Gaya HidupKebugaran

Strong by Zumba, Workout Seru yang Patut Dicoba

Strong by Zumba

Salah satu jenis olahraga yang tengah populer akhir-akhir ini adalah strong by zumba. Hmm, apa bedanya dengan zumba yang populer lebih dulu ya?

Apakah strong by zumba ini adalah versi yang lebih intense dibanding zumba biasa? Yuk, simak ulasannya berikut ini!

Mengenal Strong by Zumba

HIIT strong by zumba

Strong by zumba adalah jenis olahraga yang dikembangkan sejak tahun 2016 lalu oleh tim Education and New Programming di Zumba Fitness. Zumba Fitness ini merupakan organisasi yang dipimpin oleh Ai Lee Syarief yang merupakan lead support strong by zumba, yang juga sekaligus istri dari mantan atlet karate Umar Syarief.

Baca Juga:

Strong by zumba ini adalah jenis workout yang termasuk dalam kategori HIIT (High Intensity Interval Training), yaitu olahraga dengan intensitas interval tinggi, tanpa tarian yang menggabungkan latihan beban, pembentukan otot tubuh, kardio, serta gerakan plyometric yang di-sinkronisasi dengan alunan musik.

Jadi, pada prosesnya, gerakan strong by zumba dibuat terlebih dahulu baru kemudian dilengkapi dengan musik untuk mengiringi. Oleh sebab itu, musik dan gerakan strong by zumba sangat eksklusif, tidak bisa begitu saja menggunakan sembarang lagu.

Gerakan Strong by Zumba

Strong by Zumba

Gerakan workout yang asyik dilakukan bersama teman ini terbagi dalam empat kuadran, dengan empat basic moves yakni squat, lunges, knee lift, serta plank.

Di kuadran pertama yang disebut Ignite, berisikan gerakan dasar dan pemanasan. Kemudian di kuadran kedua yakni Fire Up dan kuadran ketiga yaitu Push Your Limits, terdiri atas gerakan dengan intensitas yang lebih tinggi seperti misalnya punch dan squat, lalu yang terakhir di kuadran 4 atau Floor Play adalah tahap pendinginan yang berisi gerakan plank.

Seluruh kuadran ini memiliki waktu jeda sekitar setengah menit yang berguna untuk pengaturan nafas. Adanya intensitas yang berbeda di masing-masing kuadran bertujuan agar pembakaran kalori berlangsung secara lebih maksimal.

Perbedaan Zumba Biasa dengan Strong by Zumba

Strong by Zumba

Lantas, apakah bedanya strong by zumba ini dengan zumba biasa? Apakah hanya terletak di perbedaan intensitas?

Faktanya, kedua jenis zumba ini berbeda. Selain berbeda intensitas yang tentunya lebih tinggi strong by zumba dibandingkan dengan zumba biasa, di zumba ini tidak ada gerakan dance atau booty shake sama sekali karena memang dikhususkan untuk cardio strengthening, sedangkan zumba lebih mengarah ke dancing atau olahraga have fun yang digabungkan dengan gerakan tarian latin.

Selain kedua perbedaan ini, perbedaan mendasar yang lainnya antara strong by zumba dengan zumba adalah dari sisi musik yang digunakan.

Zumba biasanya menggabungkan musik dengan aliran latin, hip-hop, dan lagu-lagu dari mancanegara. Zumba juga lebih fleksibel soal penggunaan lagu, bisa menggunakan lagu apa saja dengan gerakan yang menyesuaikan.

Sementara strong by zumba menggunakan musik jenis tertentu yang beatnya lebih cepat seperti misalnya musik beraliran EDM, hip-hop, techno, house, serta dubstep.

Zumba ini juga tidak main-main dalam penggunaan musik, bahkan digarap langsung oleh produser musik papan atas seperti Steven Aoki dan Timbaland, yang dibuat secara seksama melalui reverse-engineered.

Tips Melakukan Strong by Zumba

Strong by Zumba

Strong by zumba ini sangat bagus untuk membentuk tubuh alias body shaping dan memperkuat bagian-bagian otot tertentu.

Tertarik untuk melakukan olahraga yang satu ini? Simak dulu beberapa hal yang harus diperhatikan berikut ini, ya!

1. Strong by zumba bukanlah kelas dance biasa

Seperti penjelasan sebelumnya, strong by zumba berbeda dengan zumba yang merupakan olahraga dengan tarian. Strong by zumba lebih cocok untuk mereka yang menikmati olahraga dengan intensitas yang tinggi, seni bela diri, hingga penikmat musik dengan beat cepat.

Di olahraga ini, kamu akan menggunakan berat badan sebagai beban dalam melakukan olahraga jenis high intensity interval training ini. Rentetan gerakannya pun yang cukup powerful seperti push up, squats, tendangan dan gerakan bela diri lainnya.

2. Gunakan pakaian yang nyaman dan sesuai

Pakaian memegang peran penting dalam melakukan olahraga ini. Intensitas gerakan yang cukup tinggi di jenis olahraga ini membuat kamu harus menentukan jenis pakaian yang tepat.

Selain itu, beberapa gerakan tertentu di zumba ini juga membutuhkan elastisitas dari bahan yang dipakai agar tidak robek. Pastikan juga kamu memakai pakaian yang mudah menyerap keringat demi kenyamanan saat berolahraga.

Pilihlah pakaian yang berbahan dasar polypropylene atau coolmax dan juga supplex.

3. Pilih matras yang sesuai

Jangan lupa juga untuk siapkan matras yang diperlukan pada pada saat melakukan sesi pendinginan, sebagai alas untuk tubuh. Pastikan kamu memilih matras dengan bahan yang nyaman dan tentunya aman.

Kamu bisa memilih berbagai jenis matras yang sesuai, mulai dari yang berbahan dasar PVC, NBR, TPE, PER, hingga bahan jenis mikrofiber.

4. Jangan lupa tersenyum

Poin terakhir yang tak kalah pentingnya adalah jangan lupa tersenyum. Ini merupakan hal yang terdengar sedikit aneh dan tak biasa, namun pada kenyataannya memang dianjurkan langsung oleh lead instructor dari strong by zumba ini sendiri.

Anjuran untuk tersenyum ini bukannya tanpa alasan yang logis. Sebab, saat kita sedang tersenyum, hormon dalam tubuh akan mengucur deras dari kelenjar pituitary. Hormon tersebut berfungsi untuk menangkal depresi dan stres.

Tentunya ini merupakan sesuatu yang sangat penting agar olahraga ini tidak hanya membawa dampak sehat bagi tubuh melainkan juga bagi jiwa dan pikiran dengan meredakan depresi serta stress agar kita bisa lebih rileks dan merasa tenang.

Nah, itu dia beberapa hal yang patut diperhatikan saat kamu memutuskan untuk melakukan olahraga ini.

Pastikan kondisi badanmu cocok untuk melakukan gerakan-gerakan dengan intensitas yang tinggi ini, tidak sedang mengalami sakit tertentu atau cedera di bagian tubuh yang diharuskan untuk menghindari olahraga yang gerakannya cukup cepat dan powerful ini.

Apabila semuanya sudah cocok, maka segeralah mendaftar kelas strong by zumba di tempat-tempat dengan instruktur yang terpercaya.

Related posts
Diet & NutrisiGaya Hidup

6 Cara Minum Lemon untuk Diet

Gaya Hidup

11 Cara Mengobati Diare dengan Cepat

Gaya HidupKebugaran

13 Cara Menurunkan Berat Badan yang Sehat dan Aman

Diet & NutrisiGaya Hidup

Tips Memilih Menu Sarapan Diet yang Mengenyangkan