GigiKecantikan

5 Cara Alami Hilangkan Karang Gigi

Karang gigi adalah plak pada gigi yang dibiarkan mengeras. Timbunan plak ini berasal dari sisa-sisa makanan yang tersisa di sela-sela gigi. Jika sudah menjadi karang, maka akan semakin sulit membersihkannya.

Kamu dapat mengunjungi dokter gigi untuk minta dibersihkan atau mencari cara alami hilangkan karang gigi yang bisa dilakukan sendiri. Untuk poin yang kedua itu, artikel ini akan membantumu.

Penyebab Karang Gigi

Cara Alami Hilangkan Karang Gigi

Seperti yang sudah disinggung di atas, karang gigi berawal dari sisa-sisa makanan. Sisa makanan yang tidak dibersihkan dari gigi lama-lama akan menjadi plak. Jika plak sudah mengeras, warnanya akan berubah menjadi kekuningan dan susah untuk dibersihkan. Plak yang sudah keras inilah yang disebut karang gigi.

Baca Juga:

Keberadaannya pada mulut kita bisa membawa banyak efek yang buruk. Dari segi penampilan, misalnya, karang yang kuning dan berkerak membuat gigimu tidak enak dipandang. Dan bukan hanya itu, karang ini akan membuat mulutmu berbau tak sedap. Tentunya dua hal ini akan menurunkan kepercayaan dirimu di depan orang.

Dari segi kesehatan, karang yang dibiarkan berpotensi membawa banyak penyakit yang lebih serius. Contohnya, radang gusi dan kanker mulut. Jadi, sebelum berlanjut menjadi penyakit-penyakit lain, cobalah lebih memperhatikan kesehatan gigimu dengan membersihkannya dari karang yang membandel.

Cara Alami Hilangkan Karang Gigi

Cara Alami Hilangkan Karang Gigi

Cara paling gampang untuk membersihkan gigimu dari karang adalah dengan mengunjungi dokter gigi. Akan tetapi, cara ini bukan satu-satunya. Masih ada cara alami yang bisa kamu praktikkan kapan saja di rumah.

Cara-cara sederhana ini, meskipun mudah, memiliki manfaat yang besar. Jadi jangan ragu untuk mencoba cara alami hilangkan karang gigi berikut ini.

1. Pasta gigi dari baking soda dan lemon

Campuran soda dan lemon punya manfaat yang baik untuk mengikis karang pada gigi. Cara membuatnya pun sangat mudah. Ikuti cara berikut ini:

  • Campurkan 1 sdm baking soda dengan perasan jeruk lemon
  • Aduk hingga rata
  • Gosokkan ke bagian gigi yang berkarang

2. Pasta gigi dari baking soda dan garam

Baking soda bisa dicampurkan dengan berbagai bahan lain untuk menjadi pasta gigi yang ampuh membersihkan karang. Namun, ingat, jangan terlalu sering menggosok gigi dengan baking soda. Apabila dipakai terlalu sering, baking soda bisa mengikis email gigi. Cukup satu kali dalam seminggu. Salah satu campuran terbaiknya adalah dengan garam. Bagaimana cara mencampurnya? Ikuti langkah ini:

  • Campurkan baking soda dengan garam
  • Aduk hingga mengental
  • Gunakan sebagai pasta gigi

3. Menyikat gigi dengan kulit jeruk

Ada dua cara memanfaatkan kulit jeruk sebagai pembersih gigi. Yang pertama, kamu tinggal menggosokkannya ke gigimu 2-3 kali seminggu. Cara yang kedua adalah dengan menjadikannya pasta. Kamu bisa mengikuti langkah di bawah ini:

  • Blender kulit jeruk hingga halus
  • Campurkan dengan sedikit air
  • Aduk hingga rata
  • Gosokkan ke gigimu selama 2-3 menit

4. Mengunyah biji wijen

Selain kaya akan protein, mengunyah biji wijen juga bisa menjadi cara menghilangkan karang gigi yang ampuh. Caranya pun sangat mudah. Kamu hanya tinggal mengunyahnya hingga halus. Jangan langsung menelannya. Ambil sikat gigimu dan sikatlah biji wijen yang sudah halus tadi ke seluruh gigimu.

5. Pasta gigi dari lidah buaya

Lidah buaya bukan hanya bagus untuk kulit. Tanaman ini juga memiliki khasiat yang baik untuk menjaga warna putih pada gigimu. Cara penggunaannya adalah dengan dijadikan pasta gigi. Ini cara pembuatannya:

  • Haluskan lidah buaya
  • Campur dengan perasan air jeruk lemon
  • Sikatkan ke gigi secara teratur 3-4 kali seminggu

Cara Mencegah Karang Gigi

Cara Alami Hilangkan Karang Gigi

Jika kamu rutin menerapkan cara-cara di atas, kamu dapat mengurangi karang pada gigimu. Dan, pada akhirnya, kamu bisa mendapatkan kembali pesona gigi putihmu. Tapi, ingat, setelah gigimu sudah bersih dari karang, kamu tetap perlu merawatnya. Tujuannya adalah agar karang yang sudah lenyap tidak datang lagi.

Untuk mencegah munculnya kembali karang gigi, kamu bisa melakukan beberapa cara di bawah ini:

1. Rajin membersihkan gigi

Tips yang pertama dan yang paling mendasar adalah membersihkan gigi secara teratur, dua kali sehari. Gunakanlah pasta gigi yang mengandung fluoride. Selain itu, cobalah untuk memanfaatkan benang gigi dan obat kumur. Keduanya ampuh menjangkau sela-sela yang tak bisa dijangkau oleh sikat gigi.

Soal sikat gigi, pastikan keadaannya masih layak pakai. Jangan menggunakan sikat gigi yang bulunya sudah mekar karena tidak akan bisa membersihkan gigimu dengan sempuna. Sebaiknya gantilah sikat gigi 3 bulan sekali.

2. Perhatikan konsumsi makanan

Jika kamu ingin mempunyai gigi yang bersih, maka memperhatikan konsumsi makanan hukumnya wajib. Alasannya, karena apa yang kamu makan sangat berpengaruh pada kesehatan gigimu. Makanan manis, contohnya, memiliki sifat lengket yang sulit dibersihkan jika menempel pada gigi. Sebagai ganti cemilan manis, konsumsilah buah-buahan atau sayuran hijau yang lebih baik untuk gigi

3. Pijat gigi

Dari segi cara melakukannya, pijat gigi agak mirip dengan sikat gigi. Yang membedakannya adalah alat yang digunakan. Untuk memijat gigi, kamu cukup menggunakan ujung jari yang sudah dibaluri pasta gigi berflouride.

Lakukan pijatan dari bagian depan gigi secara melingkar, lalu teruskan hingga ke sela-sela dan bagian belakang gigi. Jangan lupa untuk juga memijat area sekitar gusi. Pastikan kamu melakukannya dengan lembut agar gusimu tidak terluka.

4. Periksa ke dokter gigi

Jangan tunggu gigimu rusak baru berkonsultasi dengan dokter gigi. Sebaiknya, kunjungi dokter gigi secara rutin 6 bulan sekali. Dengan demikian, dokter bisa mengecek kondisi gigimu secara berkala. Jadi, apabila ada tanda-tanda kerusakan, misalnya pembentukan karang atau gigi berlubang, dokter bisa segera melakukan penanganan.

Dengan melakukan kombinasi cara mencegah dan cara menghilangkan karang gigi, kamu bisa menikmati manfaat gigi yang bersih. Buanglah jauh-jauh rasa malas merawat gigi karena gigi yang sehat bisa menjadi awal kesehatan seluruh tubuh dan penampilan yang menawan. Selamat merawat gigi!

Related posts
KecantikanKulit

7 Tips Memilih Serum untuk Kulit Berminyak

GigiKesehatan

Obat Sakit Gigi Berlubang di Apotek untuk Pereda Nyeri Sementara

KecantikanKulit

7 Tips Memilih Skincare untuk Kulit Berminyak

KecantikanKulit

Penyebab Pori-Pori Membesar yang Harus Kamu Tahu