Gaya HidupIbu HamilKebugaranPriaWanita

Senam Kegel untuk Wanita, Pria, dan Ibu Hamil

senam kegel

Senam kegel adalah gerakan untuk menguatkan otot panggul bagian bawah. Awalnya, senam ini menjadi pilihan orang-orang tertentu yang ingin memulihkan kekuatan panggulnya, seperti wanita yang baru bersalin atau orang yang sedang menurunkan berat badan. Namun, saat ini, senam ini juga dilakukan oleh semua kalangan. Alasannya, karena senam ini memiliki banyak manfaat, baik untuk wanita, pria, maupun ibu hamil.

Baca Juga:

Manfaat tersebut bukan hanya untuk pemulihan fungsi organ tubuh pasca situasi tertentu, melainkan juga untuk meningkatkan kemampuan tubuh secara umum. Untuk lebih jelasnya, kita akan membahas manfaat dan cara melakukan senam ini untuk wanita, pria, dan ibu hamil.

Senam Kegel untuk Wanita

senam kegel

Dibandingkan dengan pria, para wanita sudah lebih dulu akrab dengan senam yang satu ini. Namun, biasanya senam ini baru dijadikan solusi pemulihan pascamelahirkan. Padahal, senam ini dapat memberi manfaat di luar itu.

Apa saja manfaat senam kegel untuk wanita? Berikut beberapa contohnya:

1. Mengencangkan otot vagina

Pertambahan usia dan faktor gaya hidup dapat berdampak pada menurunnya kekuatan otot vagina seorang wanita. Ini terjadi karena aliran darah yang menuju otot dasar panggul terhambat. Senam yang satu ini dapat memperlancar kembali aliran darah tersebut sehingga otot di area vagina semakin kencang.

2. Mencegah penurunan rahim

Rahim turun, atau yang dikenal dengan istilah prolaps uterus, adalah kondisi di mana rahim seorang wanita tidak berada di tempat yang semestinya. Hal ini disebabkan oleh melemahnya otot dasar panggul. Biasanya, kondisi ini dialami oleh wanita yang sudah melahirkan atau telah mengalami menopause. Senam kegel bisa menjadi solusi untuk mencegahnya.

3. Meningkatkan kontrol atas kandung kemih

Apabila seseorang tidak punya kontrol yang baik pada kandung kemihnya, orang tersebut biasanya tak mampu menahan buang air kecil. Ini akan menyulitkan untuk beberapa situasi di mana kamu sedang tidak dapat mengeluarkan urine, misalnya di perjalanan atau sedang bertemu seseorang. Meski tidak disarankan untuk menahan urine terlalu lama, kamu perlu melatih kekuatan otot panggul agar tidak mudah mengompol di situasi yang mendesak.

4. Meningkatkan kepuasan saat berhubungan intim

Senam ini juga dapat membuat wanita lebih peka terhadap rangsangan di sekitar vagina. Dengan meningkatnya kepekaan terhadap rangsangan, seorang wanita lebih bisa mendapat kepuasan saat melakukan hubungan intim. Itulah sebabnya, senam ini sering dijadikan terapi perbaikan keharmonisan pasangan suami istri di atas ranjang.

5. Mencegah wasir

Wasir atau ambeien adalah penyakit yang bisa dialami pria dan wanita. Penyebabnya adalah pelebaran pembuluh darah di area anus. Senam kegel dipercaya bisa mengurangi risiko penyakit ini karena sifatnya yang melatih kekuatan otot bawah panggul bisa menjaga kondisi pembuluh darah di bagian tersebut.

Setelah mengetahui manfaatnya, pertanyaan berikutnya adalah bagaimana cara melakukannya?Okadoc Indonesia punya beberapa tips untuk melakukan senam kegel pada wanita.

  • Gerakan senam ini bisa dilakukan dalam posisi berdiri, duduk, maupun berbaring. Kami sarankan untuk melakukannya sambil berbaring dengan kedua lutut ditekuk
  • Temukan letak otot dasar panggul dengan cara mengencangnkan otot bagian bawah seperti ketika kamu sedang menahan buang air kecil
  • Rasakan kontraksinya. Itulah otot dasar panggulmu
  • Cobalah untuk mengencangkannya selama 3 detik tanpa menahan nafas dan otot perut
  • Istirahatkan selama 3 detik
  • Ulangi selama 10 kali
  • Lakukan secara rutin 3 kali sehari

Senam Kegel untuk Pria

senam kegel

Bukan hanya untuk para wanita, senam ini juga memiliki banyak manfaat pada pria. Saat ini, sudah bukan hal yang asing melihat pria menjalani kegiatan senam yang satu ini. Apa saja manfaat yang bisa dirasakan oleh pria dari senam ini?

1. Meningkatkan kekuatan penis saat ereksi

Senam ini dapat meningkatkan penis saat sedang ereksi. Pasalnya, dengan melatih otot panggul, aliran darah menuju penis akan semakin lancar. Oleh karena itu, jika kamu menginginkan ereksi yang lebih keras, senam ini bisa menjadi solusi yang patut dicoba.

2. Mencegah ejakulasi dini

Otot dasar panggul yang terlatih dapat membantu para pria menahan ejakulasi. Dengan demikian, kegiatan hubungan intim bisa berlangsung lebih lama dan lebih memuaskan. Itulah sebabnya senam ini sering menjadi pilihan untuk meningkatkan kualitas hubungan seksual para pasangan.

3. Mencegah adanya sisa urine saat buang air kecil

Saat buang air kecil, para pria kerap kali merasakan ada sisa urine yang belum keluar. Jika otot panggul terlatih, kamu bisa mendorong sisa urine ini keluar sehingga buang air kecil pun lebih lancar dan tuntas.

4. Menjaga kesehatan prostat

Senam ini dapat menjadi solusi bagi para pria yang ingin memperbaiki kelenjar prostatnya. Selain itu, gerakan senam ini juga dapat menjadi terapi untuk pemulihan setelah operasi pengangkatan kelenjar prostat.

Cara melakukan senam kegel pada pria tidak berbeda dengan yang dilakukan para wanita.

Senam Kegel untuk Ibu Hamil

senam kegel

Ibu hamil perlu memperhatikan kondisi kekuatan otot panggulnya menjelang masa persalinan, khususnya mereka yang menginginkan proses bersalin normal. Otot panggul yang kuat merupakan kunci untuk memudahkan persalinan lewat vagina.

Berikut adalah beberapa manfaat senam kegel untuk ibu hamil:

1. Memperlancar proses persalinan

Otot panggul yang kuat dapat membantu seorang ibu hamil untuk menjalani persalinan normal lebih lancar. Apabila kamu termasuk ibu hamil yang mendambakan persalinan normal, melakukan senam ini merupakan solusi yang bisa kamu lakukan saat mempersiapkan persalinanmu.

2. Mengurangi risiko pendarahan besar

Keadaan otot panggul yang lebih kuat juga bisa mencegah kemungkinan terjadinya pendarahan besar akibat persalinan. Makanya, banyak dokter kandungan atau kelas-kelas senam hamil yang menyarankan senam ini kepada para wanita yang mau bersalin.

3. Mempercepat pemulihan pascamelahirkan

Setelah melahirkan, otot panggul pasti mengalami penurunan kekuatan. Untuk memulihkannya, kamu dapat melakukan beberapa cara, salah satunya adalah dengan rutin melakukan senam kegel.

Related posts
Gaya HidupKebugaran

9 Cara Mengecilkan Betis Yang Bisa Kamu Coba

Ibu HamilKehamilan

6 Tanda Hamil Anak Laki-Laki, Fakta atau Mitos?

KesehatanWanita

Kenali Penyebab Payudara Nyeri dan Cara Mengatasinya

Diet & NutrisiGaya Hidup

Panduan Diet Keto Bagi Pemula