Diet & NutrisiGaya Hidup

Tips Memilih Menu Sarapan Diet yang Mengenyangkan

Menu Sarapan Diet

Sedang menjalani program diet? Agar diet kamu bisa berhasil dan mendapatkan bentuk tubuh yang ideal, tentunya salah satu hal yang perlu kamu perhatikan yaitu, makanan yang kamu makan, terutama saat sarapan.

Sarapan adalah salah satu hal yang sering dilewatkan oleh banyak orang di pagi hari. Padahal, sarapan memiliki beberapa manfaat yang penting bagi tubuh. Manfaat sarapan antara lain, memberikan energi serta meningkatkan konsentrasi dan kinerja.

Baca Juga:

Namun, bagaimana bagi kamu yang sedang diet dan menjaga berat badan? Apakah sarapan tetap perlu dilakukan? Jawabannya tentu saja, ya.

Tidak perlu khawatir berat badanmu akan naik karena sarapan. Karena kamu hanya perlu memilih beberapa menu sarapan diet yang sehat dan memang cocok untuk menurunkan berat badan.

Saat ini, sudah banyak menu sarapan diet yang bisa membuat kamu kenyang lebih lama setelah sarapan dan tentunya tidak akan membuat berat badan kamu naik. Penasaran apa saja menu sarapan diet itu? Berikut rekomendasi menu sarapan diet yang mengenyangkan dan sangat cocok untuk kamu yang sedang diet.

Pilihan Menu Sarapan Diet yang Mengenyangkan

Menu Sarapan Diet

Apa saja menu sarapan yang mengenyangkan dan cocok untuk diet? Simak ulasannya berikut ini.

1. Mengonsumsi oatmeal dan granola

Oatmeal pasti sudah bukan menu sarapan yang asing lagi bagi kamu yang sedang. Hal ini dikarenakan oatmeal mampu menekan nafsu makan hingga makan siang karena memiliki kandungan indeks glikemik yang rendah, sehingga tidak akan membuat gula darah kamu meningkat dan membuat kamu mudah lapar.

Selain oatmeal, kamu juga bisa mengonsumsi granola. Oatmeal dan granola sama-sama memiliki kandungan serat yang tinggi, sehingga membuat kamu akan cepat kenyang saat sarapan.

Oatmeal dan granola juga dapat tapi bertahan cukup lama di dalam lambung. Hal tersebut tentu dapat mencegah kamu merasa cepat lapar di siang hari.

2. Mengonsumsi protein tanpa lemak

Tips selanjutnya dalam memilih menu sarapan diet adalah dengan mengonsumsi protein tanpa lemak sebagai menu sarapan, karena protein tersebut akan membantu kamu untuk tetap kenyang sepanjang hari. Kamu bisa mengonsumsi telur, daging tanpa lemak, ataupun yogurt untuk sarapan.

Telur merupakan sumber protein dan lemak yang baik untuk tubuh. Protein pada telur dapat membuat kamu akan kenyang dengan kalori yang cukup. Tidak hanya itu saja, telur juga dapat membantu mencegah kamu makan berlebihan saat sarapan.

Selain telur, yogurt juga bisa menjadi pilihan. Pilihlah yogurt dengan kalori yang rendah. Selain mengenyangkan, yogurt juga bisa membantu menjaga kesehatan saluran pencernaan.

3. Makan sayur dan buah-buahan berserat

Tips selanjutnya juga tentu bukan hal yang asing lagi bagi kamu yang sedang diet. Mengonsumsi sayur dan buah-buahan yang kaya akan serat juga disarankan sebagai menu sarapan untuk diet karena serat sangat baik untuk membuat kamu kenyang dalam waktu yang lama.

Contoh jenis sayur dan buah-buahan yang kaya akan serat adalah semangka, apel, pisang, pir, alpukat, serta sayur-sayuran berwarna hijau, seperti bayam, sawi, dan sebagainya.

Bayam memiliki kandungan yang kaya akan zat besi dan potasium, sehingga baik untuk menjaga kebugaran dan kesehatan tubuh.

Mengonsumsi potongan buah juga akan membuat lambung terisi penuh. Selain mengenyangkan, mengonsumsi buah juga dapat mengurangi kadar kolesterol serta mengeluarkan zat-zat berbahaya dan racun dari dalam tubuh.

Salah satu buah yang disarankan adalah semangka. Semangka mengandung 90 persen air, rendah kalori, kaya akan vitamin C dan A, serta magnesium.

Selain itu, semangka juga tidak mengandung lemak atau kolesterol dan membantu kamu dalam menghemat banyak kalori, sehingga bisa membuat kamu merasa kenyang dalam waktu yang cukup lama setelah sarapan.

4. Mengonsumsi kacang-kacangan

Kacang juga sangat disarankan untuk dikonsumsi sebagai salah satu menu sarapan diet agar kamu merasa kenyang dalam waktu yang lama. Salah satu kacang yang disarankan adalah kacang almond. Sebab, kacang almond mengandung kombinasi mengenyangkan yaitu protein, serat, dan juga lemak tak jenuh.

5. Mengonsumsi lemak baik

Bagaimanapun juga, manusia tetap membutuhkan konsumsi lemak. Tapi, konsumsilah makanan dengan kandungan lemak yang baik, seperti misalnya asam oleat yang terdapat pada kacang, buah seperti alpukat, dan minyak zaitun. Asam oleik juga merupakan zat yang mampu menghilangkan rasa lapar kamu setelah sarapan.

6. Mengonsumsi ubi sebagai sumber karbohidrat dengan serat tinggi

Ubi merupakan salah satu sumber karbohidrat dengan kandungan serat yang tinggi. Jadi, bagi kamu yang sedang diet, kamu bisa menjadikan ubi sebagai menu sarapan diet dan sebagai sumber karbohidrat kamu.

Namun tenang saja, ubi juga dapat menurunkan berat badan karena mengandung serat dan air yang cukup tinggi. Selain itu, ubi tentunya bisa membuat kamu merasa cukup kenyang setelah sarapan.

7. Membuat smoothie bowl

Saat ini, sudah banyak orang yang mengonsumsi smoothie bowl sebagai menu sarapan diet. Semangkuk smoothie dengan warna cerah ditambah topping buah-buahan segar dan kacang-kacangan yang sedap dipandang mata dapat bermanfaat untuk mengurangi berat badan.

Buah yang paling bagus untuk smoothie bowl adalah raspberry karena jenis buah tersebut kaya akan serat dan lebih cepat membantu proses penurunan berat badan.

Nah, itulah menu sarapan yang mengenyangkan dan cocok untuk diet. Saat diet, kamu harus menghindari makanan yang tinggi gula, makanan siap saji, makanan yang digoreng, serta makanan tidak sehat lainnya.

Daripada membeli, sebaiknya kamu menyiapkan sendiri menu sarapan diet di rumah. Sebab, selain lebih sehat, kamu juga dapat memastikan jumlah banyaknya kalori yang dikonsumsi setiap harinya.

Aturan Diet Sehat untuk Menurunkan Berat Badan

Menu Sarapan Diet

Sedang diet untuk menurunkan berat badan? Ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum memulai rencana diet. Simak selengkapnya berikut ini.

1. Pilih makanan yang tepat

Jika selama ini kamu terbiasa makan makanan berlemak, berminyak, atau manis, sebaiknya mulai saat ini kamu perlahan mulai mengurangi mengonsumsi jenis-jenis makanan tersebut, ya. Pemilihan jenis makanan yang tepat sangat penting untuk menjamin kesuksesan diet kamu.

Pilihan makanan yang bisa mendukung rencana diet sehat kamu, di antaranya yaitu menu-menu sarapan diet sehat yang sudah disebutkan di atas.

2. Atur porsi makanan

Semua makanan tetap dibutuhkan oleh tubuh, kamu tinggal mengatur porsinya dengan baik. Diet yang sehat bukan berarti harus memangkas porsi makan sampai seminimal mungkin.

Kuncinya adalah kamu harus makan sesuai dengan kebutuhan kalori per hari. Dengan tetap menjaga asupan kalori, maka semua fungsi tubuh bisa terus berjalan dengan optimal.

3. Lakukan olahraga secara rutin

Olahraga adalah cara diet sehat yang paling mudah untuk dilakukan. Mengatur porsi makan saja tidak akan menurunkan berat badan jika tidak dibarengi olahraga rutin. Sebab, tubuh tetap perlu membakar ekstra kalori yang masuk ke dalam tubuh.

Kalau bukan dengan berolahraga, dengan cara apalagi lemak berlebih dalam tubuh bisa dihilangkan? Jadi, mulailah membiasakan diri untuk berolahraga secara rutin setidaknya 30 menit setiap hari, misalnya saja dengan jogging.

Selain sarapan dan menjaga pola makan, olahraga rutin juga diperlukan saat sedang diet. Dengan kombinasi pola makan sehat dan olahraga rutin, maka memiliki berat badan dan bentuk tubuh ideal pun bukan impian lagi. Semoga bermanfaat.

Related posts
Diet & NutrisiGaya Hidup

6 Cara Minum Lemon untuk Diet

Gaya Hidup

11 Cara Mengobati Diare dengan Cepat

Gaya HidupKebugaran

13 Cara Menurunkan Berat Badan yang Sehat dan Aman

Diet & NutrisiIbu HamilKehamilan

10 Buah Terbaik untuk Ibu Hamil