutrisiGaya Hidup

Hati-hati Memilih Salad Sayur untuk Diet

Gaya HidupKebugaranWanita

8 Olahraga untuk Payudara Kencang Alami