Diet & NutrisiGaya Hidup

Tips Agar Salad Buah Lebih Tahan Lama

salad buah

Buah tidak hanya diolah menjadi jus atau dikonsumsi langsung begitu saja, tetapi populer dijadikan salad. Salad buah tentu saja tidak kalah menarik dari salad sayur. Selain rasanya enak, salad buah juga mudah disajikan sehingga menjadi menu diet yang menyenangkan. Campuran buah-buahan dan dressing yang tepat  akan membuat salad buah menjadi lebih nikmat dan lebih sehat. 

Baca Juga:

Tapi masih banyak yang  masih ragu mengonsumsi buah-buahan karena mengandung gula. Sebab kelebihan gula bisa meningkatkan risiko menderita obesitas dan diabetes. Namun, kekhawatiran tersebut kurang tepat, sebab buah-buahan mengandung gula dalam bentuk fruktosa sehingga tidak berbahaya. Fruktosa akan berbahaya jika dikonsumsi dalam jumlah yang banyak.

Buah Kaya Akan Nutrisi

salad buah
  • Mengonsumsi salad buah tentu saja dapat menjaga kesehatan tubuh secara menyeluruh. Apalagi buah merupakan sumber serat, mineral, vitamin, dan antioksidan alami. Ada beberapa jenis vitamin dan juga mineral yang bisa kamu dapatkan dengan mengonsumsi buah-buahan. 
  • Ada asam folat yang sangat berperan mengurangi risiko cacat pada bayi dan juga keguguran, mencegah anemia, membentuk sel tubuh yang baru, serta memelihara kesehatan.
  • Pada buah-buahan, juga terdapat kandungan mangan yang membantu pembentukan tulang, membantu metabolisme asam amino, karbohidrat, dan kolesterol.
  • Kemudian ada kalium yang bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah , dibutuhkan otot saat terjadi kontraksi, serta menjaga kesehatan jantung. Selain itu, ada juga kandungan berbagai vitamin yang terkandung pada buah-buahan.
  • Seperti vitamin A yang bermanfaat menjaga kesehatan mata, kulit, menurunkan risiko kanker prostat, menjaga kesehatan tubuh, menjaga daya tahan tubuh serta pertumbuhan tulang.
  • Ada juga vitamin B1 yang baik untuk kesehatan otot, kulit, saraf, dan rambut. Vitamin B5 yang membantu pembentukan sel darah merah, hormon steroid, serta zat kimia otak. Vitamin B6 yang dapat mengurangi risiko penyakit jantung, memengaruhi nafsu makan, membantu pembentukan sel darah merah, bisa memperbaiki suasana hati, tidur, kekebalan tubuh, serta kemampuan kognitif.
  • Vitamin C yang dapat membantu pembentukan kolagen, mengurangi risiko kanker, menguatkan daya tahan tubuh, sert berperan sebagai antioksidan. Vitamin E yang mengandung antioksidan melawan radikal bebas serta melindungi sel tubuh dari kerusakan.

Jenis Buah yang Tepat untuk Dijadikan Salad

salad buah

Hampir semua buah-buahan punya manfaat bagi tubuh. Tetapi ada jenis buah yang mengandung manfaat yang lebih menonjol dari buah lainnya. Sehingga jika kamu olah menjadi salad buah, kamu akan mendapatkan manfaat dan nutrisi yang maksimal. Berikut jenis buah-buahan yang bisa kamu jadikan salad buah.

1. Alpukat

Selain kaya akan kalium, serat, dan mangan, buah yang satu ini mengandung lemak tak jenuh tunggal yang baik untuk menjaga kesehatan jantung.

2. Apel

Buah Apel cocok untuk dijadikan salad buah. Apalagi apel berkhasiat menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh dan meningkatkan kolesterol baik. Kandungan antioksidan flavonoid dalam apel dapat menurunkan risiko penyakit paru obstruktif (PPOK) dan pepnyakit asma.

3. Anggur

Kamu akan sering menemukan banyak salad buah yang dibuat dari anggur merah dan anggur ungu. Ini karena kedua jenis anggur ini kaya akan zat antiradang dan antioksidan.

4. Nanas

Tahukah kamu bahwa buah nanas itu kaya akan vitamin C yang dibutuhkan oleh tubuh. Dalam buah nanas juga mengandung zat yang bisa meredakan peradangan.

5. Buah delima

Buah delima diketahui memang mengandung antioksidan yang lebih tinggi dibanding teh hijau. Antioksidan ini juga bisa mencegah tekanan darah tinggi dan mencegah penyakit jantung. Zat antiradang yang ada dalam buah delima sendiri bisa menurunkan risiko dari penyakit kanker.

6. Mangga

Buah mangga tentu banyak ditemukan di wilayah Indonesia dan ternyata juga cocok untuk diolah menjadi salad buah. Buah ini kaya akan kandungan vitamin C, antioksidan, zat antiradang, dan serat.

7. Stroberi

Buah berwarna merah yang satu ini rendah indeks glikemik yang tidak akan membuat gula darah kamu naik.buah stroberi ini juga kaya akan antioksidan yang baik untuk tubuh.

8. Semangka

Semangka merupakan buah yang mengandung vitamin A dan C yang tinggi. Selain itu kandungan lycopene yang terkandung di dalamnya  bisa menurunkan kolesterol dalam darah, menurunkan tekanan darah, serta mencegah risiko penyakit kanker.

9. Jeruk

Vitamin C dalam buah jeruk memang tinggi. Selain itu jeruk juga mengandung kalium, dan sumber vitamin B yang baik untuk menjaga kesehatan tubuh.

10. Pepaya

Buah pepaya juga tidak asing untuk diolah menjadi salad buah. Buah yang satu ini terkenal ampuh untuk melancarkan pencernaan sebab mengandung vitamin A, vitamin C, kalium, dan asam folat.

11. Jambu biji

Kebutuhan vitamin C yang dibutuhkan oleh tubuh setiap harinya bisa dicukupi dengan mengonsumsi 30 gram jambut biji. Selain itu, jambu biji juga mengandung mangan, tembaga, kalium, serat, vitamin A, serta folat.

Jangan lupa, agar salad buah disajikan dengan menggunkan yogurt karena mengandung kalsium dan bakteri baik untuk pencernaan.

Tips Agar Salad Buah Bisa Tahan Lama

salad buah

Mengonsumsi salad buah memang paling tepat saat masih segar. Namun, karena berbagai hal, kita kadang perlu menyimpan salad buah terlebih dahulu sebelum dimakan. Ada beberapa tips agar salad buah bisa tahan lama. 

1. Simpan di suhu ruangan

Untuk beberapa buah memang tidak cocok jika disimpan dalam kulkas. Oleh sebab itu perhatikan jenis buah dalam campuran salad buah yang kamu buat agar tempat penyimpanannya juga tepat.

2. Letakkan di tempat kering

Kondisi yang lembab membuat jamur cepat berkembang. Oleh karenanya letakkan buah di tempat yang kering seperti handuk kertas atau kain di dalam boks atau tempat penyimpanan buah.

3. Rendam dalam air

Nah, ada beberapa jenis buah yang harus diletakkan dalam rendaman air agar tetap segar. Seperti buah apel dan buah pir. Kedua buah ini harus direndam setelah dipotong agar tidak terjadi oksidasi. Rendam dalam baskom berisi air dingin. 

4. Pisahkan dressing

Dressing salad buah yang mengandung banyak gula akan membuat salad berair dan menyebabkan buah menjadi layu. Ada baiknya memisahkan dressing dengan buah jika belum segera dimakan. Campurkan ketika hendak disajikan.

Related posts
Gaya HidupKebugaran

9 Cara Mengecilkan Betis Yang Bisa Kamu Coba

Diet & NutrisiKesehatan

9 Manfaat Buah Duku untuk Kesehatan dan Kecantikan

Diet & NutrisiGaya Hidup

Panduan Diet Keto Bagi Pemula

Gaya HidupKebugaran

6 Cara Membesarkan Bokong Dengan Olahraga