KecantikanKulit

Cara Memutihkan Kulit Secara Alami dengan Mudah dan Aman

cara memutihkan kulit

Kulit putih merupakan dambaan bagi sebagian besar wanita, khususnya di Asia. Mereka berusaha untuk memutihkan kulit dengan beragam cara. Ada yang menggunakan produk-produk pemutih, ada juga yang melakukan cara instan seperti suntik pemutih dan lainnya.

Makanya, tak heran di pasaran pun banyak beredar produk pemutih siap pakai. Mulai dari harga murah hingga yang dipatok dengan nominal tinggi tersedia.

Baca Juga:

Namun, antusiasme para pembeli produk pemutih ini seringkali mendatangkan masalah karena mereka kerap kali abai untuk mengecek keamanan produk yang dibeli. Padahal, banyak produk-produk pemutih buatan yang justru berbahaya untuk kulit.

Sebenarnya masih ada cara lain untuk memutihkan kulit, yaitu menggunakan bahan-bahan alami. Cara memutihkan kulit secara alami pun dijamin lebih aman dan tidak menimbulkan efek samping.  Berikut Okadoc akan membahas dua cara memutihkan kulit secara alami, yaitu dari dalam dan juga luar.

Cara Memutihkan Kulit Dari Dalam

cara memutihkan kulit secara alami

Memutihkan kulit umumnya identik dengan mengoleskan produk-produk atau bahan-bahan tertentu pada kulit. Ini tidak salah dan memang merupakan salah satu cara yang bisa kamu gunakan.

Namun, cara ini bukan satu-satunya. Kamu juga bisa mendapatkan kulit putih dengan melakukan perawatan dari dalam.

Seperti apa contohnya?

Misal, kamu dapat mengatur pola makan sehat dengan mengonsumsi asupan yang baik bagi kulitmu. Ada beberapa makanan dan minuman yang memang bisa membantu kamu mendapatkan kulit yang cantik. Di antaranya adalah sebagai berikut:

1. Strawberi, jeruk, dan brokoli

Buah dan sayuran ini sangat kaya akan vitamin C. Ini merupakan mineral yang penting untuk reproduksi kolagen pada kulit. Dengan menambahkan satu buah-buahan dan sayuran ini per hari ke dalam menu makanmu, kamu bisa mendapat kulit yang lebih cerah dan halus.

2. Biji bunga matahari dan almond

Mengonsumsi biji bunga matahari dan almond adalah cara memutihkan kulit alami yang mudah dilakukan. Di dalam biji bungan matahari dan almond terdapat kandungan vitamin E yang tinggi.

Sama seperti antioksidan, vitamin E pun bermanfaat untuk menjaga tubuh, khususnya kulit,dari radikal bebas seperti sinar ultraviolet. Satu sendok makan biji bunga matahari dan segenggam kacang almond sehari baik untuk kulit sehat nan cantikmu.

3. Sayuran berwarna gelap dan berdaun hijau

Sayuran berwarna gelap (oranye atau merah) memiliki kandungan beta karotin yang tinggi. Beta karotin dapat menjadi antioksidan yang diperlukan tubuh untuk melindungi kulit dari paparan sinar ultraviolet dan polusi udara.

Selain melindungi tubuh dari radikal bebas, sayuran seperti ini juga ampuh untuk menghaluskan kulit. Dan, bukan hanya pada sayuran berwarna gelap saja kamu bisa memperoleh manfaat ini. Pada sayuran berdaun hijau seperti bayam dan kangkung pun kamu dapat menemukan manfaat yang sama.

4. Sereal, daging putih, dan oyster

Dalam sereal, daging putih, dan oyster terdapat banyak kandungan zinc dan zat besi yang bagus untuk kesehatan dan kecantikan kulit. Zinc, misalnya, bermanfaat untuk regenerasi sel kulit.

Sementara itu, zat besi bertugas untuk mengangkut oksigen ke kulit sehingga kulit tidak kehilangan cahayanya. Kamu bisa memilih sereal rendah gula dan lemak, serta daging-daging unggas sebagai pilihan sarapan dan makan siangmu.

5. Salmon, ikan sarden, dan telur

Jenis makanan ini kaya akan omega-3 dan lemak baik yang dapat menangkal paparan sinar matahari. Selain itu, omega-3 juga baik untuk kesehatan jantung dan otakmu. Cobalah memasak salmon, ikan sarden, dan telur tanpa menggunakan minyak goreng yang tinggi kolesterol demi memperoleh kulit yang putih dan bebas kerutan.

6. Dark chocolate

Makanan ini merupakan makanan dengan antioksidan tinggi yang bagus untuk melindungi kulitmu dari radikal bebas seperti sinar UV. Namun, kamu harus tetap memperhatikan porsi konsumsi makanan yang satu ini. Konsumsi berlebihan dapat meningkatkan risiko diabetes. Batasi konsumsi satu batang ukuran sedang per hari.

7. Air putih

Inilah cara memutihkan kulit alami yang termudah dan termurah. Pasalnya, kulit manusia mengandung air dalam jumlah banyak. Jika tubuh kekurangan air, maka kulit akan rentan untuk terlihat kusam, kering, dan berkerut. Penuhi kebutuhan 2 liter air (8 gelas) per hari untuk mendapatkan kulit putih dan cerah.

Cara Memutihkan Kulit dari Luar

cara memutihkan kulit

Sekarang kamu telah mengetahui cara memutihkan kulit dari dalam, yakni dengan mengonsumsi makanan-makanan yang baik untuk kesehatan kulit. Cara satu lagi adalah cara dari luar. Ini merupakan cara yang biasa dilakukan oleh mereka yang ingin mendapatkan kulit yang putih, bersih, dan cantik.

Namun, pada artikel kali ini, kami tidak akan memberi rekomendasi merek-merek produk pemutih yang bisa kamu beli. Alih-alih, kami akan memberimu tips perawatan kulit menggunakan bahan-bahan alami.

Dibanding produk buatan pabrik, bahan-bahan alami lebihsehat karena tidak berisi zat-zat berbahaya seperti pengawet atau racun kimia. Apa saja bahannya dan bagaimana cara memakainya? Berikut tipsnya.

1. Lidah buaya

Tanaman yang satu ini sudah jamak dipakai sebagai pengobatan penyakit ataupun perawatan tubuh. Tidak heran, sebab dalam tanaman ini terdapat banyak kandungan zat-zat menyehatkan yang diperlukan oleh tubuh manusia.

Dalam hal memutihkan kulit, lidah buaya memiliki zat aloesin yang mampu mencegah terbentuknya melanin pada kulit. Melanin inilah yang memberi efek gelap pada kulitmu. Bagaimana cara memutihkan kulit alami menggunakan lidah buaya?

Caranya:

  • Petik beberapa helai daun lidah buaya
  • Kupas hingga bersisa dagingnya yang berwarna putih
  • Cuci bersih dan ambillah gel yang berada di tengah
  • Oleskan ke kulit dan diamkan selama 15 menit
  • Bilas dengan air hangat

2. Putih telur

Tingginya protein pada putih telur memang efektif dalam mencerahkan kulit. Kamu bisa merasakan manfaat ini bukan hanya dengan cara memakan putih telur dalam menu makanmu. Putih telur juga dapat dijadikan masker alami yang menyehatkan. Berikut caranya.

Caranya:

  • Pisahkan putih telur dari kuningnya
  • Aduk hingga berbusa
  • Jika kamu tidak tahan dengan bau amis telur, tambahkan jeruk nipis atau madu ke dalamnya
  • Oleskan ke bagian kulit yang ingin dirawat dan diamkan 30 menit
  • Bilas dengan air hangat

3. Lemon

Lemon merupakan buah yang kaya vitamin C dan anti oksidan. Makanya, banyak produk kecantikan yang menjadikan lemon sebagai bahan dasarnya. Kamu ingin merawat kulit dengan masker lemon? Ini caranya.

Caranya:

  • Peras satu buah lemon segar
  • Oleskan perasan lemon ke kulit
  • Diamkan hingga 30 menit lalu bilas dengan air hangat

4. Bengkoang

Selain lemon, bengkoang adalah buah yang sering digunakan sebagai bahan produk perawatan kulit. Ini membuktikan bengkoang memang kaya manfaat untuk kecantikan penampilanmu.

Di dalam satu buah bengkoang terkandung vitamin B dan vitamin C yang dapat merangsang regenerasi sel kulit mati. Dengan mengoleskan masker bengkoang ke kulitmu, kamu bisa mendapatkan penampilan yang putih dan cerah.

Caranya:

  • Parut bengkoang dan campur dengan air
  • Peraslah air dan gunakan sarinya sebagai lulur alami
  • Sementara, sisa parutan bengkoang bisa kamu jadikan scrub untuk mendapatkan kulit halus
  • Oleskan sebagai masker dan diamkan 30 menit
  • Bilas dengan air hangat

Selain buah dan sayuran di atas, masih ada banyak bahan alami yang bisa kamu jadikan masker. Kamu tidak perlu lagi membayar mahal untuk membeli produk pemutih kulit. Dengan memanfaatkan bahan-bahan yang ada di sekitar, kamu bisa menemukan cara memutihkan kulit alami yang mudah, murah, dan aman. Selamat mencoba!

Related posts
KecantikanKulit

13 Langkah Perawatan Kecantikan ala Korea

Diet & NutrisiKecantikanRambut

12 Makanan untuk Rambut Sehat

GigiKecantikan

10 Hal yang Perlu Diketahui Tentang Scaling Gigi

KecantikanRambut

9 Cara Memanjangkan Rambut dengan Alami