Gaya HidupKebugaran

9 Jenis Olahraga untuk Pemula

olahraga untuk pemula

Semakin rutin berolahraga, semakin sehat pula tubuh kita. Ungkapan ini mungkin sering kamu dengar. Kamu tahu tidak kalau kalimat ini bukan ungkapan biasa, tapi bermakna apa adanya. Karena memang benar, salah satu upaya untuk terus sehat adalah melatih tubuh dengan berolahraga.

Saking pentingnya, olahraga terus mengalami perkembangan dari masa ke masa. Jika melihat jenisnya, mungkin sudah tidak terhitung lagi. Baik dari olahraga yang mendasar sampai yang rumit sekalipun. Karena banyaknya pilihan ini, seringkali kamu dibuat bingung untuk melakukan yang mana.

Baca Juga:

Tapi seharusnya kamu tidak mengkhawatirkan ini. Apalagi jika kamu memang belum terbiasa berolahraga. Yang mana melakukan olahraga ringan, bisa saja membuatmu sangat lelah dan jusru kehilangan motivasi setelahnya. Padahal motivasi adalah kunci agar kamu dapat terus bersemangat untuk melatih tubuh.

Perlu kamu ketahui, ada beberapa tingkatan olahraga. Kamu bisa memilih sesuai dengan kemampuan diri. Berikut ada 9 jenis olahraga untuk pemula yang bisa kamu pilih.

1. Push Up

Olahraga untuk Pemula

Siapa yang tidak tahu dengan gerakan olahraga mendasar yang satu ini. Push Up adalah gerakan olahraga dasar yang sudah dikenal sejak kecil. Gerakan ini berfungsi untuk memperkuat otot bisep dan trisep yang ada pada lengan kamu. Push up adalah olahraga untuk pemula di rumah atau di mana pun kamu berada.

Untuk melakukan push up, kamu harus memperhatikan posisinya dengan benar. Kamu perlu mengarah ke lantai seperti tengkurap, namun tubuh ditopang dengan kaki yang tegap lurus dan telapak tangan menyentuh lantai. Selanjutnya gerakan tubuhmu turun naik dengan bergantian melipat dan meluruskan tangan. Olahraga ini bisa dilakukan oleh perempuan maupun laki-laki.

2. Sit Up

Olahraga untuk Pemula

Gerakan yang satu ini juga termasuk olahraga ringan untuk pemula. Sama seperti push up, sit up tidak menggunakan alat apapun sehingga dapat dilakukan di berbagai tempat. Kalaupun ada alat, matras cukup membantu tubuhmu terasa nyaman saat melakukan olahraga ini. Kamu juga bisa melakukannya bersama teman secara bergantian untuk membantumu menahan ujung kaki tetap pada tempatnya.

Sit up dilakukan untuk mengencangkan otot perut. Gerakannya bertumpu pada pinggul serta pantat yang menghadap lantai. Wajah melihat ke arah langit-langit, dan lekukan kedua kakimu. Setelah itu lakukan gerakan turun naik pada pinggul ke atas, seperti orang yang sedang tidur dan bangun. Sit up yang berulang bisa meningkatkan kebugaran tubuh loh.

3. Naik Turun Kursi

olahraga untuk pemula

Jangan khawatir kalau kamu belum terbiasa berolahraga. Banyak pilihan olahraga yang bisa kamu lakukan, sekalipun sedang di rumah. Naik turun kursi misalnya bisa menjadi pilihan olahraga ringan untuk pemula. Mungkin terdengar kurang serius, tapi memang ada manfaat dari gerakan sederhana ini.

Naik turun kursi dapat disebut olahraga karena melakukan gerakan secara terus menerus pada satu bagian tubuh. Dalam hal ini, kaki lah yang digerakan secara bergantian. Olahraga sederhana ini dapat meningkatkan kekuatan otot kaki. Kamu bisa melakukannya setiap hari agar manfaat yang didapatkan lebih maksimal.

4. Naik Turun Tangga

olahraga untuk pemula

Naik turun tangga serupa dengan naik turun kursi. Keduanya sama-sama dapat menguatkan otot kaki dengan cara yang sama. Karena tangga lebih kokoh, kamu bisa melakukan gerakan yang lebih bervariasi. Kamu bisa melakukannya secara perlahan atau cepat seperti sedang berlari.

Untuk melakukan olahraga yang satu ini, harus ada tangga yang kokoh. Tidak hanya tangga di rumah tapi tangga di tempat lain, seperti di kantormu juga bisa saja. Atur waktu yang paling pas karena pasti kamu akan berkeringat. Jika tidak masalah dengan itu, melakukannya di waktu istirahat kerja pun bisa saja.

5. Squat

olahraga untuk pemula

Satu lagi olahraga sederhana yang bisa dilakukan di mana pun. Tidak perlu alat bantu, tapi perlu dilakukan secara rutin untuk mendapatkan manfaat yang penuh. Pernah mendengar squat? Beberapa dari kamu mungkin tidak asing. Tapi untuk yang baru mendengarnya, perhatikan baik-baik penjelasan ini ya.

Squat adalah gerakan olahraga yang dapat memperkuat otot paha dan kaki. Kamu hanya perlu berdiri sambil merenggangkan kaki sampai sejajar dengan bahu. Lalu lipat kaki dan turunkan badan seakan-akan kamu sedang duduk atau setengah jongkok hingga sudut lutut kaki membentuk 90 derajat. Tapi saat itu arahkan tubuh bagian atas agak condong maju ke depan dengan punggung yang lurus, kemudian kembali ke posisi awal. Seperti olahraga lain, lakukan gerakan ini secara berulang.

6. Wall Sit

olahraga untuk pemula

Gerakan olahraga selanjutnya mirip dengan squat. Bedanya kamu memerlukan tembok untuk menopang tubuh. Karena setelah berdiri tegap menempel tubuh ke tembok, kamu melakukan gerakan serupa seperti squat yaitu kaki melipat seperti duduk. Lebih tepatnya melangkahkan kedua kaki ke depan terlebih dahulu, lalu menekuk lutut hingga membentuk sudut yang sama (90 derajat). Bedanya, posisi punggung tetap rapat dengan tembok agar tetap tegap.

Olahraga untuk pemula yang satu ini disebut dengan Wall Sit. Manfaatnya sama yaitu memperkuat otot kaki. Tentu gerakan yang berulang harus dilakukan di setiap gerakan olahraga. Setiap pengulangan akan terus memacu kerja otot. Tapi perlu dilakukan peningkatan secara bertahap sampai tingkat kekuatan otot yang kamu harapkan berhasil didapatkan.

7. Jumping Jacks

olahraga untuk pemula

Ketika masih muda, orangtua sering menyarankan anaknya untuk rajin melompat agar tubuhnya menjadi tinggi. Gerakan melompat memang termasuk jenis olahraga yang bermanfaat positif bagi tubuh kamu. Baik umurmu masih terhitung muda atau sudah menua, melompat sebenarnya bisa dilakukan oleh semua orang. Sebut saja gerakan olahraga seperti Jumping Jacks.

Pada mulanya, kamu berdiri tegap dengan kaki yang rapat. Kemudian melompat sambil menggerakan tangan ke atas dan kaki melebar. Jumping Jacks yang berulangkali dilakukan dapat meningkatkan kesehatan tubuh bahkan dapat mengeluarkan banyak keringat setelahnya. Mungkin bisa mamacu tulang dan otot tumbuh ke atas, tapi yang pasti badan kamu akan semakin bugar karena melakukan olahraga ringan ini.

8. Berlari

olahraga untuk pemula

Berlari adalah olahraga dasar yang tentu sudah kamu ketahui. Gerakan ini cocok dilakukan sebagai olahraga untuk pemula. Kamu bisa melakukannya di luar ruangan sambil menghirup udara bebas, atau di dalam ruangan dengan alat bantu fitness ataupun tidak. Misalnya jika tidak ada waktu banyak, kamu bisa berlari di tempat, sekalipun itu hanya di dalam kamarmu sendiri.

Berlari dapat membakar kalori atau lebih kamu pahami dengan bahasa menurunkan berat badan. Selain itu, otot kaki dan perut, serta tulang akan semakin kuat. Olahraga ringan ini juga dapat melatih pernapasan dan meningkatkan kesehatan jantung. Perbedaan berlari di dalam ruangan dan luar ruangan yaitu, vitamin E akan didapatkan kulit kamu ketika terpapar matahari langsung.

9. Senam Aerobik

olahraga untuk pemula

Kalau kamu merasa kurang tertantang dengan gerakan-gerakan olahraga di atas, kamu bisa melakukan senam aerobik. Olahraga ini bisa dilakukan sendiri dengan melihat video di gadgetmu, atau mengikuti kelas-kelas khusus. Tenang, gerakan senam aerobik umumnya memang disesuaikan untuk pemula yang belum biasa berolahraga.

Related posts
Gaya HidupKebugaran

Olahraga dengan Barbel untuk Pemula

Diet & NutrisiGaya Hidup

Hati-hati Memilih Salad Sayur untuk Diet

Gaya HidupKebugaranWanita

8 Olahraga untuk Payudara Kencang Alami

Diet & NutrisiGaya Hidup

Serba Serbi Pedoman Gizi Seimbang yang Perlu Kamu Tahu