Gaya HidupKebugaran

Olahraga dengan Barbel untuk Pemula

barbel untuk pemula

Tubuh yang sehat dan bugar bisa dicapai salah satunya dengan rajin berolahraga. Olahraga ada dua macamnya, yaitu untuk meningkatkan kemampuan fisik dan untuk meningkatkan kemampuan mental. Olahraga untuk meningkatkan kemampuan fisik ini ada banyak yang bisa dilakukan, salah satunya dengan olahraga dengan barbel.

Baca Juga:

Biasanya olahraga untuk meningkatkan kemampuan fisik ini untuk menguatkan otot atau untuk meningkatkan penampilan. Ini memang digemari oleh banyak orang yang ingin memperbaiki penampilannya. Kebanyakan memang pria, tapi tidak sedikit juga wanita gemar melakukannya.

Manfaat Olahraga dengan Barbel

barbel untuk pemula

Olahraga dengan barbel tentu saja punya berbagai manfaat selain  untuk menguatkan tangan dan membuat penampilan kamu lebih ‘garang’. Apa saja? Yuk simak berikut ini!

1. Meningkatkan kekuatan otot

Ini berkaitan dengan penggunaan gerak otot. Otot akan terlatih jika sering bergerak. Semakin jarang otot terangsang, semakin tidak terlatih otot tersebut. Ini akan membuat massa otot semakin kecil dan tidak berkembang. Berbeda halnya dengan kamu yang sering mengangkat beban, maka otot pun akan berkembang dengan bagus.

Otot akan membesar jika sering dilatih mengangkat beban berat dan dalam waktu yang sesering mungkin. Nah, dengan mengangkat beban berat dari barbel ini, kekuatan otot kamu pun akan bertambah juga.

2. Meningkatkan kekuatan tulang

Tidak hanya masa otot yang bertambah, angkat barbel juga bisa meningkatkan kekuatan tulang kamu, lho. Sebab, mengangkat beban yang berat akan membuat otot tangan terangsang membentuk sel baru. Meningkatnya kekuatan tulang akan membuat tulang juga semakin kuat. 

Ini akan sangat bermanfaat bagi kamu terlebih jika sudah masuk usia tua nanti. Sebab, semakin bertambahnya usia, massa tulang secara perlahan akan menyusut. Kemudian akan banyak timbul resiko cedera setelahnya, terlebih di daerah pinggul. Dengan latihan mengangkat beban sedari muda, akan mampu memadatkan massa tulang pinggul kamu. Latihan dari sekarang ya.

3. Menjaga keseimbangan kadar gula dalam darah

Olahraga dengan barbel ternyata juga baik bagi kesehatan. Menurut penelitian yang dilakukan di Australia, para responden penelitian menunjukkan adanya penurunan kadar gula dalam keadaan stabil setelah empat bulan berlatih angkat beban.

Sebelumnya, responden yang diteliti ini merupakan penderita diabetes tipe-2. Ternyata dengan angkat barbel tidak hanya menurunkan lemak, tetapi juga membuat tubuh kamu bisa lebih sensitif pada hormon insulin yang membuat kadar gula kamu lebih stabil.

4. Membentuk tubuh

Tahukah kamu bahwa orang yang berusia 30-50 tahun akan mengalami penurunan massa otot hingga 10 persen dan setelahnya akan menurun lagi. Massa otot ini akan digantikan oleh adanya lemak.

Menurut penelitian ini, hal yang sama juga akan terjadi pada orang yang memiliki berat badan ideal. Oleh sebab itu, jagalah otot kamu dengan rutin angkat barbel agar bentuk tubuh kamu tetap bagus.

5. Menurunkan lemak tubuh

Jika ingin menurunkan berat badan dengan signifikan, rutinlah olahraga dengan barbel. Sebab dengan angkat beban ini kadar lemak kamu bisa turun hingga 40 persen. Ini sudah dibuktikan oleh penelitian yang dilakukan di Penn State University dengan responden yang melakukan tiga jenis olahraga yang  berbeda.

Dari hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa kelompok yang melakukan angkat beban mengalami penurunan lemak 40 persen lebih banyak.

Olahraga Dengan Barbel untuk Pemula

barbel untuk pemula

Olahraga angkat barbel tidak harus di tempat gym kok. Kamu bisa melakukan sendiri di rumah dengan tutorial yang benar. Berikut beberapa gerakan olahraga dengan barbel untuk pemula yang bisa kamu coba.

1. Barbel Lateral dan Front Raise

Gerakan ini berfungsi memperkuat otot bahu dan juga lengan. Cara melakukannya juga mudah. Untuk gerakan lateral raise, pertama-tama ambil posisi berdiri tegak dengan kaki dibuka selebar bahu. Masing-masing tangan memegang barbel satu dan pelan-pelan naikkan lengan ke arah samping tubuh hingga setinggi bahu. Kemudian turunkan kembali ke posisi semula.

Setelah itu, lanjutkan dengan gerakan front raise. Dengan posisi awal yang sama, angkat kedua tangan yang memegang barbel ke depan hingga sejjar dengan bahu, lalu turunkan ke posisi semula. Lakukan hingga dua set dengan 15 kali untuk satu set-nya.

2. Tricep extension

Cara melakukan trisep extension ini juga mudah. Pertama, duduk di kursi dengan posisi badan tegap. Ambil barbel dengan dua tangan lalu angkat melewati batas kepala hingga berada persisi di belakang kepala, sedangkan posisi siku menekuk.

Angkat kembali barbe ke atas kepala dan kuatkan lengan kamu, kembalikan ke belakang kepala. Uangi hingga 12-15 kali. Ini akan bermanfaat untuk memperkuat otot bahu dan trisep.

3. Upright Row

Upright row ini berguna untuk melatih otot bahu serta punggung. Untuk melakukannya, pertama-tama tangan masing-masing memegang barbel dan posisikan di depan paha. Angkat barbel hingga ke depan bahu higga membuat kedua lengan kamu tertekuk ke samping. Kamu bisa melakukannya berulang-ulang hingga 15-20 kali.

4. Shoulder Press

Gerakan ini dilakukan dengan mengangkat kedua tangan yang masing-masing memegang barbel ke atas bahu, alu angkat lagi hingga ke atas kepala. Ltihan ini akan melatih otot bahu dan juga trisep kamu.

5. Lying fly

Mencoba gerakan lying fly ini untuk olahraga dengan barbel untuk pemula tentu mudah dilakukan. Cara melakukannya adalah dengan posisi berbaring, sesuai dengan namanya. Kamu bisa berbaring di atas bangku yang datar dengan posisi kaki yang menapak di atas lantai atau berbaring di atas matras dengan kaki menekuk ke atas.

Setelah berbaring, posisikan kedua tangan yang memegang barbel di depan dada. Dorong barbel ke atas dan buka lengan ke samping. Gerakan lying fly ini berbeda dari dumbbell bench press sebab latihan ini hanya fokus ke otot dada, tidak melibatkan otot trisep.

Related posts
Gaya HidupKebugaranPria

5 Gerakan Senam Kegel untuk Pria

Diet & NutrisiGaya Hidup

Ini Dia Cara Diet yang Benar!

Gaya HidupKebugaran

Gerakan Dasar dan Manfaat Senam Aerobik

Diet & NutrisiGaya Hidup

Hati-hati Memilih Salad Sayur untuk Diet