KecantikanRambut

10 Bahan Alami untuk Perawatan Rambut

perawatan rambut

Rambut memang menjadi bagian tubuh yang penting dirawat untuk menunjang penampilan. Meskipun bagi kamu yang menggunakan hijab, rambut juga tetap menjadi perhatian utama untuk dijaga lho. Salah satu perawatan rambut yang bisa dilakukan adalah dengan masker rambut yang berfungsi untuk melembabkan, menghaluskan, dan juga menjaga kesehatan rambut.

Baca Juga:

Merawat rambut tidak mesti harus ke salon dengan perawatan yang mahal. Cukup dengan merawat rambut secara alami yang bisa dilakukan sendiri di rumah. Sebelum kerusakan rambut kamu semakin parah, ada baiknya untuk cepat melakukan tindakan pencegahan dengan cara perawatan rambut memanfaatkan bahan-bahan alami.

Bahan alami yang tersedia bisa dengan mudah kamu manfaatkan untuk merawat rambut. Berikut bahan alami untuk perawatan rambut yang bisa kamu manfaatkan.

1. Kuning telur

perawatan rambut

Kuning telur memang dikenal menjadi salah satu bahan alami untuk kecantikan dan kesehatan, seperti pengobatan tradisional, menghilangkan jerawat, dan sebagainya. Ternyata merawat rambut juga bisa dengan kuning telur yang dijadikan sebagai masker rambut. Cara membuat masker rambut dari kuning telur juga mudah.

Pertama, kocok kuning telur dengan secangkir susu. Lalu tambahkan minyak zaitun 2 sendok makan dan perasan air lemon. Protein dalam telur akan memelihara akar rambut. Vitamin A yang ada di dalamnya juga berfungsi menghindari kerusakan. Kandungan vitamin B12 membantu pertumbuhan rambut baru serta kalium yang bermanfaat untuk mengobati rambut rusak.

Hanya saja, pada awalnya rambut kamu akan memiliki bau amis, dan buat sebagian orang akan sedikit mengganggu. Tetapi khasiatnya dijamin ampuh membuat rambut kamu kembali sehat.

2. Pisang

perawatan rambut

Pisang merupakan salah satu buah yang mengandung berbagai kandungan yang baik untuk tubuh, seperti vitamin E, vitamin A, kalium, dan juga vitamin C. Kandungan-kandungan yang terdapat dalam pisang ini baik untuk perwatan rambut. Cara membuat masker rambut pisang ini juga mudah.

Pertama, haluskan pisang dengan menyampurkan minyak zaitun, minyak kelapa, dan madu masing-masing satu sendok makan. Aduk hingga tercampur merata. Pijatkan masker pisang ke rambut dan diamkan lebih kurang 5 menit sambil rileks. Bilas dengan air hangat.

3. Buah stroberi

perawatan rambut

Jika kamu memiliki masalah rambut yang berminyak dan juga kulit kepala, ada baiknya mencoba buah stroberi salah satu yang bisa mengembalikannya. Buah bewarna merah ini mengandung vitamin C yang bermanfaat untuk mengatur pH dan produksi minyak kulit kepala kamu.

Untuk membuat masker ini, cukup campurkan beberapa buah stroberi segar dengan minyak kelapa dan  madu masing-masing satu sendok. Aplikasikan masker di rambut sambil tunggu sekitar 15 menit. Cuci rambut dengan air hingga bersih dan rasakan manfaatnya.

4. Alpukat

perawatan rambut

Masker rambut alpukat ini sangat ideal untuk kamu yang punya rambut kering dan juga kusam. Cara perawatan rambut dengan masker alpukat ini juga mudah. Pertama, haluskan alpukat kecil yang sudah matang lalu tambahkan ½ cangkir susu. Kemudian campurkan dengan satu sendok makan minyak almond. Campurkan bahan-bahan tersebut secara merata lalu aplikasikan di rambut hingga kulit kepala. Diamkan lebih kurang 15 menit lalu bilas hingga bersih.

5. Yoghurt

perawatan rambut

Selain sinar matahari, polusi juga bisa membuat rambut kamu menjadi kusam. Salah satu bahan alami yang bisa digunakan adalah yoghurt. Masker rambut dengan menggunakan yoghurt ini sangat bagus untuk mengembalikan kesehatan rambut kamu. Kesalahan karena menggunakan produk perawatan dan penataan rambut juga bagus menggunakan masker dari yoghurt ini.

Caranya juga mudah, oleskan sekitar ½ cangkir yoghurt ke rambut lalu pijat dengan menggunakan handuk bersih yang sedikit agak basah. Kemudian diamkan sekitar 20 menit sambil mengerjakan pekerjaan lain atau bersantai. Setelah itu, bilas masker dan lanjutkan dengan keramas seperti biasa. Kamu akan merasakan kelembutan rambut kamu kembali!

6. Minyak kelapa

perawatan rambut

Kebaikan minyak kelapa memang sudah tidak dirgukan lagi untuk kesehatan dan kecantikan. Salah satunya untuk perawatan rambut rusak. Mencampurkan minyak kelapa dengan minyak zaitun akan membuat rambut kamu ternutrisi dan terasa lembab.

Cara penggunaannya juga mudah. Oleskan campuran minyak kelapa dengan minyak zaitun ke rambut lalu tutup dengan shower cap atau sejenisnya. Hal ini bertujuan untuk menjaga suhu panasnya. Diamkan beberapa saat sebelum kamu keramas menggunakan shampo seperti biasa. Disarankan untuk tidak menggunakan kondisioner lagi setelahnya.

7. Oats

perawatan rambut

Kandungan vitamin dan beta glucan yang ada pada otas bisa mengatasi masalah kulit kepala berketombe, gatal, dan masalah lainnya. Dan masker ini juga mudah untuk dibuat. Campurkan oats dengan minyak almond dan susu segar masing-masing dengan takaran satu sendok makan. Oleskan masker oats pada rambut dan diamkan selama 20 menit kemudian keramas. Jika susah menemukan minyak almond, kamu bisa menggantinya dengan minyak zaitun.

8. Susu dan madu

perawatan rambut

Kedua bahan alami ini sangat baik untuk perawatan rambut karena memiliki banyak sekali manfaat. Untuk membuat maskernya, kamu tinggal mencampurkan kedua bahan ini dengan takaran 100 gram susu dicampurkan dengan 1 sendok makan madu. Oleskan masker di seluruh rambut dan pijat perlahan. Tunggu selama 15 menit sebelum keramas dengan shampo seperti biasa.

9. Lidah buaya

perawatan rambut

Lidah buaya tidak hanya menjadi tanaman hias, tetapi juga bisa dijadikan sebagai bahan alami merawat rambut. Aloe vera ini punya banyak khasiat untuk kesehatan tubuh dan juga rambut. Membuat masker lidah buaya juga mudah. Kamu hanya perlu daging lidah buaya saja. Cuci bersih terlebih dahulu lalu oleskan di rambut secara menyeluruh. Ada baiknya jika membasahi rambut dengan air hangat terlebih dahulu. Diamkan sekitar 15 menit kemudian bilas hingga bersih.

10. Kemiri

perawatan rambut

Kemiri juga dikenal memiliki khasiat untuk perawatan rambut secara alami. Membuat masker rambut dari kemiri juga tidak susah. Sangrai kemiri secukupnya tanpa menggunakan minyak. Kemudian, tumbuk kemiri hingga benar-benar halus lalu usapkan pada rambut secara menyeluruh hingga ke akarnya. Diamkan lebih kurang selama 30 menit sebelum dibilas.

Semua perawatan rambut dengan bahan alami ini baik digunakan secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Selamat mencoba!

Related posts
KecantikanKulit

7 Tips Memilih Serum untuk Kulit Berminyak

KecantikanKulit

7 Tips Memilih Skincare untuk Kulit Berminyak

KecantikanKulit

Penyebab Pori-Pori Membesar yang Harus Kamu Tahu

KecantikanKulit

5 Tanda Skincare Tidak Cocok dengan Kulitmu