Diet & NutrisiGaya Hidup

Vitamin C : Sumber dan Manfaatnya Bagi Tubuh

vitamin C

Sudah sejak lama, vitamin C dihubung – hubungkan dengan berbagai manfaatnya untuk kesehatan. Dalam satu harinya, kita harus mengonsumsi vitamin C dalam jumlah yang cukup untuk tetap sehat. Vitamin C juga menjadi kunci untuk memelihara sistem imun tubuh dan menolong mencegah berbagai infeksi serta melawan berbagai penyakit yang berpotensi menyerang tubuh kita.

Baca Juga:

Perlu kita ingat, tubuh kita tidak bisa menyimpan vitamin C, jika kita mengonsumsi terlalu banyak vitamin C, maka vitamin C itu akan dibuang keluar tubuh. Karena sifatnya yang larut dalam air, maka kelebihan vitamin C akan terbuang melalui urin.

Sayur – sayuran dan buah – buahan menjadi salah satu sumber vitamin C terbaik untuk tubuh kita. Dan setiap harinya, kita disarankan untuk mengonsumsi vitamin C sebanyak 75 mg untuk wanita sedangkan untuk pria adalah sebanyak 90 mg.

Manfaat Vitamin C Bagi Kesehatan

Nah, setelah kamu mengetahui peran vitamin C pada tubuh kita. Inilah saatnya untuk kamu mengetahui manfaat nyata dari vitamin C :

1. Sebagai anti oksidan yang dapat mengurangi resiko penyakit kronis

Vitamin C mengandung anti oksidan kuat yang dapat memperkuat pertahanan tubuh kita. Molekul – molekul dari anti oksidan juga dapat meningkatkan sistem imun tubuh dengan melindungi sel – sel dari molekul berbahaya yang biasa disebut radikal bebas.

Ketika radikal bebas terkumpul, hal ini akan menyebabkan tekanan oksidatif yang dapat menjadi pangkal dari berbagai penyakit. Salah satu penelitian juga menyebutkan, dengan mengonsumsi vitamin C, makan tingkat anti oksidan pada darah kita akan meningkat sebanyak 30%, hal ini yang dapat membantu kita memerangi peradangan pada tubuh kita dan mengurangi resiko terkena penyakit jantung.

2. Dapat membantu mengurangi tekanan darah tinggi

Tekanan darah tinggi menjadi salah satu penyakit yang sangat umum di Indonesia. Namun sayangnya, penyakit tekanan darah tinggi menjadi sebab dari penyakit jantung, yang menjadi salah satu penyebab kematian tertinggi di berbagai belahan dunia. Salah satu penelitian menyebutkan vitamin C dapat menekan tekanan darah menjadi rendah dan mencegah kita terserang tekanan darah tinggi.

Vitamin C juga terbukti membuat peredaran darah menjadi rileks dan dapat membantu melancarkan proses sirkulasi darah ke jantung. Jika proses sirkulasi ini terhambat lah yang menjadi penyebab dari meningkatnya tekanan darah kita.

Dari 29 subjek penelitian, diketemukan fakta bahwa mereka yang rutin mengonsumsi suplemen vitamin C memiliki tekanan darah yang normal dan sehat. Setidaknya, setelah mengonsumsi vitamin C, tekanan darah turun hingga 3.84 mmHG bagi orang dewasa yang memang memiliki tekanan darah tinggi, 1.48 mmHG bagi orang dewasa yang sehat.

Perlu diingat, kamu baru bisa merasakan manfaat vitamin C dalam jangka waktu panjang. Bagi kamu yang memang sudah memiliki penyakit tekanan darah tinggi, sebaiknya tidak hanya mengandalkan vitamin C untuk mengobati penyakitmu.

3. Melawan berbagai faktor penyebab penyakit jantung

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, penyakit jantung menjadi penyebab kematian nomor satu di berbagai belahan dunia. Hal ini sendiri bisa disebabkan oleh berbagai hal, salah satunya tingkat kolesterol jahat yang tinggi, rendahnya tingkat kolesterol rendah dalam tubuh dan juga kadar triglicerid yang tidak mencukupi. Vitamin C dapat mengatasi masalah – masalah itu dan menekan potensi kamu terkena penyakit jantung.

Salah satu penelitian dari 293.172 partisipan selama 10 tahun menemukan fakta bahwa mereka yang mengonsumsi paling tidak 700 mg vitamin C setiap harinya akan memiliki potensi terkena penyakit jantung 25% lebih rendah daripada mereka yang sama sekali tidak mengonsumsi vitamin C.

Hal yang menarik adalah, vitamin C yang dikonsumsi dari buah, sayuran ataupun berbagai makanan yang dikonsumsi memberikan manfaat lebih daripada vitamin C yang dikonsumsi melalui supplemen. Hal ini menjadi pendorong kita untuk memberlakukan gaya hidup sehat agar kita bisa mendapatkan manfaat vitamin C secara maksimal.

Penelitian lain menyebutkan, kita paling tidak harus mengonsumsi vitamin C 500 mg per harinya agar potensi akan penyakit jantung bisa berkurang, seperti menyeimbangkan kandungan kolesterol dalam darah. Hal yang perlu diingat adalah, jika kamu sudah mendapatkan asupan vitamin C yang cukup dari makanan atau minuman yang kamu konsumsi, maka kamu tidak akan mendapatkan manfaat kesehatan yang maksimal dari suplemen vitamin C yang kamu konsumsi.

4. Dapat menekan asam urat dalam darah dan mencegah encok

Akrab hanya menyerang orang yang sudah berumur lanjut, encok ternyata hanya akan terjadi jika terdapat lebih banyak asam urat di tubuh kita. Penyakit encok sendiri merukan sensasi sakit yang juga menyebabkan peradangan pada sendi terutama pada telapak kaki. Orang – orang yang menderita penyakit encok umumnya menderita pembekakan dan serangan rasa sakit yang tiba – tiba.

Asam urat sendiri adalah hasil pembuangan tubuh, namun jika jumlah pembuangannya terlalu banyak, zat – zat ini akan mengkristal dan menempel pada sendi. Hal yang menarik adalah, vitamin C dapat membantu mengurangi kadar asam urat dan pada akhirnya dapat melawan penyakit encok.

Salah satu penelitian kepada 46.994 laki – laki dewasa yang menderita penyakit encok selama 20 tahun, terdapat penurunan yang signifikan sebanyak 44% setelah mereka mengonsumsi vitamin C. Ada pula penelitian klinis yang menyebutkan mereka yang mengonsumsi vitamin C selama 30 hari secara rutin dan dalam jumlah yang cukup terbukti memiliki kadar asam urat yang rendah pada darah mereka.

5. Membantu melawan defisiansi zat besi

Zat besi merupakan salah satu nutrisi yang sangat penting bagi tubuh kita dan memiliki banyak fungsi bermanfaat bagi tubuh kita. Zat besi lah yang memproduksi sel darah merah dan mendistribusikannya melalui oksigen di seluruh tubuh.

Jika kamu mengonsumsi vitamin C dari suplemen, penyerapan zat besi memang menjadi lebih mudah. Hal ini tentunya sangat menguntungkan untuk kamu yang alergi atau tidak terlalu suka mengonsumsi daging merah yang merupakan salah satu sumber utama dan tertinggi dari zat besi.

Faktanya, dari 100 mg vitamin C, kamu bisa mendapatkan zat besi sebanyak 67%. Hal ini tentunya akan membantumu melawan anemia, penyakit kekurangan zat besi.

Sumber Vitamin C di Sekitar Kita

1. Jambu merah

Asli berasal dari Meksiko dan Amerika Selatan, buah ini mengandung 126 mg vitamin dan kaya akan anti oksidan. Untuk mendapatkan manfaat terbaiknya, sebaiknya kamu mengonsumsi 400 mg atau 7 buah jambu merah setiap harinya.

2. Kale

Dikenal sebagai salah satu dari makanan super, Kale mengandung 80 mg vitamin C dan juga mengandung banyak vitamin K

3. Kiwi

Setiap buah kiwi mengandung 71 mg vitamin C. Untuk mendapatkan manfaat terbaik, sebaiknya kamu mengonsumsi 2 hingga 3 buah kiwi setiap harinya.

Related posts
Gaya Hidup

Obat Batuk Berdahak Alami dan Medis

Gaya Hidup

10 Manfaat Plank Bagi Kesehatan

Bayi & Anak-AnakDiet & NutrisiGaya Hidup

Mengetahui Kebutuhan Sayur dan Buah untuk Anak

Gaya Hidup

Rekomendasi 6 Olahraga Untuk Penderita Diabetes