Diet & NutrisiGaya Hidup

Serba Serbi Pedoman Gizi Seimbang yang Perlu Kamu Tahu

Pedoman Gizi Seimbang

Dulu mungkin kamu sudah tahu mengenai prinsip 4 Sehat 5 Sempurna yang bahkan sejak di sekolah dasar sudah digaungkan. Tapi sekarang prinsip tersebut sudah digantikan dengan Pedoman Gizi Seimbang oleh Kementerian Kesehatan RI.

Baca Juga:

Hal ini karena pedoman 4 Sehat 5 Sempurna sudah tidak relevan lagi dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) dalam bidang gizi dan juga tantangan pemenuhan gizi manusia masa kini. Yuk kenalan lebih jauh dan langsung praktekkan program gizi yang satu ini! 

Apa Itu Pedoman Gizi Seimbang?

Panduan Gizi Seimbang

Gizi seimbang merupakan sebuah prinsip dalam mengonsumsi makanan harian yang didasarkan pada angka kecukupan jenis dan jumlah zat gizi sesuai dengan karakter baik itu usia, kondisi fisiologis, dan jenis kelamin.

Tujuan dari adanya penerapan gizi seimbang ini adalah untuk mendukung pertumbuhan anak secara optimal, menunjang aktivitas serta fungsi kehidupan sehari-hari, menjaga kesehatan tubuh, dan menyimpan gizi agar kebutuhan tubuh tercukupi.

Perbedaan Pedoman Gizi Seimbang dengan 4 Sehat 5 Sempurna

Panduan Gizi Seimbang

Jika pada prinsip 4 sehat 5 sempurna hanya ditekankan adanya lima jenis makanan. Ketika masih menganut prinsip ini, konsumsi harian berarti hanya menyertakan lima jenis makanan seperti adanya makanan pokok, lauk-pauk, buah, sayur, dan susu. 

Namun, seiring perkembangan zaman dengan semakin kompleksnya permasalahan gizi, prinsip ini sudah tidak relevan. Ternyata tidak cukup jika hanya mengonsumsi lima jenis makanan saja. Tetapi juga perlu ditambah dengan jenis dan jumlah zat lain menyesuaikan dengan usia dan fisiologis kamu.

Lebih rinci, berikut perbedaan prinsip gizi seimbang dengan 4 sehat 5 sempurna:

  • Prinsip Gizi Seimbang: Menekankan pada adanya jenis dan jumlah zat gizi lain, serta menerapkan 4 Pilar Gizi Seimbang.
  • 4 Sehat 5 Sempurna: hanya memerhatikan kehadiran dari 5 jenis makanan saja.

Seperti yang sudah disebutkan di awal, bahwa pedoman gizi seimbang divisualisasikan dalam dua bentuk, yaitu Tumpeng Gizi Seimbang dan Piring Makanku untuk porsi sekali makan.

Tumpeng Gizi Seimbang (TGS)

Panduan Gizi Seimbang
Sumber: IG @fkui.ukk

Tumpeng Gizi Seimbang ini merupakan visualisasi dengan memberikan gambaran dan penjelasan yang sederhana mengenai panduan porsi serta jenis makanan yang mengandung gizi seimbang, perilaku hidup bersih, aktivitas fisik, dan memantau berat badan.

Tumpeng gizi seimbang ini memiliki empat lapisan tumpeng dari puncak hingga ke bawah. Untuk membantu merancang pola makan sehat yang bisa kamu terapkan sehari-hari, berikut anjuran yang dijelaskan berdasarkan tumpeng gizi seimbang tersebut.

1. Porsi makanan pokok

Makanan pokok orang Indonesia beragam jenisnya, ada nasi, jagung, singkong, ubi dan umbi-umbian lainnya. Porsi makanan pokok yang dianjurkan ini hanya 3-4 porsi dalam sehari. Takaran porsinya tergantung dari jenis makanan pokok kamu.

Idealnya jika mengonsumsi nasi, satu porsinya berukuran 100 gram atau setara dengan 1 buah umbi-umbian sedang berukuran 135 gram. Atau setara dengan 1 potong singkong dengan berat 120 gram. Satu porsi nasi ini juga setara dengan 2 buah kentang dengan total berat 210 gram. 

2. Porsi buah dan sayuran

Di bagian lapisan kedua, merupakan bagian dari buah dan sayuran. Pada Tumpeng Gizi Seimbang, akan terlihat banyak sekali jenis buah dan sayur yang bisa kamu konsumsi. Porsi yang disarankan adalah 3-4 porsi sayur dalam sekali makan dan porsi buah 2-3 porsi dalam satu hari.

Agar lebih jelasnya, di pagi hari kamu makan seporsi nasi dengan lauk dan 1 mangkok sop bayam. Makan siang dengan seporsi nasi dan 1 mangkok sayur asem. Sedangkan makan malam kamu bisa makan nasi dengan 1 mangkok capcay. Atau macam-macam sayurnya lebih bervariasi lagi dalam satu mangkuknya. Begitu juga dengan porsi buah, bisa konsumsi 3-4 kali sehari.

3. Porsi sumber protein

Di atasnya, merupakan lapisan yang berisi porsi makanan sumber protein hewani dan juga protein nabati. Sumber protein ini bisa dipenuhi dengan beragam cara, tidak hanya dengan minum susu saja, misalnya. Jika kamu alergi terhadap susu, kamu bisa mengganti dengan sumber protein yang lain. Kamu juga bsa menggantinya dengan ikan atau daging, dan beragam pilihan lainnya.

Porsi protein yang disarankan yaitu 2-4 porsi makanan dalam sehari. Kamu bisa mengaturnya sesuai dengan kesukaan kamu, seperti satu potong ikan di pagi hari, satu butir telur di siang, dan segelas susu di malam hari.

4. Porsi gula, minyak, dan garam

Di bagian puncak piramida tumpeng gizi seimbang ini, ada porsi untuk gula, garam, dan juga minyak. Ini menandakan bahwa setiap hari kamu tidak boleh berlebihan dalam mengonsumsi gula, minyak, dan juga garam. Porsi yang disarankan adalah maksimal 1 sendok teh garam, 5 sendok makan minyak, dan 4 sendok makan gula.

Kamu juga perlu mempertimbangkan dan menghitung kadar gula, minyak dan garam dalam makanan siap saji, makanan kemasan, minuman kemasan, dan camilan harian. Oleh sebab itu, penting untuk membaca label informasi nilai gizi yang tertera di luar kemasan produk.

5. Porsi air putih

Tentu tidak hanya dari segi makanan saja, pedoman gizi seimbang juga dilengkapi dengan porsi air putih yang dikonsumsi dalam sehari. Disarankan untuk mengonsumsi sekitar delapan gelas air putih setiap hari agar kamu terhindar dari dehidrasi.

Piring Makanku (Porsi sekali makan)

Panduan Gizi Seimbang

Adapun visualisasi dari piring makanku merupakan pedoman gizi seimbang yang sesuai untuk setiap jenis makanannya untuk setiap kali makan. Seperti ada makanan pokok, sayuran, buah-buahan, lauk-pauk, kadar gula, minyak, dan garam, serta air putih. Selain itu juga aturan untuk hidup bersih dengan mencuci tangan sebelum makan.

Pesan Umum Pedoman Gizi Seimbang

Panduan Gizi Seimbang

Dalam pedoman gizi seimbang, ada poin-poin yang menjadi pesan umum yang bisa diterapkan oleh semua umur, tidak hanya bayi yang baru lahir, tetapi juga orang dewasa hingga lansia. Adapun pesan Gizi Seimbang adalah:

  • Mensyukuri semua keanekaragaman makanan dan menikmatinya
  • Perbanyak makan sayuran dan buah-buahan yang cukup
  • Konsumsi lauk pauk yang mengandung protein tinggi
  • Konsumsi aneka ragam makanan pokok yang ada
  • Membatasi jumlah konsumsi gula, garam, serta minyak
  • Cukupi kebutuhan air dalam tubuh
  • Biasakan diri untuk sarapan
  • Cuci tangan menggunakan sabun dan juga air mengalir
  • Baca label yang tertera pada kemasan makanan sebelum dikonsumsi
  • Pedoman gizi seimbang juga menganjurkan untuk melakukan olahraga yang cukup dan pertahankan berat badan normal.
Related posts
Gaya HidupKebugaranPria

5 Gerakan Senam Kegel untuk Pria

Diet & NutrisiGaya Hidup

Ini Dia Cara Diet yang Benar!

Diet & NutrisiKesehatan

12 Makanan Pereda Sakit Tenggorokan

Gaya HidupKebugaran

Gerakan Dasar dan Manfaat Senam Aerobik