Gaya HidupResep

Resep Kuah Bakso Mudah dan Praktis

resep kuah bakso

Bakso, merupakan salah satu menu populer yang digemari oleh berbagai kalangan di Indonesia. Sajian bola-bola daging yang dilengkapi kuah bercitarasa gurih ini banyak ditemukan mulai dari di pinggir jalan dengan gerobak pedagang kaki lima, hingga di restoran serta mall-mall dengan tampilan yang lebih eksklusif tentunya. 

Baca Juga:

Pada dasarnya, bakso atau yang juga kerap disebut baso adalah bola daging yang disajikan bersama kuah ataupun ditemukan sebagai pelengkap pada masakan Indonesia. Bakso biasanya terbuat dari campuran daging sapi yang telah digiling dan dicampur dengan tepung tapioka. Tetapi, terdapat pula bakso yang berbahan dasar selain daging sapi seperti misalnya bakso daging ayam, ikan, atau udang hingga daging kerbau. 

Cara Penyajian Bakso

resep kuah bakso

Terkait cara penyajiannya, bakso biasanya disajikan dalam kondisi panas dalam kuah kaldu sapi bening. Terdapat berbagai variasi bahan tambahan yang disajikan bersama bakso, seperti misalnya mie, bihun, tauge, tahu bakso, hingga taburan bawang goreng dan seledri yang membuat citarasanya semakin menggugah selera.

Tidak hanya dijual dalam bentuk sajian yang siap makan, bakso juga banyak dijual dalam bentuk frozen food alias makanan beku sehingga tahan dalam waktu yang lebih lama, cocok untuk kamu yang suka cara-cara praktis. Dengan adanya bakso beku ini, kamu hanya perlu mencari resep kuah bakso sapi dan menambahkan bakso beku ini ke dalam kuah bakso yang telah kamu buat terlebih dahulu.

Beberapa merek bakso beku bahkan telah menambahkan bumbu kuah bakso siap saji sehingga hanya perlu diseduh dengan air hangat saja untuk menyantapnya. Selain disantap sebagai sajian utuh, irisan bakso juga kerap ditemui sebagai  pelengkap untuk menu makanan lain seperti misalnya cap cay, nasi goreng, ataupun mie goreng. 

Darimana Bakso Berasal?

resep kuah bakso

Meski populer di Indonesia, bakso ternyata tidak sepenuhnya berasal dari Indonesia, melainkan terdapat pengaruh dari luar yakni dari Negara Tirai Bambu alias China. Istilah bakso sendiri merujuk pada Bahasa Hokkien yakni bak-so yang jika diterjemahkan secara harfiah memiliki makna daging giling. Jika di negara asalnya sajian ini menggunakan bahan dasar berupa daging babi, maka di Indonesia karena kebanyakan penduduknya menganut agama Islam, maka sajian ini mengalami akulturasi dengan menggunakan bahan dasar yang halal dikonsumsi seperti misalnya daging sapi, ayam, ataupun ikan.

Begitu pula dengan kaldu yang digunakan sebagai kuah, diganti dengan rebusan daging yang terkategori halal. Karena adanya percampuran antara budaya kuliner Tionghoa dan Indonesia, maka selain perbedaan bahan dasar, terdapat pula perbedaan-perbedaan lain antara sajian bakso Indonesia dengan China, salah satunya adalah kuantitas kuahnya. Bakso Indonesia biasanya disajikan dengan kuah yang melimpah dan citarasa gurih yang ringan, sementara di negara asalnya, bakso biasanya disajikan dengan kuah yang sedikit dan memiliki rasa yang lebih kuat. 

Resep Aneka Kuah Bakso

resep kuah bakso

Sebagai pendamping utama dari bola-bola daging, kuah bakso tentu menjadi unsur yang harus diperhatikan. Bakso yang enak tidak akan berarti tanpa dukungan kuah yang sedap pula. Rasa yang berlebih dari kuah bakso bisa saja mengganggu citarasa bakso, sementara jika kurang sedap tentu akan mengurangi rasa enak sajian bakso secara keseluruhan. Oleh sebab itu, kuah bakso haruslah pas sehingga menjadi kombinasi sajian yang sempurna.  

Bagi kamu yang berencana meramu sendiri kuah baksomu, berikut beberapa resep yang dapat kamu coba. 

1. Kuah Bakso Sapi

Bahan dan bumbu kuah bakso sapi:

  • 4 liter air
  • 400 gr tulang sapi
  • 1 sdt lada bubuk
  • 4 batang daun bawang
  • 2 sdt gula pasir
  • 1 sdm bawang putih goreng yang telah dihaluskan
  • 1 sdm bawang merah goreng yang telah dihaluskan
  • 2 sdt kaldu sapi bubuk instan

Untuk membuat kuah bakso sapi, langkah pertama ialah panaskan air dalam panci terlebih dahulu. Pilih ukuran panci yang sesuai dengan kuantitas kuah bakso agar tidak tumpah saat mendidih. Setelah air mendidih, masukkan bumbu-bumbu kuah bakso. Kamu juga bisa menambahkan tulang sapi agar terasa lebih sedap. Aduk perlahan hingga merata, kemudian diamkan sampai mendidih. Jika telah mendidih, matikan kompor. Kuah bakso sapi pun siap disajikan.  

2. Kuah Bakso Ayam

Harga daging sapi yang cukup mahal tidak membuat masyarakat Indonesia lantas berhenti membuat olahan bakso. Untuk mengakali masalah ini, dipilihlah daging ayam yang lebih murah sebagai ganti bahan dasar daging sapi untuk bakso.

Meski tentu saja tekstur dan rasanya sedikit berbeda, namun sajian bakso ayam tak kalah sedap, lho. Apalagi bila dipadu dengan kuah bakso ayam yang enak, seperti resep kuah bakso ayam berikut ini. 

Bahan dan bumbu kuah bakso ayam:

  • 2 liter kaldu ayam
  • 1 sdt merica bubuk
  • 1 sdt pala bubuk
  • 1 sdm bawang putih, cincang hingga halus
  • 1 sdm bawang merah, cincang hingga halus
  • 1 sdm margarin
  • Gula dan garam secukupnya

Cara membuat kuah bakso ayam cukup simpel. Pertama, panaskan margarin di pan hingga mencair. Gunakan lelehan margarin ini untuk menumis semua bumbu hingga wangi. Kemudian, panaskan kaldu ayam di dalam panci berukuran sedang. Campurkan bumbu yang telah ditumis ke dalam kaldu ayam, aduk perlahan hingga bercampur rata. Angkat setelah kuah bakso ayam mendidih.  

3. Kuah Bakso Ikan

Bagi kamu yang kurang menyukai daging sapi dan ayam, atau memiliki pantangan khusus terhadap kedua bahan tersebut, tak usah khawatir. Kamu tetap bisa menikmati sajian bakso dengan mengganti bahan dasarnya menggunakan daging ikan. Selain rasanya yang sedap, bakso ikan tentunya kaya akan gizi dan zat-zat yang baik untuk tubuh. Berikut resep kuah bakso ikan untuk mendampingi bakso ikan agar semakin sempurna citarasanya. 

Bahan dan bumbu kuah bakso ikan:

  • 2 liter kaldu ayam
  • 1 sdt minyak wijen
  • 1 sdt gula pasir
  • ¼ sdt merica bubuk
  • 4 sdm bawang merah, cincang hingga halus halus
  • 2 batang daun bawang, rajang sampai halus
  • 2 tangkai daun seledri, rajang sampai halus
  • Garam secukupnya
  • 2 tangkai daun seledri, rajang halus sebagi taburan

Untuk membuat kuah bakso ikan, gunakan pan dan panaskan minyak wijen. Apabila sudah panas, masukkan bumbu dan tumis sampai harum. Ambil panci ukuran sedang untuk memanaskan kaldu ayam. Jika kaldu ayam sudah panas, tambahkan bumbu kuah bakso ikan yang telah ditumis sebelumnya. Aduk hingga merata dan biarkan sampai mendidih. Setelah mendidih, angkat kuah bakso ikan dan taburkan seledri yang telah diiris halus.

Itu dia beberapa resep kuah bakso yang wajib kamu coba. Yang mana resep kuah bakso favoritmu?

Related posts
Diet & NutrisiGaya Hidup

6 Cara Minum Lemon untuk Diet

Gaya Hidup

11 Cara Mengobati Diare dengan Cepat

Gaya HidupKebugaran

13 Cara Menurunkan Berat Badan yang Sehat dan Aman

Diet & NutrisiGaya Hidup

Tips Memilih Menu Sarapan Diet yang Mengenyangkan