KecantikanKulit

6 Bahaya Smartphone untuk Kulit Wajah

Bahaya Smartphone untuk Kulit Wajah

Di era teknologi perkembang pesat seperti sekarang, hampir setiap orang tidak bisa lepas dari ponsel. Setiap hari, setiap waktu tatapan mata dan genggaman tangan tidak teralihkan dari layar smartphone. Selain begitu banyak manfaat dan kebaikan yang sudah diberikan smartphone pada kehidupan kita saat ini, tahukah kamu bahwa ada juga bahaya smartphone bagi kesehatan kulit wajah?

Baca Juga:

Bahaya smartphone ini akan lebih terasa jika bersentuhan langsung dengan kulit wajah. Sebab ternyata bisa menyebabkan masalah serius bagi kesehatan kulit. Ahli mikrobiologi dari University of Arizona, AS, menyebutkan jika bakteri yang ada di smartphone 10 kali lebih banyak dari yang ada di dudukan toilet. Wow!

Bakteri-bakteri ini bisa berpindah dari layar smartphone ke kulit bagi kamu dan menjadi salah satu penyebab mengapa smartphone bisa merusak kulit. Yuk cari tahu selengkapnya mengenai hal ini dengan penjelasan berikut ini!

Bahaya Smartphone untuk Kulit Wajah

Bahaya Smartphone untuk Kulit Wajah

Radiasi yang dikeluarkan dari smartphone ternyata bisa memberikan dampak buruk bagi kesehatan dan kecantikan kamu. Berikut bahaya smartphone untuk kulit wajah yang perlu kamu tahu.

1. Kerutan

Wanita pastinya perlu mewaspadai bahaya smartphone yang satu ini. Sebab, terus menerus menatap layar smartphone bisa membuat keriput pada kulit wajah terutama bagian bawah dagu dan leher, apalagi jika kamu menatap ponsel dalam waktu yang lama. Selain itu, melihat ponsel dengan menyipitkan mata bisa mengakibatkan keriput di area sekitar mata lho!

2. Jerawat

Saat mengangkat telepon, bakteri yang ada di smartphone bisa berpindah ke kulit wajah yang dapat memicu terjadinya jerawat. Selain itu kotoran yang juga ada di layar smartphone juga bisa menempel di kulit wajah yang akan semakin memperparah jerawat maupun masalah kulit lainnya.

3. Alergi

Jika kulit wajah memerah, bisa jadi itu karena kamu terlalu sering kulit bersentuhan dengan smartphone. Bahkan menurut penelitian yang pernah dilakukan, kandungan kromium dan nikel pada case ponsel bisa menyebabkan reaksi dermatitis pada kulit atau lebih akrab dikenal dengan alergi.

4. Bintik hitam

Bahaya smartphone lainnya selain menyebabkan munculnya jerawat adalah bisa menyebabkan bintik hitam di wajah jika menelpon tanpa menggunakan handsfree. Apalagi ponsel yang panas karena terlalu lama dipakai, bisa mengacaukan produksi melanin di kulit wajah yang bisa menyebabkan bintik-bintik hitam dan masalah kulit lainnya. Waduh, bahaya banget.

5. Lingkaran hitam

Tahukah kamu bahwa bahaya smartphone bisa disebabkan oleh adanya lampu LED pada ponsel. Cahaya lampu berwarna biru ini ternyata bisa mengganggu tidur seseorang. Lampu LED ini bisa mengganggu ritme tidur yang bisa mengakibatkan adanya lingkaran hitam di mata. Itulah sebabnya disarankan untuk menjauhkan smartphone dari posisi tidur di malam hari.

6. Penuaan dini

Dikutip dari laman Allure, cahaya biru yang dikeluarkan smartphone juga bisa mempercepat penuaan dini pada kulit wajah. Seperti misalnya menyebabkan inflamasi pada kulit dan melebarkan pori-pori

Cara Mencegah Dampak Bakteri Pada Smartphone

Bahaya Smartphone untuk Kulit Wajah

1. Gunakan headset

Ada cara menghindari kemungkinan kontak dengan bakteri yang ada di layar smartphone kamu, yaitu dengan menggunakan headset ketika menelpon. Dengan begini wajah kamu tak akan menempel langsung dengan smartphone.

2. Pakai loudspeaker

Gunakan pengeras suara ketika melakukan panggilan telepon agar menghindari bahaya smartphone. Loudspeaker ini berfungsi mengeraskan suara sehingga membuat kamu tidak perlu mendekatkan ponsel ke telinga dan menempelkannya di kulit wajah.

3. Bersihkan smartphone secara rutin

Sudah tahu kan jika layar smartphone meinyimpan banyak kotoran dan bakteri yang bisa mempengaruhi kecantikan kulit wajah kamu? Nah, mulai sekarang yuk lebih rajin membersihkan layar smartphone dengan cairan khusus untuk membersihkan layar smartphone. Kamu juga bisa menggunakan alkohol antiseptik untuk membersihkan kotoran yang mungkin menempel di smartphone.

4. Pakai produk perawatan kecantikan yang sesuai

Untuk menjaga kesehatan dan juga kecantikan kulit wajah, gunakanlah produk-produk yang sesuai dengan tipe kulit kamu. Disarankan untuk menggunakan perawatan kulit yang mengandung retinoid (turunan dari vitamin A), serum wajah yang mengandung vitamin C, E, dan asam nikotinat.

Related posts
KecantikanKulit

7 Tips Memilih Serum untuk Kulit Berminyak

KecantikanKulit

7 Tips Memilih Skincare untuk Kulit Berminyak

KecantikanKulit

Penyebab Pori-Pori Membesar yang Harus Kamu Tahu

KecantikanKulit

5 Tanda Skincare Tidak Cocok dengan Kulitmu