Gaya HidupResep

Resep Lumpur Surga Nan Legit Khas Banjarmasin

resep lumpur surga

Indonesia memang terkenal kaya akan kuliner Nusantara yang beragam. Salah satunya kue khas Banjarmasin, kue lumpur surga. Dessert tradisional ini terasa manis dan legit di lidah. Resep lumpur surga ini juga mudah untuk dipraktekkan di rumah.

Kue Lumpur merupakan makanan tradisional yang biasanya disajikan saat ada acara hajatan. Tapi sekarang mungkin sudah banyak yang tidak tahu karena sudah digantikan dengan keberadaan kue modern seperti cup cake.

Baca Juga:

Kue lumpur pada umumnya berbentuk lingkaran dengan diameter sekitar 7 cm dan tinggi 3 cm berwarna kuning. Biasanya toppingnya diberi irisan kelapa muda. Tetapi sekarang sudah banyak yang memodifikasi kue lumpur dengan mengganti topping kelapa muda dengan kismis yang juga mudah ditemukan.

Menurut bacaan dan artikel yang ada, tidak ada catatan yang menyebutkan pertama kali kue lumpur dibuat. Serta kenapa diberi nama kue lumpur. Namun banyak yang menduga bahwa kue lumpur masih turunan atau tiruan dari oasteis de nata (pastel Natal) yang berasal dari Lisbon, Portugal. 

Dari jenis adonannya bisa dikategorikan menjadi custard, yaitu adonan dari campuran susu dan kuning telur. Melihat dari kesamaan ini, ada yang menduga bahwa kue ini bisa jadi pertama kali dibawa oleh orang-orang Portugis yang datang pertama kali ke Indonesia sekitar abad 15. Hanya saja kue lumpur mendapat penyesuaian ketika sampai di sini, mengganti susu dengan santan.

Jenis-jenis Kue Lumpur

resep lumpur surga
Sumber: IG @cattlyeacookies

Sesuai dengan perkembangannya, ternyata kue lumpur ini mengalami perubahan. Ada berbagai jenis kue lumpur yang biasa dijumpai di pasaran, yakni:

1. Kue lumpur kentang

Jenis kue lumpur yang satu ini terbuat dari kentang rebus yang dihaluskan atau menggunakan tepung kentang yang menggantikan tepung terigu. Untuk kue lumpur kentang ini, topping kelapa diganti menjadi kismis.

2. Kue lumpur pandan

Kue lumpur pandaan ini jenis kue lumpur dengan menggunakan daun pandan dan daun suji untuk mengambil warna hijau yang dicampurkan dengan adonan kue. Tapi semakin ke sini, orang tidak mau ribet untuk mendapatkan warna hijaunya. Hijau alami ekstrak daun pandan diganti dengan pasta pandan saja.

3. Kue lumpur Lapindo

Iya, jens kue lumpur ini namanya diambil dari peristiwa lumpur Lapindo yang terjadi di Sidoarjo. Ini merupakan variasi dari kue lumpur. Sebab, adonan dasarnya merupakan adonan kue lumpur, tetapi bentuknya seperti mangkuk, yang berbeda dari bentuk kue lumpur kebanyakan. Dari segi warna juga berbeda.

Jika kebanyakan kue lumpur berwarna kuning, kue lumpur Lapindo ini berwarna hijau di pinggirnya dan berwarrna putih di tengahnya. Ketika kamu makan di bagian tengahnya, kamu akan merasakan adonan yang super lembut karena merupakan adonan santan. Ini seperti kue lumpur dengan vla. Di beberapa daerah dan sebagian orang menyebut kue lumpur lapindo ini dengan nama kue lumpur hijau.

4. Kue lumpur surga

Jenis kue lumpur yang satu ini merupakan kue lumpur khas Banjarmasin. Kue lumpur Surga yang satu ini merupakan kudapan tradisional yang benar-benar lembut dan legit. Bahkan lebih lembut dari kue lumpur Lapindo. Resep lumpur surga ini juga tidak 100 persen sama dengan jenis kue lumpur lainnya.

Selain itu juga berbeda dari segi bentuknya. Ketika kue lumpur surga masuk ke mulut, kue ini akan langsung lumer di mulut. Bahkan kue lumpur surga ini bisa dinikmati dalam keadaan dingin dan juga hangat.

Resep Lumpur Surga

resep lumpur surga
Sumber: IG @defizkitchen_

Tenang saja, kamu tidak perlu ke Banjarmasin untuk sekadar mencicipi kue lumpur surga ini. Atau jika kamu anak perantauan dan rindu kudapan tradisional ini, tentu saja membuatnya sendiri merupakan opsi menarik yang bisa kamu lakukan. Selain lebih sehat, membuat sendiri di rumah juga menjadi salah satu cara kamu melestarikan makanan tradisional agar tidak dimakan jaman.

Resep lumpur surga ini gak ribet dan cukup simpel. Kamu bisa mendapatkan semua bahan-bahannya dengan mudah kok. Yuk, langsung aja simak resep lumpur surga yang satu ini.

Membuat kue lumpur surga, bahan-bahannya akan dibagi menjadi dua kelompok, bahan untuk lapisan putih dan bahan untuk lapisan hijaunya.

Bahan A (bahan untuk lapisan hijau)

Kamu perlu menyiapkan:

  • 2 sendok makan penuh tepung terigu
  • 10 sendok makan penuh gula pasir
  • 3 butir telur
  • 125 ml santan
  • 125 ml air pandan (didapat dari 6 lembar daun pandan yang sudah diblender dan disaring terlebih dahulu)

Bahan B (lapisan putih)

Bahan-bahan yang perlu kamu siapkan untuk lapisan putih pada resep lumpur surga adalah:

  • 1 sendok makan tepung maizena
  • 400 ml santan
  • 1 sendok makan tepung terigu
  • Sejumput garam
  • 2 sendok makan penuh gula pasir

Cara Membuat Lumpur Surga

resep lumpur surga-2
Sumber: IG @dapurrini

Jika semua bahan-bahan A dan B sudah kamu siapkan, langkah selanjutnya adalah membuatnya. Tenang saja, gampang kok!

  • Untuk membuat lapisan hijau, kamu perlu mengocok telur dan gula hingga larut.
  • Setelah itu, masukkan santan dalam kocokan gula dan telur tersebut. Aduk hingga rata.
  • Kemudian, masukkan air pandan yang sudah kamu saring ke dalam campuran sebelumnya. Aduk lagi hingga semuanya tercampur rata.
  • Masukkan 2 sendok makan penuh tepung terigu. Aduk rata. Ingat ya, ini masih tahap pembuatan untuk lapisan hijau dari kue lumpur surga. Jadi bahan yang kamu gunakan masih bahan A, ya!
  • Agar tidak ada gumpalan dalam adonan, kamu bisa menyaringnya sehingga adonan tersebut lebih lembut dan mulus.
  • Jangan lupa untuk memanaskan kukusan terlebih dahulu. Kemudian tuangkan adonan hijau ke dalam aluminium foil. Jangan penuh, cukup terisi setengah atau 1/3 dari cup saja. Lalu kukus kurang lebih selama 15-20 menit.
  • Jika sudah, angkat dan dinginkan adonan hijau. Sambil menunggu adonan hijau dingin, lanjutkan dengan step berikutnya.
  • Campurkan semua bahan untuk membuat lapisan putih dalam panci kecil. Aduk rata dulu lalu masak dengan menggunakan api kecil dan aduk hingga mengental. Aduk terus hingga meletup-letup. Jika sudah, matikan api.
  • Tuang deh adonan lapisan putih dalam aluminium foil yang berisi kukusan lapisan hijau yang sudah dingin. Kukus kembali selama sekitar 10 menit. 
  • Voila, kue lumpur surga buatan sendiri kamu sudah bisa disajikan. Cara menikmatinya sesuai selera, bisa dingin atau selagi masih hangat. Selamat mencoba!

Gimana resep lumpur surga sederhananya? Mudah, kan? Yuk, langsung aja dicoba akhir pekan nanti!

Related posts
Gaya HidupKebugaran

9 Cara Mengecilkan Betis Yang Bisa Kamu Coba

Diet & NutrisiGaya Hidup

Panduan Diet Keto Bagi Pemula

Gaya HidupKebugaran

6 Cara Membesarkan Bokong Dengan Olahraga

Diet & NutrisiGaya Hidup

Turun Berat Badan Dalam 1 Minggu Tanpa Olahraga, Mungkinkah?