Gaya HidupResep

4 Resep Smoothies Sehat dan Enak

Resep Smoothies Sehat

Gaya hidup sehat mulai marak diikuti akhir-akhir ini. Ini merupakan sebuah tren yang bagus karena membuat banyak orang menyadari betapa pentingnya kesehatan dan menjaganya dengan menjauhi hal-hal yang berpengaruh negatif bagi kesehatan tubuh. Salah satu hal yang turut populer seiring dengan banyaknya pengikut gaya hidup sehat adalah sajian bernama smoothies.

Baca Juga:

Smoothies adalah sajian berbahan dasar buah atau sayur yang dihaluskan hingga berubah tekstur. Bedanya dengan jus, smoothies tidak membutuhkan air ataupun gula tambahan. Hal ini yang menyebabkan tekstur smoothies menjadi lebih padat dibanding jus.

Cara membuatnya yang mudah serta resep smoothies yang bisa dikreasikan dengan bahan apapun sesuai selera membuat sajian ini menjadi  semakin diminati. Selain itu, smoothies juga kaya akan manfaat. Apa saja manfaatnya?  

Manfaat Smoothies

Resep Smoothies Sehat

Ada beberapa manfaat yang bisa kita rasakan bila rutin mengonsumsi smoothies, yakni :

1. Menyehatkan kulit

Ingin punya kulit cerah, kenyal dan glowing? Tidak cukup hanya dengan skincare saja lho, kamu juga harus memerhatikan asupan nutrisi melalui makanan dan minuman yang kamu konsumsi. Tanpa konsumsi nutrisi yang sehat dan cukup, maka skincare yang kamu gunakan pun tidak akan menampakkan hasil yang optimal.

Nah, untuk memenuhi nutrisi tubuh, smoothies merupakan salah satu sajian yang tepat. Dengan bahan dasar buah dan sayur, sudah pasti smoothies mengandung banyak sekali vitamin dan zat-zat lain yang berguna bagi kesehatan tubuh tak terkecuali untuk bagian kulit.

Selain itu, smoothies juga tidak mengandung gula, dimana konsumsi gula berlebih dapat membuat kulit terlihat kusam dan lelah serta cepat keriput. Oleh sebab itu, untuk mendapatkan kulit halus nan lembut serta cerah bersinar, konsumsilah smoothies secara rutin.

2. Melancarkan sistem pencernaan

Sering sembelit, susah BAB, atau justru kerap mengalami diare? Sistem pencernaan yang terganggu memang akan menimbulkan penyakit-penyakit yang cukup mengganggu. Untuk menjaga sistem pencernaan agar selalu lancar, maka perhatikan konsumsi makanan serta minuman yang kamu asup.

Perbanyak konsumsi buah dan sayur yang mengandung banyak serat agar sistem pencernaan menjadi lancar. Salah satu sajian dengan bahan buah dan sayur yang mampu melancarkan sistem pencernaanmu sudah tentu adalah smoothies. Tambahkan oats atau biji-bijian sebagai topping smoothies-mu untuk meningkatkan fungsi melancarkan pencernaan.

3. Meningkatkan daya tahan tubuh

Asupan gizi yang lengkap dan seimbang akan membuat daya tahan tubuh semakin meningkat. Sebaliknya, apabila kita tidak memerhatikan asupan gizi dan cenderung asal-asalan dalam mengonsumsi makanan, tentu saja daya tahan tubuh menjadi lemah.

Tak heran bila dengan kondisi imun yang lemah, tubuh kita menjadi mudah terserang virus dan bakteri yang menimbulkan penyakit. Agar asupan gizi lengkap dan daya tahan tubuh terjaga, maka konsumsilah smoothies yang mengandung buah serta sayur yang bergizi ini secara rutin.

Resep Smoothies yang Sehat dan Praktis

Setelah mengetahui apa saja manfaat konsumsi smoothies secara rutin, pasti kamu ingin mencoba membuat sajian smoothies. Berikut ini beberapa referensi resep smoothies sehat dan praktis yang bisa kamu coba.

1. Smoothies Bayam Pisang

Resep Smoothies Sehat

Mengandung zat besi, bayam adalah salah satu jenis sayuran yang cukup sering hadir di meja makan bagi kebanyakan masyarakat Indonesia. Makanan favorit karakter kartun Popeye ini biasanya diolah menjadi sayur bening pendamping nasi dan lauk.

Sementara pisang juga cukup disukai oleh banyak orang karena rasanya yang manis. Bagaimana bila sayur dan buah ini disatukan? Ternyata perpaduan bayam dan pisang ternyata memiliki citarasa yang lezat, lho! Penasaran ingin mencoba? Berikut resepnya.

Bahan-bahan:

  • 1 buah pisang
  • 125 gram greek yogurt tawar
  • 225 gram bayam, buang tangkai
  • 1/2 sdt minyak kelapa
  • Madu, secukupnya untuk pemanis
  • Es batu (jika suka)

Cara membuatnya pun sangat praktis, cukup blender semua bahan hingga teksturnya menjadi halus namun tetap kental. Smoothies bayam pisang ini disajikan untuk porsi 1 orang dengan jumlah kalori mencapai 316 kcal, 6 gram protein, serta 4 gram serat.

2. Smoothies Alpukat Stroberi

Resep Smoothies Sehat

Legitnya alpukat berpadu dengan segarnya stroberi tentu menjadi perpaduan yang tak boleh dilewatkan begitu saja. Alpukat kaya akan lemak nabati yang baik untuk tubuh, sementara stroberi juga mengandung banyak vitamin seperti misalnya vitamin C dalam kadar yang cukup tinggi sehingga sangat pas untuk memenuhi asupan nutrisi harianmu.

Tertarik untuk mencoba smoothies alpukat stroberi? Berikut resepnya.

Bahan yang dibutuhkan:

  • 1/4 cangkir susu tawar
  • 190 gram yogurt vanila/tawar
  • 1 buah pisang
  • 300 gram stroberi beku (bisa dibekukan dulu dalam freezer semalaman)
  • 1/4 buah alpukat
  • 1/4 sdt ekstrak vanila

Cara membuat:

  • Masukkan terlebih dahulu susu ke dalam blender, kemudian disusul dengan yogurt.
  • Tambahkan pisang dan alpukat, lalu blender hingga kental.
  • Terakhir, masukkan stroberi dan blender sebentar. Tuang ke dalam mangkuk saji.

Setiap porsi smoothies alpukat stroberi mengandung kurang lebih 404 kalori, 15 gram protein, serta 10 gram serat.

3. Smoothies Seledri Mentimun Apel

Resep Smoothies Sehat

Jika dua resep sebelumnya merupakan kombinasi dari dua jenis buah atau sayur, kali ini ada tiga buah unsur yang dipadukan untuk membuat semangkuk smoothies yang lezat, yakni seledri, mentimun, dan apel. Berikut resepnya.

Bahan:

  • 125 ml jus red grapefruit (alternatif: jus jeruk atau air kelapa alami)
  • 25 gram baby spinach/kale, buang tangkai
  • 1 buah apel merah besar (200 gram), buang biji dan cincang kasar
  • 130 gram mentimun cincang
  • 1 batang seledri ukuran sedang (85 gram), cincang kasar
  • 30-40 gram biji bunga matahari/biji labu/kacang walnut/chia seed
  • 55 gram mangga potong
  • 4 gram daun mint segar
  • 1 1/2 sdt virgin coconut oil (kalau ada)
  • Es batu (kalau suka)

Untuk membuatnya, masukkan semua bahan dan blender hingga berubah tekstur menjadi halus dan kental. Satu resep ini bisa untuk porsi dua orang dengan jumlah kalori 420 kcal, 12 gram serat serta 17 gram protein.  

4. Smoothies Coklat Kacang Pisang

Resep Smoothies Sehat

Bagi penyuka coklat, jangan khawatir kamu tidak bisa mengonsumsi makanan favoritmu ini bila memilih untuk mengonsumsi makanan sehat. Ini adalah resep smoothies coklat kacang pisang yang bisa kamu coba agar tetap bisa makan coklat tapi dengan cara yang sehat.

Bahan :

  • 1 buah pisang ukuran sedang
  • 150 gram greek yogurt tawar
  • 1 sdm bubuk kakao
  • 1 sdm selai kacang alami
  • Es batu (kalau suka)

Untuk cara membuatnya, cukup masukkan semua bahan ke dalam blender. Blender hingga teksturnya berubah menjadi lebih halus namun tetap kental.

Setiap porsi smoothies ini mengandung sekitar 370 kalori, 26 gram protein, serta 6 gram serat. Rasanya yang lezat berkat tambahan bubuk kokoa alias coklat membuat resep ini termasuk dalam daftar resep yang harus dicoba oleh para pecinta coklat.

Nah, daripada ngemil sembarangan, lebih baik konsumsi smoothies yang enak dan juga menyehatkan ini, bukan? Selamat mencoba!

Related posts
Gaya HidupKebugaran

Olahraga dengan Barbel untuk Pemula

Diet & NutrisiGaya Hidup

Hati-hati Memilih Salad Sayur untuk Diet

Gaya HidupKebugaranWanita

8 Olahraga untuk Payudara Kencang Alami

Diet & NutrisiGaya Hidup

Serba Serbi Pedoman Gizi Seimbang yang Perlu Kamu Tahu