Gaya Hidup

7 Olahraga Penghilang Stres yang Efektif dan Menyenangkan

Olahraga penghilang stres

Banyak masalah yang membuat kamu menjadi stres? Jangan sampai stres mengganggu kesehatanmu. Sebab, masih ada banyak cara untuk menghilangkan stres. Salah satunya adalah dengan berolahraga.

Ya, olahraga tidak hanya bisa memberikan manfaat untuk kesehatan tubuh, tetapi juga mental. Olahraga dapat memperbaiki suasana hati, membuat pikiran menjadi lebih tenang, mengurangi stres, bahkan dapat mengatasi gejala depresi ringan.

Baca Juga:

Saat berolahraga, tubuh kita akan memproduksi hormon endorfin. Hormon ini bekerja untuk melawan stres. Ya, kerja hormon endorfin adalah kontradiktif dengan kortisol—hormon penyebab stres. Jadi, olahraga dapat membebaskan pikiran dari berbagai masalah.

Dengan berolahraga secara teratur, otomatis organ di dalam tubuh akan bekerja, seperti otot menegang, tekanan darah meningkat, serta irama jantung bertambah cepat. Hal inilah yang membuat seluruh hormon dan saraf kamu akan menjadi normal kembali. Jadi, begitulah caranya olahraga mengatasi stres.

Lalu, olahraga apa saja yang dapat mengurangi stres? Ini jenis-jenis olahraga penghilang stres yang efektif dan menyenangkan yang bisa kamu coba.

1. Jogging

Olahraga penghilang stres

Jogging selama selama 15 menit dalam sehari sangat baik untuk kesehatan. Selain dapat membakar kalori dengan cepat dan membantu mengurangi risiko penyakit jantung, olahraga jogging juga dipercaya dapat meningkatkan mood seseorang.

Selain itu, olahraga jogging juga dapat membuat seseorang dapat tidur dengan nyenyak di malam hari, di mana keadaan ini sangatlah baik untuk meningkatkan memori di otak, menurunkan tingkat stres, dan melindungi seseorang dari serangan depresi.

Ada baiknya, jika ingin berolahraga jogging, pilihlah berlari di luar ruangan, jangan di treadmill, karena udara segar akan memberikan ketenangan jiwa dan memberikan paru-paru udara segar.

Hormon endorfin yang dihasilkan tubuh setelah jogging akan memberikan perasaan nyaman dan tenang. Aliran darah yang lancar pun membuat tubuh terasa lebih bugar.

2. Jalan santai atau jalan cepat

Olahraga penghilang stres

Selain jogging, jalan santai atau jalan cepat juga merupakan olahraga penghilang stres yang menyenangkan dan paling mudah dilakukan. Baik jalan santai maupun jalan cepat, dapat melepaskan ketegangan pada beberapa otot, menenangkan sistem saraf, dan juga melatih pernapasan menjadi lebih baik.

Selain itu, jalan santai atau jalan cepat juga bisa memanjakan mata. Kamu bisa menikmati rindangnya pohon-pohon di taman atau di jalanan yang jarang kamu lihat.

Untuk memulainya, lakukan jalan santai atau jalan cepat ini setidaknya 10 menit setiap dua kali dalam seminggu. Lakukan secara bertahap. Jika sudah terbiasa, disarankan untuk melakukan jalan santai atau jalan cepat selama 30 menit setiap hari untuk mengelola stres.

3. Menari

Siapa bilang menari bukan olahraga? Menari bahkan memiliki manfaat yang serupa dengan lari. Bergerak mengikuti musik dapat melepaskan hormon endorfin. Menari dapat mengangkat semangat dan mood sehingga membantu melepaskan stres.

Tidak heran dokter menyarankan pasien yang mengalami depresi untuk rutin menari. Selain itu, menari juga dapat meningkatkan memori otak, membuat tubuh menjadi lentur, dan mengurangi risiko terkena penyakit jantung.

Kegiatan olahraga dengan menari dapat meningkatkan kelincahan tubuh ketika bergerak. Itu artinya, otot dalam tubuh akan menegang dan melakukan relaksasi. Selain itu, setiap gerakan juga meningkatkan detak jantung.

Manfaat menari yang dapat mengurangi stres adalah tumbuhnya kontak dan hubungan dengan orang lain. Misalnya ketika kamu berusaha menyamakan ritme tarian supaya tetap kompak. Semua itu akan mengalihkan pikiran kamu dari berbagai masalah. Otak akan kembali fresh, dan kamu pun dapat kembali berpikir jernih.

Olahraga dengan menari dapat dilakukan melalui kegiatan zumba, aerobik, dan lain sebagainya. Aerobik efektif membantu seseorang dalam mengatasi stres. Lakukan gerakan aerobik secara rutin minimal lima kali dalam seminggu, selama 30 menit tiap kalinya untuk mengeluarkan perasaan positif dalam tubuh.

4. Yoga

Yoga juga dapat membuat tubuh jadi lebih lentur dan mampu mengurangi ketegangan otot. Latihan memusatkan pikiran melalui pernapasan dalam dapat memicu respon relaksasi tubuh dan menjadi kunci untuk mengelola stres.

Kamu bisa melakukan yoga sendiri di rumah dengan panduan dari video atau mengikuti kelas yoga khusus pemula yang dipandu oleh pelatih yoga.

Yoga disebut-sebut ampuh hilangkan stres karena melibatkan kekuatan tubuh dan pikiran. Ketika melakukan gerakan-gerakan yoga, kamu dituntut untuk memfokuskan pikiran, sehingga secara perlahan pikiran kamu pun akan menjadi lebih tenang.

Yoga adalah olahraga yang mengedepankan keseimbangan tubuh dan jiwa dengan menggabungkan latihan peregangan, pernapasan, dan relaksasi. Olahraga yoga terbukti dapat mengurangi rasa cemas, depresi, amarah, dan kelainan saraf yang dialami oleh seseorang.

Selain itu, olahraga yoga juga fokus pada latihan pernapasan. Latihan pernapasan ini memiliki efek yang sangat baik bagi kesehatan mental karena kamu akan sulit untuk merasa cemas dan khawatir pada saat mereka mengambil napas dalam-dalam ketika yoga. Tentunya, olahraga yoga ini juga bagus untuk manajemen stres.

5. Pilates

Olahraga penghilang stres

Olahraga ini dirancang untuk membangun kekuatan, fleksibilitas, dan daya tahan otot tubuh. Mirip seperti yoga, pilates juga menggunakan konsep keseimbangan tubuh dan jiwa dalam gerakannya.

Dengan prinsip pernapasan, relaksasi, konsentrasi, dan kesadaran tubuh, pilates juga dapat mengurangi stres, memfokuskan pikiran, dan meningkatkan konsentrasi.

6. Kickboxing

Olahraga penghilang stres

Stres karena sedang kesal dengan pekerjaan atau seseorang? Nah, kamu bisa melampiaskan rasa stres kamu dengan melakukan olahraga kickboxing. Olahraga kickboxing bisa menurunkan rasa cemas, depresi, dan amarah secara signifikan setelah selesai melakukannya.

Kickboxing terdiri dari berbagai gerakan meninju dan menendang. Melalui olahraga ini, kamu bisa melepaskan rasa marah yang berakhir pada ketenangan jiwa saat berlatih. Selain itu, berlatih kickboxing juga akan melatih otot dan pertahanan diri kamu.

7. Olahraga lainnya

Olahraga penghilang stres

Olahraga penghilang stres lainnya yang menyenangkan untuk dilakukan adalah bulutangkis, voli, tenis, dan renang. Selain itu, beberapa jenis olahraga tersebut juga tidak terlalu menguras tenaga, sehingga sangat baik untuk menghilangkan stres.

Olahraga angkat beban juga bisa membuat tubuh mengeluarkan lebih banyak endorfin daripada olahraga kardio. Coba luangkan waktu beberapa menit untuk melakukan olahraga angkat beban. Nantinya, kamu akan merasa lebih tenang dan pikiran jadi kembali jernih.

Nah, itulah beberapa jenis olahraga penghilang stres yang menyenangkan untuk dilakukan. Jadi, mau olahraga apa, nih? Semoga stres dan semua kebuntuan pikiran bisa segera teratasi dengan melakukan olahraga yang tepat, ya!

Related posts
Diet & NutrisiGaya Hidup

Serba-Serbi Diet Air Putih yang Harus Kamu Tahu

Gaya HidupKebugaran

11 Gerakan Yoga Asana ini Efektif Turunkan Berat Badan

Gaya HidupKebugaran

Diet atau Olahraga; Mana yang Lebih Efektif Turunkan Berat Badan

Diet & NutrisiGaya Hidup

Serba-Serbi Memilih Sarapan untuk Diet