KecantikanKulit

7 Bahan Alami untuk Masker Wajah Kusam

Masker Wajah Kusam

Punya wajah bersih dan segar tanpa kusam tentu saja menjadi dambaan setiap orang, tidak hanya wanita tetapi juga pria. Wajah yang kusam memang tidak enak dilihat karena seperti kehilangan cahayanya. Ini jelas akan membuat kamu minder dan tidak percaya diri untuk tampil di depan banyak orang.

Baca Juga:

Sayangnya, tidak semua orang yang lahir dengan kulit wajah yang putih, cerah, dan merona. Sehingga untuk mendapatkan kulit wajah seperti yang diinginkan, memang butuh usaha yang sedikit ekstra. Seperti misalnya perawatan di salon kecantikan yang membutuhkan biaya tentunya. Namun, kamu juga bisa melakukan perawatan wajah dengan cara alami sendiri di rumah, lho. Salah satunya mencoba masker wajah alami dengan bahan-bahan yang mudah kamu dapatkan.

1. Lemon

Masker Wajah Kusam

Lemon dikenal kaya akan antioksidan dan juga vitamin C. Selain itu, lemon juga kaya akan asam alpha hidroksi yang bisa menangkal radikal bebas dalam kulit. Jika tertarik membuat masker wajah dari bahan lemon ini, kamu bisa mencobanya karena bahan-bahan yang diperlukan cukup mudah untuk kamu temukan.

Sediakan air perasan lemon terlebih dahulu. Lalu, oleskan air perasan tersebut ke seluruh wajah dan diamkan selama lebih kurang 15 menit. Bilas dengan air hangat. Lakukan secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Seperti yang kamu ketahui, lemon merupakan bleaching alami untuk membuat wajah kamu menjadi lebih segar dan merona serta terhindar dari wajah kusam.

2. Jeruk nipis

Masker Wajah Kusam

Sama halnya dengan lemon, jeruk nipis juga kaya akan antioksidan dan vitamin C, sehigga menggunakan masker wajah alami dari jeruk nipis ini akan membantu kulit kamu terbebas dari jerawat. Jeruk nipis ternyata juga dapat dijadikan untuk masker wajah kusam karena berkhasiat mencerahkan kulit, mengatasi minyak yang berlebih di wajah, serta mengangkat sel kulit mati.  Fungsi lain jeruk nipis ini, bisa menangkal radikal bebas dengan adanya kandungan vitamin C. 

Masker wajah alami dari jeruk nipis ini cukup mudah dibuat kok. Sediakan jeruk nipis lalu belah menjadi dua bagian. Oleskan secara merata pada kulit wajah lalu diamkan selama 30 menit hingga mengering. Lalu kamu bisa bilas masker jeruk nipis tersebut dengan air bersih. Dianjurkan untuk digunakan teratur 2-3 kali seminggu ya agar hasilnya maksimal.

3. Kulit jeruk

Masker Wajah Kusam

Tidak hanya isinya, ternyata, kulit jeruk lebih kaya akan vitamin C. Saat makan jeruk, ingat, jangan langsung membuang kulitnya. Sebab, kulit jeruk ini masih bisa kamu manfaatkan sebagai masker wajah alami. Kulit jeruk juga bisa dijadikan masker wajah kusam dan berkhasiat untuk menghilangkan noda di bagian wajah. 

Cara membuat masker wajah kulit jeruk ini juga tidak terlalu sulit. Jemur kulit jeruk hingga benar-benar kering lalu tumbuk hingga halus. Kemudian, campur dengan air dan aduk hingga menjaid bentuk pasta. Lalu oleskan pada wajah yang sudah dibersihkan terlebih dahulu dan diamkan selama 30 menit. Jika sudah, kamu tinggal bilas masker yang ada di wajah dengan air hangat hiingga bersih.

Kulit jeruk yang kaya akan antioksidan bisa memperbaiki kerusakan kulit akibat radikal bebas. Agar kamu mendapat hasil yang maksimal, lakukan perawatan masker dengan kulit jeruk ini secara rutin setidaknya 2 kali seminggu.

4. Bengkoang

Masker Wajah Kusam

Jika kamu perhatikan, banyak sekali produk kecantikan yang ada di pasaran yang menggunakan bahan dasar bengkoang. Sebab bengkoang memang kaya akan vitamin B dan C yang penting untuk memutihkan wajah dan membuat wajah kamu tetap bersinar. 

Cara membuat masker alami dari bengkoang ini juga mudah. Pertama perlu menyiapkan bengkoang sebagai bahan utama. Lalu, parut bengkoang hingga lembut dan peras dengan menggunakan air. Masker wajah alami dari bengkoang ini hanya memanfaatkan sari patinya saja. Sari inilah yang kamu oles di wajah dan diamkan hingga 20 menit. Kemudian bilas dengan air bersih. Lakukan masker wajah ini secara rutin agar kamu mendapatkan hasil yang maksimal.

5. Kentang

Masker Wajah Kusam

Kentang ternyata juga bisa dijadikan bahan utama untuk membuat masker wajah, lho. Kentang mengandung mineral yang bisa menjadi antibiotik alami yang berfungsi mencegah penuaan dini pada wajah serta meregenerasi kulit. Anti-oksidan inilah yang penting untuk mengangkat noda dan flek di wajah sehinngga tersamarkan dan hilang secara menyeluruh. 

Untuk membuat masker wajah alami dari kentang ini, kamu perlu merebus kentang terlebih dahulu kemudian ditumbuk halus. Campurkan 2 sendok makan susu pada kentang yang sudah dihaluskan hingga membentuk pasta. Jadi deh. Kamu tinggal mengoleskan masker ke wajah dan diamkan selama 30 menit. Terakhir, bilas hingga bersih menggunakan air. 

Masker ini efektif untuk memutihkan wajah jika kamu rutin menggunakannya. Sebaiknya gunakan pada malam hari sebelum tidur. Jika jenis kulit kamu normal, masker wajah ini akan cocok untuk kamu.

6. Alpukat

Masker Wajah Kusam

Alpukat juga menjadi salah satu bahan alami yang sering digunakan untuk produk kecantikan. Alpukat memiliki kandungan karotenoid antioksidan, vitamin C dan vitamin E yang dapat melindungi kulit kamu dari keriput dan penuaan dini akibat terpapar sinar matahari. Vitamin C pada alpukat berfungsi untuk membuat kulit terasa kenyal. 

Cara membuatnya mudah, haluskan daging alpukat hingga lembut sebelum dioleskan pada wajah secara merata. Diamkan masker tersebut pada wajah selama lebih kurang 25 menit. Terakhir, bilas dengan air bersih. Lakukan secraa rutin untuk mendapatkan hasil maksimal.

7. Stroberi

Masker Wajah Kusam

Buah stroberi juga bagus untuk dijadikan masker wajah alami untuk wajah kusam. Kandungan Ellagic dalam buah stroberi ternyata bagus untuk mengatasi flek hitam yang membandel di wajah. Selain itu, buah stroberi juga bermanfaat untuk mencerahkan wajah dengan cara yang alami.

Membuat masker stroberi ini juga mudah. Pertama, kamu tinggal menghaluskan buah strawberry hingga lembut. Kemudian, campur stroberi yang sudah halus tadi dengan susu hingga mengental. Kemudian masker wajah stroberi siap digunakan. Selamat mencoba!

Related posts
KecantikanKulit

7 Tips Memilih Serum untuk Kulit Berminyak

KecantikanKulit

7 Tips Memilih Skincare untuk Kulit Berminyak

KecantikanKulit

Penyebab Pori-Pori Membesar yang Harus Kamu Tahu

KecantikanKulit

5 Tanda Skincare Tidak Cocok dengan Kulitmu