GigiKecantikan

5 Cara Memutihkan Gigi Secara Alami

memutihkan gigi

Gigi yang putih dan bersih bukan hanya penunjang penampilan, melainkan juga memiliki nilai kesehatan yang penting. Gigi yang rusak bisa berkembang menjadi penyakit-penyakit serius, seperti kanker mulut. Masalahnya, mendapatkan gigi yang putih tidaklah mudah, tapi bukan berarti tidak mungkin, lho!

Pada dasarnya, secara teknis, ada dua cara untuk memutihkan gigi, yaitu melalui secara alami dan buatan. Cara buatan sifatnya lebih instan, namun cara ini membutuhkan bantuan tenaga medis yang tentu saja memerlukan biaya tidak sedikit.

Baca Juga:

Cara ini banyak dilakukan oleh dokter kecantikan, prosedurnya natara lain adalah menggunakan sinar laser atau bahkan mengganti gigi asli dengan gigi palsu.

Berbeda dari cara buatan, memutihkan gigi secara alami tentu saja lebih murah. Namun, cara ini memerlukan komitmen darimu untuk terus menjaga kesehatan gigimu.

Cara Alami Mendapatkan Gigi Putih

memutihkan gigi

Tidak perlu khawatir, berikut Okadoc bagikan 5 cara alami putihkan gigi yang bisa kamu lakukan sehari-hari.

1. Merawat Kebersihan Gigi

Sikat gigi dua kali sehari merupakan langkah wajib jika kamu menginginkan gigimu putih dan bersih. Dengan menyikat gigi, kamu bisa menghilangkan sisa-sisa makanan yang menempel di sela-sela gigi. Selain itu, menggosok gigi secara rutin juga bisa mencegah penumpukan plak akibat bakteri sisa makanan.

Kamu juga bisa membersihkan bagian dalam mulutmu dengan benang gigi (floss) serta obat kumur. Keduanya bisa menjangkau area gigi yang tak terjangkau sikat.

2. Kurangi Makanan Manis

Makanan manis adalah jenis makanan yang paling dapat meninggalkan sisa di gigi. Sisa makanan yang lengket ini akan menempel di gigi, dan lambat laun menumpuk menjadi plak.

Apabila plak tidak dibersihkan, maka akan menimbulkan karang gigi. Kalau gigi sudah berkarang, membersihkannya dengan sikat gigi pun tidak akan mempan.

Usahakan untuk tidak menjadikan makanan manis sebagai cemilan. Sebagai gantinya, kamu bisa memilih cemilan lebih sehat, semacam kacang-kacangan, keju, atau sayuran hijau seperti brokoli. Makanan-makanan tersebut lebih aman untuk penampilan dan juga kesehatan gigi.

3. Kurangi Kopi, Teh, dan Minuman Bersoda

Kopi, teh, dan minuman bersoda adalah jenis minuman yang gampang sekali meninggalkan noda. Kamu pernah tidak sengaja menumpahkan minuman tersebut ke baju?

Noda minuman itu lama-lama akan menguning dan sulit dihilangkan. Itu juga yang akan terjadi pada gigimu apabila kamu sering mengonsumsinya.

Sebagai gantinya, minumlah air putih yang cukup. Berbeda dari minuman-minuman itu, air putih bukan hanya aman bagi gigi, tapi juga menyehatkan.

4. Berhenti Merokok

Nikotin merupakan salah satu penyebab utama gigi kuning. Jika warna kuning ini sudah semakin pekat, maka kamu juga akan semakin sulit membersihkannya. Karena itu, berhenti merokok merupakan cara yang baik untuk memutihkan gigi.

5. Merawat Gigi dengan Bahan Alami

Ini adalah tips penting yang orang jarang lakukan. Tidak usah jauh-jauh ke klinik kecantikan, karena di sekitar kita ada banyak bahan alami yang bisa kamu manfaatkan untuk menjaga gigi tetap putih.

Bahan-Bahan Alami Pemutih Gigi

memutihkan gigi

Apa saja bahan-bahan alami yang bisa memutihkan gigi kamu? Simak penjelasan lebih lengkap di bawah ini. ya!

1. Pasta Gigi dari Arang

Kamu tidak salah baca. Arang memang baik untuk mengikis noda yang menempel pada gigi. Namun, arang tidak bisa dilakukan terlalu sering sebagai pasta gigi. Selain itu, kamu harus mencampurnya dengan bahan lain seperti air jeruk lemon.

Begini cara membuatnya:

  • Tumbuk arang batok kelapa sampai halus
  • Campurkan hasil tumbukannya dengan 1 sdm perasan air jeruk lemon
  • Jadikan pasta gigi dan sikatkan ke gigi

2. Cuka Apel

Cuka apel yang bersifat asam dapat menjadi pembersih noda pada gigi yang ampuh. Bahan yang satu ini juga mudah ditemukan di pasar tradisional atau supermarket, sehingga kamu bisa mempraktikkannya kapan saja di rumah.

Untuk cara pemakaiannya, ikuti langkah berikut:

  • Tuangkan 1 sdm cuka apel ke dalam air putih
  • Aduk hingga merata
  • Celupkan cotton bud ke dalam larutan
  • Lalu oleskan cotton bud ke gigi

3. Kulit Jeruk

Pada kulit jeruk terdapat zat pektin dan minyak atsiri yang bisa memutihkan gigi secara alami. Caranya pun gampang. Ikuti langkah di bawah ini:

  • Blender kulit jeruk hingga halus
  • Campurkan dengan air hingga mengental
  • Gosokkan ke gigi sebagai pasta gigi

4. Jeruk Nipis

Sama seperti lemon, jeruk nipis juga bisa menjadi bahan alami yang ampuh untuk membuat gigi lebih putih secara alami. Bahan ini efektif untuk membunuh bakteri jika dijadikan obat kumur. Cara membuatnya pun tidak susah, cukup ikuti langkah sederhana berikut ini:

  • Peraslah 2 buah jeruk nipis
  • Campurkan dengan air hangat
  • Aduk rata lalu jadikan obat kumur

5. Minyak Kelapa

Minyak kelapa termasuk salah satu bahan yang bisa kamu jadikan pasta gigi buatan. Minyak yang satu ini mempunyai banyak manfaat untuk kebersihan gigimu. Simak cara menggunakannya di bawah ini:

  • Campurkan minyak kelapa dengan baking soda
  • Aduk hingga menjadi pasta
  • Gosokkan ke gigi yang ingin dibersihkan

Jika dilakukan secara rutin, membersihkan gigi dengan bahan-bahan alami di atas dapat bekerja efektif memutihkan gigimu. Semoga bermanfaat!

Related posts
KecantikanKulit

7 Tips Memilih Toner untuk Kulit Berminyak

KecantikanKulit

Apa Saja Cara Efektif Menghilangkan Milia di Wajah?

GigiKecantikan

Jenis Retainer Gigi dan Cara Merawatnya

KecantikanKulit

13 Bahan Alami untuk Menghaluskan Wajah