Diet & NutrisiGaya Hidup

10 Pilihan Makanan Setelah Olahraga Yang Rendah Kalori

makanan setelah olahraga

Selain untuk kesehatan, olahraga seringkali dilakukan sebagai usaha diet. Maka dari itu, orang biasanya sangat hati-hati memilih makanan untuk dimakan setelah olahraga. Tidak mau terlalu berat, tapi tetap saja butuh asupan energi. Apalagi setelah kelelahan karena berolahraga.

Baca Juga:

Berikut Okadoc punya info 10 pilihan makanan setelah olahraga yang sehat dan juga rendah kalori yang bisa kamu konsumsi.

1. Yoghurt

makanan setelah olahraga

Yoghurt merupakan salah satu pilihan makanan setelah olahraga malam ataupun pagi.

Yoghurt ini ternyata mengandung kalsium dan protein yang tinggi sehingga baik untuk kesehatan. Satu cup yoghurt ternyata setara dengan 84 kalori, akan berdampak baik untuk tubuhmu.

2. Sereal Gandum

makanan setelah olahraga

Gandum mungkin bukan makanan yang biasa dikonsumsi oleh orang Indonesia. Tapi siapa sangka, ini bisa menjadi pilihan makanan setelah olahraga karena cukup menyehatkan.

Terutama makanan olahan sereal gandum yang sebenarnya cukup banyak tersedia di supermarket. Di dalamnya terkandung sodium dan kolesterol baik yang dibutuhkan tubuh.

Ada cara khusus mengkonsumsi sereal gandum setelah berolahraga. Makanan ini akan menyehatkan jika tidak ditambahkan dengan pemanis buatan. Porsinya bisa 1/3 dari ukuran cangkir biasa, yang artinya setara dengan 70 kalori.

3. Apel Selai Kacang

makanan setelah olahraga

Apel selai kacang terdengar unik ya? Tapi ternyata dua jenis makanan ini bisa dikonsumsi sebagai makanan setelah olahraga malam, pagi, atau siang hari loh.

Kamu hanya perlu memotong satu buah apel dan menyiapkan dua sendok teh selai kacang untuk dioleskan pada potongannya. Apel selai kacang ini bisa kamu jadikan cemilan yang sehat karena kandungan protein dan vitamin di dalamnya.

Selai kacang dapat membantu meregenerasi sel otot yang rusak setelah kamu berolahraga. Dilengkapi dengan apel yang mampu menambahkan serat tubuh. Perfect snack!

4. Kacang Pistachio

makanan setelah olahraga

Pilihlah kacang pistachio untuk makanan setelah olahraga. Kacang pistachio termasuk cemilan yang menyehatkan. Sekitar 14 sampai 20 butir kacang setara dengan 80 kalori.

Kacang ini kaya akan protein, vitamin, dan mineral. Selain dikonsumsi langsung, rasanya akan semakin renyah dan gurih ketika kamu menambahkan garam dan memanggangnya sedikit.

5. Anggur

makanan setelah olahraga

Tidak seperti apel, buah yang sebelumnya disarankan untuk dikonsumsi dengan selai kacang. Buah anggur akan baik untuk dijadikan makanan setelah olahraga tanpa campuran makanan lainnya. Bisa juga kamu olah menjadi jus karena kandungan air dalam buah ini sangat tinggi.

Lalu, apa anggur ini bergizi? Jawabannya iya. Satu cangkirnya setara dengan 62 kalori. Air dalam anggur dapat menghindarkan tubuh dari dehidrasi. Tentu dengan tambahan vitamin yaitu vitamin K dan mineral mangan di dalamnya.

6. Kacang Almond

makanan setelah olahraga

Selain kacang pistachio, kamu bisa ngemil kacang almond sebagai makanan setelah olahraga. Tenang, kacang almond sama sehatnya dengan pistachio kok!

Kacang almond sejumlah 14 butir sama dengan 98 kalori. Protein dan lemak di dalamnya baik untuk dikonsumsi.

Almond ini dikenal sebagai kacang yang mampu menjaga kadar kolesterol dalam tubuh. Kemampuan hebat lainnya dari almond yaitu dapat mengurangi resiko diabetes bagi orang yang mengkonsumsinya.

7. Salmon Asap

makanan setelah olahraga

Makanan-makanan yang disebutkan sebelumnya termasuk makanan ringan. Makanan yang sangat cocok disantap setelah berolahraga. Tapi sesekali mungkin ada hasrat untuk memakan makanan yang berat untuk memulihkan energi. Saat itu, kamu bisa mengkonsumsi salmon asap sebagai makanan setelah olahraga.

Salmon asap ini biasanya disajikan berbentuk gulungan. Kamu akan mendapatkan 55 kalori setelah memakan dua gulungan salmon asap. Kamu juga akan menerima asam lemak Omega-3 dan protein tambahan dari makanan ini. Fungsinya dapat meregenerasi sel-sel tubuh kamu yang lelah setelah berolahraga.

8. Popcorn Tawar

makanan setelah olahraga

Setelah berolahraga mungkin kamu ingin bersantai sambil menonton film. Paling enak kalau dinikmati dengan popcorn. Tenang, makanan ini bisa kamu makan setelah berolahraga kok. Asalkan kamu menyantap popcorn yang tawar ya!

Jika tidak ditambahkan pemanis atau mentega, makanan ini akan menjadi makanan yang rendah kalori.

Kamu akan mendapatkan 100 kalori jika memakan popcorn, kira-kira sebanyak enam cangkir. Energi tubuhmu akan kembali, didapatkan dari karbohidrat yang ada dalam popcorn tawar ini.

9. Es Krim Rendah Kalori

makanan setelah olahraga

Sebagai penutup, sesuatu yang menyegarkan pasti akan enak. Misalnya memakan es krim untuk mendinginkan tubuh yang terasa panas setelah berolahraga.

Dilihat dari bahan-bahan pembuat es krim, sepertinya harus hati-hati ya. Tapi jangan khawatir, kamu tetap bisa menyantap makanan ini setelah berolahraga asal kamu memilih es krim jenis slow churned yang rendah kalori.

Satu cangkirnya mengandung 100 kalori, didapat dari kombinasi susu tanpa lemak dan bahan lain yang cukup baik untuk tubuh.

10. Blueberry Smoothie

makanan setelah olahraga

Selain es krim, smoothie juga bisa kamu nikmati setelah berolahraga. Misalnya blueberry smoothie yang mengandung 93 kalori dalam setiap gelasnya.

Bisa kamu campurkan dengan kacang almond atau pistachio sebagai tambahan. Blueberry ini dikenalkan sebagai buah yang mengandung antioksidan tinggi, sehingga dapat meredakan peradangan di tubuhmu.

Memilih makanan setelah berolahraga itu memang penting. Sesekali perlu kamu lakukan untuk mendapatkan tubuh yang sehat dan ideal. Dari sepuluh makanan di atas, kamu bisa memilih beberapa yang kamu suka. Cobalah disiplin untuk diri kamu sendiri yuk!

Related posts
Gaya HidupKebugaran

Olahraga dengan Barbel untuk Pemula

Diet & NutrisiKecantikanRambut

12 Makanan untuk Rambut Sehat

Diet & NutrisiGaya Hidup

Hati-hati Memilih Salad Sayur untuk Diet

Gaya HidupKebugaranWanita

8 Olahraga untuk Payudara Kencang Alami