Gaya HidupResep

Resep Menu Diet Dada Ayam yang Enak dan Sehat

menu diet dada ayam

Siapa yang bilang menu makanan diet tidak boleh lezat? Jika kamu bisa mengolahnya dengan cara yang sehat, menu diet pun bisa menjadi enak dan aman untuk dimakan. Salah satu menu diet yang lezat dan bisa ramah berat badan adalah ayam, khususnya bagian dada.

Baca Juga:

Dalam artikel ini, Okadoc Indonesia akan mendapat informasi lengkap seputar menu makanan diet dada ayam, mulai dari kandungan gizi hingga rekomendasi resep sehat olahan dada ayam yang bisa dikonsumsi saat diet.

Kandungan Gizi Pada Dada Ayam

menu diet

Sebelum membahas menu dada ayam untuk diet, mari kita melihat dulu kandungan gizi apa saja yang ada pada ayam.

1. Kandungan Protein Dada Ayam

Pertama, kandungan proteinnya. Bagian dada ayam besar memiliki nilai protein yang lebih tinggi ketimbang bagian lain seperti paha. Pada dada ayam ukuran 80 gram, terdapat sekitar 25 gram protein, lebih besar daripada bagian paha yang hanya 21 gram.

Protein ini sangat penting perannya untuk regenerasi sel dan pertumbuhan massa otot. Makanya, dada ayam sering menjadi menu andalan para binaragawan yang ingin membangun otot tubuhnya.

2. Kandungan Lemak Dada Ayam Lebih Sedikit

Kedua, dari segi lemak. Dibandingkan paha ayam, dada ayam memiliki kandungan lemak yang lebih sedikit. Hanya ada sekitar 2 gram lemak jenuh pada dada ayam. Sementara, pada paha ayam dengan porsi seukuran, bisa terdapat 3-3,5 gram lemak jahat.

Namun, yang perlu diperhatikan adalah kulit pada dada ayam. Biasanya, bagian kulit inilah yang memiliki banyak lemak. Jadi, sangat disarankan untuk membuang bagian kulitnya dulu sebelum mengolahnya.

3. Tingkat Kolesterol Dada Ayam Lebih Rendah

Ketiga, untuk masalah kolesterol, dada ayam juga lebih baik daripada paha ayam. Keduanya termasuk makanan dengan tingkat kolesterol sedang. Kolesterol pada dada ayam lebih rendah dibandingkan kolesterol pada daging merah seperti daging sapi atau kambing.

Jadi, sebetulnya, mengonsumsi daging ayam lebih tidak berbahaya bagi kesehatanmu dibandingkan mengonsumsi daging sapi atau kambing.

4. Kalori Dada Ayam Lebih Rendah

Yang terakhir, kalori. Inilah pertimbangan utama orang yang sedang diet. Tidak perlu khawatir, sebab dada ayam terbukti memiliki nilai kalori lebih rendah daripada bagian paha. Dada ayam ukuran besar memiliki kalori sebanyak 170, sementara paha ayam dengan ukuran yang sama bisa memiliki kalori hingga 200.

Dari penjelasan tersebut, kamu bisa melihat sendiri bahwa dada merupakan bagian terbaik yang bisa kamu santap dari ayam. Pertanyaan selanjutnya adalah bagaimana cara mengolah menu makanan diet dada ayam yang bukan hanya enak tapi juga sehat?

Resep Menu Makanan Diet Dada Ayam

menu diet dada ayam

Berikut beberapa rekomendasi resep dada ayam untuk diet yang bisa kamu coba!

1. Sandwich Ayam

Resep menu diet dada ayam pertama adalah sandwich ayam. Menu ini cocok untuk kamu nikmati sebagai menu sarapan. Untuk campuran isi, kamu bisa memadukan ayam dengan beraneka jenis sayuran seperti tomat dan selada. Sedangkan untuk rotinya, sangat disarankan memakai roti gandum yang lebih lama dicerna oleh tubuh.

Bahan:

  • 2 lembar roti gandum
  • Dada ayam dipotong memanjang
  • 2 lembar selada segar
  • 1 buah tomat
  • 1 siung bawang bombay
  • 1 sdm olive oil
  • Garam dan merica secukupnya

Cara membuat:

  1. Marinasi dada ayam dengan olive oil, garam, dan merica
  2. Siapkan selembar roti gandum sebagai alas sandwich
  3. Letakkan selembar daun selada segar di atas roti
  4. Tambahkan irisan tomat dan bawang bombay
  5. Letakkan ayam di atasnya
  6. Tumpuk lagi dengan selada, tomat, dan bawang bombay
  7. Terakhir tutup dengan selembar roti gandum
  8. Sandwich praktis nan sehat siap disantap

2. Ayam Panggang Bumbu Lemon

Dada ayam panggang merupakan menu makan siang yang enak serta sehat. Proteinnya yang tinggi bisa memberimu energi untuk melanjutkan sisa hari. Selain itu, mengolah ayam dengan cara dipanggang lebih menyehatkan ketimbang digoreng, asalkan kamu tidak memanggangnya sampai gosong. Jangan lupa untuk membuang dulu bagian kulitnya sebelum ayam dipanggang. Berikut bahan dan cara membuat ayam panggang bumbu lemon.

Bahan:

  • 250 gram dada ayam tanpa kulit yang sudah dibersihkan
  • 2 siung bawang merah
  • 1 siung bawang putih
  • Garam
  • Merica
  • 2 sdm olive oil
  • Lemon

Cara membuat:

  1. Campurkan bawang merah, bawang putih, garam, merica, olive oil dan perasan air lemon ke dalam satu wadah
  2. Aduk hingga tercampur semua
  3. Lumuri dada ayam dengan bumbu yang baru saja dibuat dan diamkan selama 15 menit agar meresap
  4. Panggang ayam selama 10-15 menit
  5. Nikmati dengan nasi merah atau kentang rebus

3. Bakso Ayam

Jika kedua menu sebelumnya cocok kamu jadikan menu sarapan dan makan siang, menu yang satu ini bisa jadi pilihan menu makanan diet dada ayam yang menyehatkan serta mengenyangkan. Bahan dan cara membuatnya pun tidak terlalu rumit. Siap mencatat? Ini dia caranya.

Bahan:

  • 250 gram dada ayam tanpa kulit yang sudah dicuci bersih
  • 1 siung bawang putih
  • 2 siung bawang merah
  • Tepung roti
  • Keju parut
  • 1 butir telur
  • Garam
  • Merica
  • Butter

Cara membuatnya:

  1. Haluskan daging dada ayam
  2. Ambil satu mangkuk lain untuk mencampurkan telur, garam, merica, dan tepung roti.
  3. Masukkan daging ayam yang sudah dihaluskan dan uleni hingga campuran meresap ke dalam daging
  4. Bentuk daging yang sudah tercampur menjadi bola-bola kecil
  5. Lelehkan butter di atas wajan panas lalu tumis bawang merah dan bawang putih hingga harum
  6. Masukkan bakso ayam dan masak hingga kecokelatan
  7. Tiriskan hingga dingin
  8. Masukkan ke dalam kotak bekal agar bisa kamu bawa ke mana-mana

Tips Membuat Menu Diet Sehat Dada Ayam

menu diet dada ayam

Ketiga menu di atas sangat mudah dibuat tanpa memerlukan keterampilan memasak khusus. Untuk menjadikan dada ayam menu diet yang sehat, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, antara lain:

1. Pilihlah daging ayam yang masih segar

Daging ayam yang segar tidak berwarna kebiruan atau kehitaman. Selain itu, tekstur daging yang segar juga empuk dan tidak keras. Cobalah untuk menekannya dulu sebelum kamu membeli daging tersebut. Daging ayam yang segar juga tidak mengeluarkan aroma tak sedap. Hati-hatilah dalam memilih

2. Cuci bersih sebelum diolah

Rendamlah dada ayam dengan air dingin sebelum kamu memasaknya. Biasanya, bagian bawah dada ayam masih terdapat sedikit darah, cucilah sampai bersih. Selain itu, jangan lupa untuk membuang bagian kulitnya.

3. Jika harus menggoreng, pakailah minyak yang rendah lemak

Sebetulnya, cara terbaik menyajikan daging dada ayam untuk diet adalah dengan direbus atau dipanggang. Namun, sesekali pasti kamu ingin menggorengnya. Jika memang demikian, gunakanlah minyak yang rendah lemak. Olive oil bisa menjadi pilihan. Setelah memasak, langsung buang minyak bekas pakai dan jangan digunakan untuk memasak yang lain.

4. Padukan dengan makanan lain yang rendah kalori

Sesehat apa pun kamu mengolah dada ayam tidak akan ada artinya bila kamu menyantapnya dengan tambahan makanan lain yang porsinya berlebihan. Jadi, bijaklah dalam membuat variasi menu pelengkap dan utama. Untuk nasi misalnya, jangan sampai kamu menambahkan porsi nasi berlebihan. Hitunglah kalori lain di luar ayam, pastikan jumlahnya tidak berlebih.

Resep-resep olahan menu dada ayam untuk diet di atas bisa membuat dietmu menyenangkan untuk dijalani. Sebagai variasi, carilah referensi resep sebanyak mungkin. Diet yang tidak membebani memiliki kemungkinan berhasil yang lebih tinggi. Selamat mencoba!

Related posts
Gaya HidupKebugaran

Olahraga dengan Barbel untuk Pemula

Diet & NutrisiGaya Hidup

Hati-hati Memilih Salad Sayur untuk Diet

Gaya HidupKebugaranWanita

8 Olahraga untuk Payudara Kencang Alami

Diet & NutrisiGaya Hidup

Serba Serbi Pedoman Gizi Seimbang yang Perlu Kamu Tahu