Gaya HidupKebugaran

9 Perbedaan Yoga dan Pilates yang Mendasar

perbedaan yoga dan pilates

Banyak orang yang berpikir jika yoga dan pilates adalah jenis olahraga yang sama. Memang jika dilihat sekilas, yoga dan pilates memiliki gerakan yang mirip. Namun sebenarnya ada lho perbedaan yoga dan pilates yang sering kali tidak diketahui orang banyak.Baca Juga:

Baca Juga:

Dikutip dari berbagai sumber, berikut Okadoc punya 9 perbedaan yoga dan pilates yang harus kamu ketahui agar bisa memilih olahraga mana yang paling tepat untuk kamu.

1. Asal Yoga dan Pilates

perbedaan yoga dan pilates

Pertama mari kita pahami perbedaan mendasar antara yoga dan pilates. Keduanya merupakan senam lantai tapi gerakannya cukup bervariasi. Ini dipengaruhi oleh asal muasal olahraga yoga dan pilates diciptakan. Kalau kamu perhatikan, perbedaan yoga dan pilates ini cukup jelas.

Yoga menggunakan gerakan yang menenangkan. Konon gerakannya diadaptasi dari budaya timur yang diturunkan sejak 5,000 tahun lalu.

Kalau pilates tercipta jauh setelahnya, kira-kira sekitar 80 tahun lalu. Namun gerakannya dipengaruhi oleh budaya barat. Sehingga gerakannya berbeda jika dibandingkan dengan yoga.

2. Prinsip Dasar Yoga dan Pilates

perbedaan yoga dan pilates

Selain asalnya yang berbeda, prinsip yoga dan pilates juga berbeda. Ini lah yang mendasari gerakan-gerakan senam lantai. Lalu, lebih baik yoga atau pilates?

Kedua olahraga ini diperbandingkan bukan untuk melihat mana yang lebih baik, tapi agar dapat dipahami mana yang sesuai dengan kebutuhanmu.

Prinsip dasar pilates adalah konsentrasi, aliran, pernapasan, ketelitian, keterpusatan, dan pengontrolan. Hal ini berbeda dengan yoga.

Prinsip yoga menggunakan bahasa khusus di antaranya dhyana yang bermakna pemikiran positif dan meditasi, pranayama yang dalam bahasa Indonesia artinya pernapasan, asanas yaitu gerakan, savasana atau relaksasi lengkap, serta sauna yang artinya diet.

Terlihat di sini, bagi kamu yang ingin mencari ketenangan, yoga lebih sesuai daripada pilates.

3. Alat yang Digunakan

perbedaan yoga dan pilates

Penggunaan alat bantu juga jadi salah satu poin perbedaan yoga dan pilates. Yoga lebih sederhana dari pilates. Alat yang kamu butuhkan hanya matras yang akan menjadi alas tubuh.

Gerakan pilates mirip dengan yoga tapi sedikit lebih rumit. Bisa dilakukan tanpa alat lain selain matras layaknya yoga. Atau menggunakan alat bantu seperti bola ringan dan besar, meja trapeze, tali dan alat lain sesuai kebutuhan.

Tujuannya untuk membantu melenturkan tubuh atau meningkatkan beban.

4. Tujua

perbedaan yoga dan pilates

Memilih antara yoga dan pilates, harus disesuaikan dengan kebutuhan. Cara mengetahui kebutuhan itu adalah dengan memahami tujuanmu terlebih dahulu.

Olahraga senam lantai seperti yoga dapat dilakukan dengan tujuan menenangkan jiwa, pikiran, dan fisik tubuh kita. Yoga berupaya menyeimbangkan seluruh fungsi yang ada di dalam diri manusia.

Tapi jika kamu memiliki alasan yang lebih sederhana untuk berolahraga, pilates dapat dilakukan. Pilates bertujuan untuk merampingkan tubuh, meningkatkan fungsi otot, serta menyegarkan tubuh secara keseluruhan. Karena pilates lebih berfokus pada peregangan dan kelenturan otot.

5. Kelas Latihan Yoga dan Pilates

perbedaan yoga dan pilates

Perbedaan yoga dan pilates selanjutnya ada pada kelas latihan. Mungkin tidak terpikirkan kalau ternyata yoga dan pilates itu berbeda, bahkan dilihat dari kelasnya.

Padahal yoga dan pilates sama-sama senam lantai yang dilakukan untuk menjaga kesehatan. Tapi ternyata kelasnya akan berbeda jika melihat pada tujuannya.

Untuk pilates, kelasnya disesuaikan dengan kebutuhan orang yang akan melakukannya. Akan berbeda gerakannya, antara pilates untuk menurunkan berat badan dengan gerakan untuk mengencangkan dan melenturkan tubuh.

Kalau yoga tujuan utamanya satu, yaitu meningkatkan kekuatan fisik dan menyeimbangkannya dengan ketenangan pikiran dan jiwa. Di dalam kelasnya, akan lebih berfokus pada latihan berkonsentrasi melalui meditasi.

6. Teknik Pernapasan

perbedaan yoga dan pilates

Perbedaan yoga dan pilates lainnya lebih teknis lagi. Kali ini dilihat dari sisi pernapasan. Ternyata senam lantai memiliki teknik tersendiri dalam pernapasan. Hal ini akan berdampak pada hasil yang akan diterima oleh tubuh kita. Maka dari itu, kamu harus memperhatikannya dengan baik ya.

Yoga adalah olahraga yang menyeimbangkan fisik, pikiran, dan jiwa. Pernapasannya difokuskan pada hidung, baik untuk menghirup ataupun menghembuskan napas.

Sedangkan teknik pernapasan pilates sedikit berbeda. Kamu perlu menghirup udara untuk bernapas dari hidung, namun mengeluarkannya kembali dengan mulut. Salah satu tips pilates untuk pemula adalah bernapas dengan benar sesuai dengan kebutuhannya.

7. Fleksibilitas Yoga dan Pilates

perbedaan yoga dan pilates

Pernah mendengar kalau senam lantai memerlukan fleksibilitas yang tinggi? Hal ini juga berlaku untuk yoga maupun pilates.

Untuk kamu yang pemula, lebih baik memilih pilates. Olahraga ini bisa dilakukan oleh semua orang, sekalipun untuk kamu yang belum fleksibel pergerakan tubuhnya.

Justru di sini kamu akan dilatih untuk itu. Sedangkan yoga, walaupun gerakannya terlihat santai dan menenangkan. Ternyata membutuhkan kemampuan fleksibilitas yang tinggi.

8. Pose Yoga dan Pilates

perbedaan yoga dan pilates

Baik yoga maupun pilates memiliki variasi gerakan khusus, sesuai dengan tujuan olahraga-olahraga ini dilakukan. Jika diperhatikan, gerakan atau pose kedua olahraga ini memang unik.

Karena pilates dilakukan untuk meningkatkan fungsi otot, gerakannya dilakukan dengan stabil. Letak perbedaannya jika dibandingkan dengan yoga ada di sini.

Ketenangan adalah tujuan utama dari yoga. Maka dari itu, gerakannya dilakukan dengan periode-periode tertentu, dikombinasikan dengan pengaturan pernapasan.

Hal ini dilakukan agar secara tidak langsung fungsi tubuh berjalan bersamaan, termasuk pada kerja otot.

9. Manfaat Yoga dan Pilates

perbedaan yoga dan pilates

Dari segi manfaat, perbedaan yoga dan pilates lebih mencolok. Ketika kamu melakukan gerakan-gerakan pilates, keringat otomatis akan keluar cukup banyak.

Tapi jangan salah, pilates tidak membakar banyak kalori. Manfaat pilates adalah mobilitas dan kelenturan sendi. Dari situ lah keringat-keringatmu dihasilkan.

Dilihat dari tujuannya, yoga dan pilates jelas berbeda. Beberapa manfaatnya serupa, yaitu sama-sama menguatkan otot tapi tidak membakar banyak kalori.

Perbedaannya pada manfaat lain. Efek samping yoga adalah menenangkan pikiran. Walaupun sebenarnya tidak banyak gerakan yang dilakukan dalam olahraga yoga ini.

Nah, setelah mengetahui perbedaan yoga dan pilates kini saatnya kamu tentukan ingin melakukan yoga atau pilates, ya! Yang terpenting adalah untuk selalu konsisten dan komitmen dalam melakukan olahraga apa pun yang dipilih. Yuk olahraga!

Related posts
Diet & NutrisiGaya Hidup

Dada Ayam vs Paha Ayam, Mana yang Lebih Baik untuk Menu Diet?

Diet & NutrisiGaya Hidup

12 Pilihan Snack Sehat untuk Penderita Diabetes

Diet & NutrisiGaya Hidup

10 Minuman Detoks yang Enak dan Bermanfaat bagi Tubuh

Gaya HidupKebugaran

6 Olahraga Untuk Memperbaiki Postur Badan Bungkuk