Gaya HidupResep

Resep Brownies Lumer yang Menggoda Selera

resep brownies lumer

Siapa yang tak suka brownies? Rasanya hampir semua orang menyukai sajian berbahan dasar coklat yang satu ini. Rasa brownies yang legit dan citarasa khas coklat yang sedikit pahit justru membuat banyak orang menyukai kue yang satu ini karena tidak terlalu manis seperti kue pada umumnya.

Baca Juga:

Salah satu variasi resep brownies yang saat ini tengah populer adalah brownies lumer. Brownies jenis ini sebenarnya tidak berbeda dengan brownies biasa berbahan dasar coklat. Akan tetapi yang membedakannya adalah topping cokelat meleleh di bagian atas brownies yang dituangkan hangat-hangat saat brownies akan disajikan.

Brownies yang fluffy dan padat, dengan lelehan coklat yang lumer di mulut, disajikan hangat bersama secangkir teh ataupun susu tentu menjadi ide menarik yang akan disukai oleh seluruh anggota keluarga. Tertarik untuk membuatnya? Berikut resep brownies lumer yang bisa kamu coba. 

Resep Brownies Lumer yang Bisa Dicoba

resep brownies lumer

Bahan-bahan:

  • 80 gr tepung terigu protein sedang 
  • 2 butir telur 
  • 20 gr cokelat bubuk
  • 130 gr gula 
  • 1/2 sdt baking powder 
  • 1/4 sdt baking soda 
  • 1 sachet susu kental manis 
  • 100 gr margarin, panaskan hingga leleh

Bahan coklat lumer:

  • 100 gr cokelat masak batangan
  • 80 ml whipped cream 
  • 3 sdm minyak goreng

Cara membuat brownies lumer:

  • Pertama, kocoklah gula dan telur dengan menggunakan mixer. Atur mixer di kecepatan tinggi, kocok hingga adonan gula dan telur mengembang.
  • Masukkan tepung, cokelat bubuk, baking powder, dan baking soda di mangkuk lainnya, campur perlahan hingga tercampur secara merata, lalu ayak. 
  • Setelah campuran tersebut diayak, masukkan tepung serta bahan lainnya ke dalam mangkuk yang berisi adonan gula dan telur. Aduk sampai merata.
  • Tuangkan susu kental manis dan margarin, aduk kembali adonan hingga tercampur rata.
  • Tuang adonan dalam cetakan. Kukus selama 20 menit.
  • Sambil menunggu adonan brownies matang, tim cokelat masak dan minyak goreng dengan menggunakan api kecil hingga meleleh. Setelah itu, masukkan whipped cream dan aduk hingga merata.
  • Siram adonan brownies yang sudah matang dengan lelehan cokelat. Sajikan.

Hal yang Harus Dihindari Saat Membuat Brownies

resep brownies lumer

Takut brownies bikinanmu gagal? Alih-alih menjadi brownies lumer yang empuk, padat, dan legit, brownies justru bantet dan tidak enak? Jangan khawatir, berikut kami bagikan beberapa hal yang harus kamu hindari saat sedang membuat brownies

1. Asal pilih resep

Saat ini, ada begitu banyak resep brownies, terutama di internet. Yang harus kamu perhatikan, tidak semua resep akan menghasilkan brownies yang enak. Saat memilih resep, pastikan kamu telah mengetahui dan memutuskan jenis brownies seperti apa yang ingin kamu buat.

Jika ingin membuat brownies dengan tekstur padat berisi seperti cake, maka pilihlah resep yang dalam langkah pembuatannya mencampurkan butter serta gula terlebih dahulu. Apabila kamu ingin membuat jenis brownies yang lebih fluffy dan lumer, maka pilihlah resep brownies yang menggunakan banyak butter dan coklat. 

2. Tidak memerhatikan kualitas bahan lain

Kebanyakan orang hanya berfokus pada memilih jenis coklat terbaik saat membuat brownies. Padahal, bahan lain seharusnya juga diperhatikan kualitasnya. Coklat memang menjadi bahan dasar yang memegang peranan penting, namun kesalahan pemilihan bahan-bahan pendukung atau menggunakan bahan pendukung dengan kualitas yang kurang baik tentunya akan berakibat pada hasil akhir brownies yang kurang enak.

Pada dasarnya, brownies sendiri tidak memerlukan banyak jenis bahan, bahan-bahan yang diperlukan pun cenderung mudah didapat di pasaran, sehingga ada baiknya bila kamu menggunakan bahan-bahan dengan kualitas terbaik untuk hasil yang lebih optimal. 

3. Mencampur bahan dalam keadaan panas

Saat sedang membuat brownies, terdapat langkah dimana kamu harus melelehkan terlebih dahulu coklat serta butter yang digunakan. Saat sedang melelehkan coklat, lakukan dengan hati-hati agar coklat tidak sampai gosong. Atur kompor dengan api kecil saja, tim coklat sampai meleleh sempurna, lalu segera angkat. Pastikan untuk tidak mencampurkan bahan-bahan dalam keadaan terlalu panas ke dalam adonan karena membuat telur menjadi matang. 

4. Menambahkan terlalu banyak rasa

Meskipun saat ini banyak bertebaran variasa resep brownies dengan berbagai tambahan rasa seperti misalnya brownies keju, kacang, pandan, hingga jeruk nipis, ingatlah untuk tidak menambahkan terlalu banyak rasa dalam brownies seperti misalnya pandan dan keju dalam satu adonan.

Terlalu banyak menambahkan rasa justru akan membuat signature taste brownies yakni coklat yang legit akan hilang, tidak terasa, Jika kamu ingin menambahkan rasa lain dalam browniesmu, maka ada baiknya untuk memilih satu rasa saja yang cocok dipadu dengan coklat, agar rasa asli brownies tetap terasa bahkan semakin terasa lezat. 

5. Brownies belum matang = brownies lumer

Banyak orang salah mengira bahwa brownies yang belum matang dapat disebut sebagai jenis brownies lumer. Padahal, kenyataannya tidak begitu. Perbedaan antara brownies lumer dengan brownies biasa terletak pada bahan-bahan yang digunakan, bukan durasi atau lama waktu memasaknya. Nah, pastikan brownies bikinanmu matang sebelum disajikan, ya. 

Jadi, kapan nih kamu mau buat brownies lumer?

Related posts
Diet & NutrisiGaya Hidup

Dada Ayam vs Paha Ayam, Mana yang Lebih Baik untuk Menu Diet?

Diet & NutrisiGaya Hidup

12 Pilihan Snack Sehat untuk Penderita Diabetes

Diet & NutrisiGaya Hidup

10 Minuman Detoks yang Enak dan Bermanfaat bagi Tubuh

Gaya HidupKebugaran

6 Olahraga Untuk Memperbaiki Postur Badan Bungkuk